India di Ambang Krisis Listrik, Disebut Batu Bara Jadi Penyebab

India berada di ambang krisis listrik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Simak selengkapnya.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 08 Okt 2021, 19:00 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2021, 19:00 WIB
Taj Mahal India dibuka kembali untuk turis
Sejumlah wisatawan mengunjungi Taj Mahal setelah dibuka kembali untuk pengunjung di Agra, Rabu (16/6/2021). Taj Mahal, yang terkenal sebagai ikonik India telah dibuka kembali untuk umum, ketika negara itu mulai melonggarkan pembatasan Covid-19. (Money SHARMA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - India berada di ambang krisis listrik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Lebih dari setengah dari 135 pembangkit listrik tenaga batu bara di negara itu terganggu akibat kekurangan stok batu bara.

Di negara di mana 70 persen listriknya dihasilkan menggunakan batu bara, hal ini menjadi perhatian utama karena mengancam akan menggagalkan pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Mengutip BBC, Jumat (8/10/2021), krisis ini telah terjadi selama berbulan-bulan. Ketika ekonomi India meningkat setelah gelombang kedua COVID-19, permintaan listrik meningkat tajam.

Konsumsi daya dalam dua bulan terakhir saja melonjak hampir 17 persen, dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019.

Pada saat yang sama, harga batubara global juga meningkat 40 persen dan impor India turun ke level terendah dalam dua tahun.

India, merupakan importir batu bara terbesar kedua di dunia meskipun juga merupakan rumah bagi cadangan batu bara terbesar keempat di dunia.

Pembangkit listrik yang biasanya bergantung pada impor sekarang sangat bergantung pada batu bara India. Hal itu menambah tekanan lebih lanjut pada pasokan domestik yang sudah menggeliat.

Sementara itu, para ahli mengatakan mengimpor lebih banyak batu bara untuk menutupi kekurangan domestik bukanlah pilihan saat ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Komentar Ekonom

FOTO: Mural Kesadaran Virus Corona COVID-19 di India
Seorang pria mengendarai sepeda melewati mural kesadaran virus corona COVID-19 di sepanjang pinggir jalan di Chennai, India, 13 September 2021. India bersiap hadapi kemungkinan lonjakan kasus COVID-19 sekitar musim festival September hingga November. (ARUN SANKAR/AFP)

Dr. Aurodeep Nandi, Ekonom India dan Wakil Presiden di Nomura mengatakan, "Kita telah melihat kekurangan di masa lalu, tetapi apa yang belum pernah terjadi sebelumnya saat ini adalah batu bara sangat mahal saat ini".

"Kalau saya (sebagai perusahaan) mengimpor batu bara mahal, saya akan menaikkan harga saya, kan? Bisnis pada akhirnya akan membebankan biaya ini kepada konsumen, sehingga ada dampak inflasi - baik langsung maupun tidak langsung yang berpotensi dari ini," tambahnya.

Jika krisis terus berlanjut, lonjakan biaya listrik akan dirasakan oleh konsumen. Inflasi ritel sudah tinggi karena segala sesuatu mulai dari minyak hingga makanan menjadi lebih mahal.

Vivek Jain, Direktur di India Ratings Research menggambarkan situasi genting terjadi saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, produksi India telah tertinggal karena negara tersebut berusaha mengurangi ketergantungannya pada batu bara untuk memenuhi target iklim.

Menteri Tenaga Listrik India, yakni RK Singh, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar The Indian Express, mengatakan situasinya "datang dan pergi" dan bahwa negara itu harus bersiap untuk lima hingga enam bulan ke depan.

Jika ini terus berlanjut, ekonomi terbesar ketiga di Asia akan berjuang untuk kembali ke jalurnya, kata Zohra Chatterji, mantan Kepala Coal India Limited - sebuah perusahaan milik India yang bertanggung jawab atas 80 persen pasokan batu bara negara itu.

"Listrik menggerakkan segalanya, jadi seluruh sektor manufaktur - semen, baja, konstruksi - semuanya terkena dampak begitu ada kekurangan batu bara," kata pejabat senior pemerintah kepada BBC.

Dia menyebut situasi saat ini sebagai "seruan untuk membangunkan India" dan mengatakan kini saatnya untuk mengurangi ketergantungan yang berlebihan pada batu bara dan lebih agresif mengejar strategi energi terbarukan.


Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah

Kematian Corona di India Melesat
Polisi Delhi berjaga-jaga pada hari pertama lockdown diberlakukan di ibu kota India, New Delhi, Selasa (20/4/2021). India pada Selasa (20/4) melaporkan 259.170 infeksi baru dan 1.761 kematian akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir. (AP Photo/Manish Swarup)

Pertanyaan tentang bagaimana India dapat mencapai keseimbangan antara memenuhi permintaan listrik dari hampir 1,4 miliar penduduknya, dan keinginan mengurangi ketergantungannya pada pembangkit listrik berbahan bara telah menjadi tantangan besar bagi pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

Ekonom India Aurodeep Nandi menyebut, skala besar masalah itu membuat solusi jangka pendek tidak mungkin.

"Ini hanya skala belaka. Sebagian besar energi kita berasal dari [batubara] termal. Saya tidak berpikir kita telah mencapai tahap di mana kita memiliki pengganti yang efektif untuk termal. Jadi ya, ini adalah kebangkitan- panggilan, tapi saya tidak berpikir sentralitas batu bara dalam kebutuhan energi kita diatur untuk diganti dalam waktu dekat, katanya.

Para ahli menganjurkan campuran batu bara dan sumber energi bersih sebagai solusi jangka panjang yang memungkinkan.

"Ini tidak sepenuhnya mungkin untuk transisi dan tidak pernah strategi yang baik untuk transisi 100 persen ke energi terbarukan tanpa cadangan. Akan ada transisi jika Anda memiliki cadangan yang tersedia karena mengekspos banyak manufaktur untuk banyak risiko yang terkait dengan lingkungan" , kata Vivek Jain.

Selain investasi jangka panjang di berbagai sumber daya, mantan mantan Kepala Coal India Limited, Chatterji mengatakan krisis seperti saat ini dapat dihindari dengan perencanaan yang lebih baik.

Dia merasa perlu adanya koordinasi yang lebih erat antara Coal India Limited - pemasok batubara terbesar di India dan pemangku kepentingan lainnya.

"Produsen listrik harus menimbun cadangan batu bara, mereka harus memiliki jumlah tertentu setiap saat," tambah Chatterji.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya