Jokowi: Pembangunan Istana Presiden IKN Sesuai Target, Tak Ada Masalah Anggaran

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur dari sektor swasta dan dunia usaha di Tanah Air di IKN Nusantara. Mulai dari pembangunan universitas, rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan.

oleh Arthur Gideon diperbarui 22 Sep 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2023, 14:30 WIB
Presiden Jokowi tampak menikmati udara pagi sambil sarapan berasama para menteri di IKN Nusantara pada Jumat pagi, 22 September 2023.
Presiden Jokowi tampak menikmati udara pagi sambil sarapan berasama para menteri di IKN Nusantara pada Jumat pagi, 22 September 2023.. (dok: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat ini. Salah satu agenda dalam kunjungan ini adalah melihat progres pembangunan Istana Presiden.

"Saya lihat skedul dan target, saya kira masih dalam target," ujar Jokowi dikutip dari Antara, Jumat (22/9/2023).

Presiden memastikan bahwa anggaran untuk pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di IKN tidak mengalami kendala. "Khusus untuk istana, kementerian, untuk infrastruktur dasar tidak ada masalah," kata Presiden.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur dari sektor swasta dan dunia usaha di Tanah Air. Mulai dari pembangunan universitas, rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan.

"Semuanya akan kita dorong sehingga muncul sebuah crowd yang tentu keramaian itu yang akan memberikan kehidupan pada kota Nusantara," tutur Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden melakukan penanaman pohon beringin yang memiliki nama Latin Ficus Benjamina di kawasan Istana Presiden IKN. Presiden menyebut pohon yang ditanam tersebut memiliki makna keagungan.

"Khusus untuk dua beringin kembar ini saya rasa memang ini simbol keagungan," ujar Presiden.

Presiden berharap tanaman lainnya akan dapat segera ditanam setelah hujan turun di kawasan IKN, mulai dari rumput untuk upacara 17 Agustus, tanaman-tanaman endemik Kalimantan, hingga bunga yang dirancang khusus untuk Istana Presiden IKN.

"Ini semuanya akan green dan khusus untuk istana warna bunganya nanti merah putih. Jadi desain terencana yang dilaksanakan dengan sangat detail," jelas Presiden.

Presiden mengatakan bahwa lapangan Istana Presiden di IKN memiliki lahan dua kali lebih luas dari Istana di Jakarta. Bahkan, kapasitas lapangannya dapat menampung hingga 8 ribu orang untuk kegiatan upacara 17 Agustus 2024.

"Ini akan hijau semuanya, bisa dipakai untuk upacara kurang lebih 8 ribu orang, kira-kira lebihnya mungkin 2 kali istana (Jakarta)," tutur Presiden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Momen Sri Mulyani Kamping Bareng Jokowi di IKN: Makan Nasi Goreng dan Durian

Sri Mulyani membagikan momen kamping di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sri Mulyani membagikan momen kamping di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) (dok: @smindrawati)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membagikan momen kamping di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam akun instagram @smindrawati yang dikutip Liputan6.com, Jumat (22/9/2023), tampak Sri Mulyani tampak mengenakan baju lengan panjang berwarna hijau muda dan celana hitam, serta tak lupa mengenakan sneakers.

Sri Mulyani duduk disamping Presiden Jokowi sambil menyeruput minuman di gelasnya. Sementara, Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian yang lebih santai, yakni Jokowi memakai baju lengan panjang berwarna cokelat yang dipadankan dengan celana panjang hitam, dan mengenakan sendal jepit.

Sama halnya dengan Jokowi, Pratikno juga mengenakan baju lengan penek dan celana panjang hitam. Sedangkan, Menteri PUPR mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam serta mengenakan sandal.


Undangan Menteri PUPR

Presiden Jokowi tampak menikmati udara pagi sambil meninjau pemandangan serta progres pembangunan IKN dari atas bukit pada Jumat pagi, 22 September 2023.
Presiden Jokowi tampak menikmati udara pagi sambil meninjau pemandangan serta progres pembangunan IKN dari atas bukit pada Jumat pagi, 22 September 2023. (dok: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Bendahara negara ini mengatakan, kunjungannya ke IKN Nusantara dalam rangka memenuhi undangan Menteri PUPR untuk melihat kemajuan pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

"Baru tiba di lokasi IKN. Memenuhi undangan Pak Basuki, Disambut nasi goreng enaaak..! Camping malam in. Besok akan melihat berbagai kemajuan pembangunan IKN," tulis Sri Mulyani.

Infografis Siap-Siap Jakarta Ganti Nama Jadi DKJ Usai IKN Resmi Pindah. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Siap-Siap Jakarta Ganti Nama Jadi DKJ Usai IKN Resmi Pindah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya