Harga Beras Melambung, Mendag Bongkar Biang Keroknya

Harga beras di pasaran tengah mengalami kenaikan, bahkan ada yang dijual Rp 14.000 per kilogram. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menilai kenaikan harga itu karena momen bulan suci Ramadan, ditambah dengan sentimen stok beras yang dikuasai Perum Bulog.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 03 Apr 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2023, 10:30 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Harga beras di pasaran tengah mengalami kenaikan, bahkan ada yang dijual Rp 14.000 per kilogram. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menilai kenaikan harga itu karena momen bulan suci Ramadhan, ditambah dengan sentimen stok beras yang dikuasai Perum Bulog.

Liputan6.com, Jakarta Harga beras di pasaran tengah mengalami kenaikan, bahkan ada yang dijual Rp 14.000 per kilogram. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menilai kenaikan harga itu karena momen bulan suci Ramadhan, ditambah dengan sentimen stok beras yang dikuasai Perum Bulog.

Menurut pantauannya, harga beras premium berkisar antara Rp 12.500 sampai Rp 14.000 per kilogram di pasaran. Sementara, beras Bulog dipatok dengan harga Rp 9.450 per kilogram dengan kemasan 5 kilogram.

Salah satu pedagang pasar mengeluhkan kalau harga beras yang berlaku saat ini merupakan yang tertinggi dari sebelumnya. Mendag Zulkifli pun mengakui adanya kenaikan harga tersebut.

"Yah iya memang demikian (ada kenaikan). Oleh karena itu Bulog operasi pasar terus sehingga stoknya gak banyak," ujarnya usai mengunjungi Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (3/4/2023).

Sebagai langkah mengendalikan harga, Bulog terus melakukan penyerapan dari hasil panen petani di berbagai daerah. Tujuannya untuk mengembalikan lagi stok yang sudah digunakan untuk operasi pasar, harapannya bisa juga ikut mengendalikan harga di pasaran.

"Oleh karena itu lagi dipenuhi lagi, lagi panen beli terus, karena kalau Bulog itu belinya lebih mahal jual murah. Kan fungsinya stabiliasasi harga," tegasnya.

"Maka untuk menurunkan harga kan, barangnya harus banyak, itulah tugasnya Bulog," sambung Mendag Zulkifli.

Serapan Beras Bulog

Ditemui di tempat yang sama, Direktur Supply Chain Bulog Mokhamad Suyamto menjelaskan saat ini penyerapan beras oleh Bulog sudah terus meningkat. Dari sebelumnya 5.000 ton per hari, menjadi 8.000 ton per hari.

"Serapan dalam negeri sudah meningkat. Ini terus kita lakukan penyerapan. Khususnya dari Jabar, Jatim, DKI dan NTB," ujar dia.

Dia juga menjelaskan dengan penyerapan yang dilakukannya, stok Cadangan Beras Pemerintah (CPB) yang dikuasai Bulog sudah mencapai 340 ribu ton. Sebelumnya, sudah digunakan dan tersisa 220 ribu ton. "Semoga terus bertambah, karena kita juga terus menyerap produksi dalam negeri," urainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arahan Erick Thohir

Harga Beras di Pasar Induk Cipinang
Seorang kuli angkut menurunkan beras dari atas truk di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Senin (25/9). Pedagang beras Cipinang sudah menerapkan dan menyediakan beras medium dan beras premium sesuai harga eceran tertinggi (HET). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri BUMN Erick Thohir diketahui telah bertemu dengan BUMN pangan menyoal harga dan stok pangan menjelang lebaran 2023. Erick Thohir meminta harga bisa dikendalikan dalam waktu dekat.

Diketahui, Direktur Utama Holding BUMN Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menemui Erick di kantornya beberapa waktu lalu. Kendati tak ada rincian mengenai isi pertemuan itu, tetapi ada pesan yang disampaikan Erick Thohir.

"Menyambut hari Lebaran, BUMN melalui @idfood_official dan @perum.bulog menjaga kuantitas dan kualitas bahan pokok agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Erick melalui akun Instagram @erickthohir, dikutip Minggu (2/4/2023).

Dalam cuplikan video singkatnya, dengan mengenakan kemeja batik berwarna cokelat, Erick meminta ada upaya pengendalian stok beras. Utamanya menyambut lebaran dan setelahnya.

"Kita ingin memastikan untuk keberadaan beras untuk waktu lebaran dan pasca lebaran kita akan jaga secara kualitas dan juga kuantitas," terangnya.

 

 


Distribusi Merata

5000 Ton Beras Impor Asal Vietnam Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat beras impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (16/12/2022). Perum Bulog mendatangkan 5.000 ton beras impor asal Vietnam guna menambah cadangan beras pemerintah (CBP) yang akan digunakan untuk operasi pasar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, dia juga meminta harga dari produk pangan holtikultura juga bisa ditekan dengan pendistribusian ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.

Terakhir, Erick meminta BUMN Pangan bisa mengendalikan harga dari daging sapi di pasaran menjelang Lebaran. Mengingat permintaan akan daging biasanya meningkat di waktu-waktu tersebut yang juga ikut mengerek harga jual.

"Harga holtikultura juga kita stabilkan dengan salah satunya distribusikan dari titik panen kepada titik yang defisit," ujarnya.

"Dan tentu masalah harga daging kita coba tekan tepat dengan waktunya," pungkas Erick Thohir.

 

INFOGRAFIS: 5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya