Kenalkan Syed Azman Syed Ibrahim, Perwira Tentara Malaysia yang Banting Stir Jadi Bos Maskapai Dunia

Ibrahim sekarang memiliki 100 persen dari Weststar Aviation Services setelah membeli kembali 21 persen saham dari raksasa ekuitas swasta KKR pada bulan Maret dalam sebuah kesepakatan yang katanya menghargai unit tersebut sebesar 4 miliar ringgit atau USD 890 juta.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 04 Jun 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race
Weststar Group milik Syed Azman Syed Ibrahim menawarkan layanan penerbangan tidak berjadwal khususnya helikopter. Selain itu, perusahaan ini telah melebarkan sayap dengan bisnis dealer mobil, dan gerai F&B. Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu mantan perwira tentara Malaysia Syed Azman Syed Ibrahim memutuskan beralih menjadi pengusaha. Dia memiliki rencana ekspansi yang ambisius untuk mewujudkan binis membangun perusahaan maskapai penerbangan Weststar Aviation Services.

Weststar Group milik Syed Azman Syed Ibrahim menawarkan layanan penerbangan tidak berjadwal khususnya helikopter. Selain itu, perusahaan ini telah melebarkan sayap dengan bisnis dealer mobil, dan gerai F&B.

Saat ini, perusahaan itu tengah mengintai strategi multi-cabang untuk memperluas armada helikopter, membuat terobosan ke pasar baru dan meningkatkan penjualan kendaraan berkelanjutan.

Inti dari rencana tersebut adalah Weststar Aviation Services unggulan, yang memiliki 34 helikopter, menjadikannya operator layanan lepas pantai terbesar kedua di kawasan Asia-Pasifik, menurut firma riset pasar yang berbasis di India Grup Imark.

Ibrahim, yang mendirikan dan memiliki Weststar Group yang berbasis di Ampang, Malaysia, memiliki cita-cita yang tinggi. “Dalam sepuluh tahun kami ingin menjadi operator helikopter terbesar di dunia,” katanya seperti dilansir Forbes, Jumat (2/6/2023).

Helikopter Weststar digunakan untuk mengangkut eksekutif, kru, dan pasokan untuk industri minyak dan gas, serta untuk inspeksi pipa dan saluran listrik, survei kayu, dan evakuasi medis, seringkali di lokasi yang tidak dapat diakses atau sulit dijangkau oleh bentuk transportasi lain.

Bisnisnya ini memiliki basis di Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika, dan klien termasuk perusahaan minyak negara Malaysia Petronas dan raksasa industri Shell dan ExxonMobil.

Orang Terkaya di Malaysia

Ibrahim sekarang memiliki 100 persen dari Weststar Aviation Services setelah membeli kembali 21 persen saham dari raksasa ekuitas swasta KKR pada bulan Maret dalam sebuah kesepakatan yang katanya menghargai unit tersebut sebesar 4 miliar ringgit atau USD 890 juta.

Pengusaha yang mengisi posisi ke-24 dalam daftar 50 Orang Terkaya Malaysia dengan perkiraan kekayaan bersih USD 825 juta, menjabat sebagai direktur pelaksana kelompok Weststar Group dan ketua Weststar Aviation Services.

Pasar global untuk layanan helikopter lepas pantai diperkirakan akan berkembang menjadi USD 3,1 miliar pada 2028 dari USD 2,5 miliar pada 2022, menurut laporan dari Research & Markets yang berbasis di Dublin.

Rencana Ibrahim salah satunya termasuk menginvestasikan USD 250 juta demi meningkatkan jumlah helikopter yang dia miliki dan sewa hampir 30 persen selama dua tahun ke depan. Armada helikopternya yang sebagian besar berukuran sedang termasuk pesawat yang dibuat oleh raksasa kedirgantaraan Eropa Airbus dan Leonardo Italia.

Di samping itu, Ibrahim juga mencari pasar baru untuk mengurangi ketergantungan Weststar pada Malaysia.

“Kami sedang mencari investor strategis yang dapat membantu tumbuh di luar negeri,” kata mantan perwira angkatan darat itu. "Kami telah berbicara dengan beberapa investor di Timur Tengah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rencana Ibrahim untuk Bisnis Otomotif

Ilustrasi helikopter
Ilustrasi helikopter (iStock)

Perusahaan mengumumkan kemitraan strategis pada bulan Maret dengan Helicopter & Cooperation SAS, perusahaan patungan antara Grup Avico Prancis dan Westair Aviation yang berbasis di Namibia. Sebuah kesepakatan tersebut dimaksudkan untuk memungkinkannya memperluas kehadirannya di industri minyak dan gas di Eropa dan Afrika.

Ibrahim mengatakan perusahaan tersebut secara khusus tertarik pada Namibia, Guinea Khatulistiwa dan Mauritania di Afrika, serta Guyana dan Suriname di pantai utara Amerika Selatan, dan Indonesia.

Pada saat yang sama, Layanan Penerbangan Weststar bercabang menjadi mencarter helikopter ke pemerintah. Tahun lalu mereka menyewakan empat helikopter ke Angkatan Udara Kerajaan Malaysia.

Dikatakan empat lagi akan dikirimkan pada awal 2024, sementara tiga lagi akan dikontrakkan ke pemerintah Malaysia. Di bawah perjanjian ini, angkatan udara dan pemerintah mengoperasikan pesawat tetapi dimiliki dan dirawat oleh Weststar Aviation Services.

Perusahaan ini adalah “pemain yang mapan dan berpengalaman”, kata direktur penjualan untuk Asia Tenggara di Asian Sky Group Matthieu Guisolphe. “Mereka adalah operator yang terbukti dan solid dengan armada modern.”

Jadi, rencana Ibrahim untuk bisnis otomotif yang memiliki pendapatan gabungan sebesar 315 juta ringgit juga ambisius. Dia adalah distributor eksklusif untuk kendaraan Maxus China di Malaysia melalui Weststar Maxus.

Ibrahim berencana untuk menambah lebih banyak dealer untuk meningkatkan distribusi kendaraan listrik dan hybrid Maxus, yang diharapkan akan mencapai 20 persen dari penjualan Maxus tahun ini. Weststar Auto miliknya adalah dealer Honda Jepang, dan Weststar Motors menjual mobil mewah impor.

Bidang F&B

Sementara di bidang F&B, putra sulung Ibrahim, Syed Muhammad Arif, mengelola sembilan gerai kopi Wolf & Turtle di Malaysia dan berencana melipatgandakan jumlah toko pada 2025 (tiga dari tujuh anak Ibrahim dan satu menantu laki-laki terlibat dalam bisnisnya). Ibrahim juga memiliki restoran Thailand kelas atas di pusat perbelanjaan dengan merek Absolute Thai yang dia operasikan dengan seorang mitra. Dia menolak untuk merilis data keuangan untuk sebagian besar perusahaannya.

Sebagai informasi, Ibrahim memasuki dunia bisnis pada 1994 setelah menjabat sebagai perwira selama 13 tahun di Korps Intelijen Kerajaan Angkatan Bersenjata Malaysia. Dia menginvestasikan 200.000 ringgit untuk mulai mengimpor mobil mewah bekas dari Eropa untuk dijual di Malaysia. Pada 2002 ia menjadi distributor Honda dan pada 2011 Maxus bergabung.

 


Bisnis Berupaya untuk Berkembang

(Foto: Ilustrasi orang kaya, orang kaya muda, miliarder) Dok Unsplash/Austin Distel
(Foto: Ilustrasi orang kaya, orang kaya muda, miliarder) Dok Unsplash/Austin Distel

Weststar Aviation Services, dengan pijakan yang kokoh di pasar Asia-Pasifik untuk layanan helikopter lepas pantai, kini berusaha untuk berkembang lebih jauh.

Kuas pertamanya dengan dunia penerbangan terjadi pada 2002, ketika dia membeli satu burung whirlybird seharga USD 1,5 juta. Itu sebagian besar untuk penggunaan pribadi, tetapi Ibrahim mengatakan dia juga ingin memahami biaya operasional dan persyaratan peraturan yang diperlukan untuk mengoperasikan helikopter untuk penggunaan komersial.

Dia meningkat setelah menyadari ada potensi besar untuk layanan helikopter di sektor minyak dan gas. Pada 2011 ia memiliki 11 helikopter dan dua tahun kemudian KKR menjadi investor.

Sementara itu, Ibrahim mengecilkan laporan tahun lalu bahwa dia sedang mempertimbangkan IPO untuk Weststar Aviation Services. “Kami tidak terburu-buru mengejar daftar publik,” katanya. "Kami hanya akan melakukannya ketika waktunya tepat."

Untuk tujuannya menjadi operator helikopter terbesar di dunia, dia menghadapi persaingan yang ketat. Beberapa pemain global terbesar memiliki lebih dari 200 pesawat. Akan tetapi, Ibrahim tidak terpengaruh.

“Bisnis ini bukan tentang siapa yang memiliki helikopter paling banyak,” katanya. “Ini juga tentang siapa yang memiliki pilot terbaik, insinyur terbaik, catatan keselamatan terbaik, dan keuntungan yang masuk akal.” 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya