Alat Pemantau Gunung Semeru Dicuri, Gembok Pagar Digergaji

Alat pemantauan Gunung Semeru di Stasiun Klepu mengalami carrier off sejak 31 Juli 2024

oleh Arthur Gideon diperbarui 07 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 16:00 WIB
Gunung Semeru erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 800 mdpl (Istimewa)
Gunung Semeru erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 800 mdpl (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Aalat pemantauan Gunung Semeru di Stasiun Klepu dicuri. Alat pemantauan tersebut berupa accu Panasonik 75 Ah sebanyak 4 buah. Dampak dari pencurian tersebut, pengamatan dan pemantauan Gunung Api Semeru yang seharusnya dilakukan 24 jam jadi terganggu.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hadi Wijaya menjelskan, alat pemantauan Gunung Semeru di Stasiun Klepu mengalami carrier off sejak 31 Juli 2024 dan setelah dilakukan pengecekan oleh tim dari pengamat gunung api ternyata pintu pagar dan pintu bungkernya sudah dibobol dengan cara di gergaji.

"Nah peralatan hilang sudah dicatat di sini 4 buah accu Panasonik 75 Ah ," kata Hadi Wijaya di Pos PGA G. Dieng Jawa Tengah, dkutip Rabu (7/8/2024).

Alat-alat pemantauan ini seyogyanya dapat dijaga dan dipelihara bersama karena alat itu milik bersama untuk kepentingan bersama untuk memantau aktivitas vulkanik G. Semeru.

"Keberadaan alat-alat ini untuk kepentingan bersama, bukan hanya kepentingan PVMBG tapi kepentingan masyarakat luas terutama adalah masyarakat dan warga terdampak dari mitigasi kebencanaan tersebut jadi semua wajib menjaganya," ujar Hadi.

Peralatan pemantauan gunung api ini dan juga early warning system termasuk gerakan tanah itu adalah aset negara. Jadi bukan menjadi asetnya badan geologi dan Kementerian, tapi aset bangsa Indonesia.

"Jadi Jadi saya harapkan agar tokoh masyarakat, masyarakat sekitarnya, masyarakat luas juga ikut dalam menjaga aset yang ada tersebar di setiap pos gunung api dan sistem yang ada di gerakan tanah," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gembok Pagar Digergaji

Gunung Semeru
Gunung Semeru kembali erupsi pada Jumat (14/6/2024), pukul 07.42 WIB. (Liputan6.com/ Dok PVMBG)

Sementara itu, Kepala PGA Semeru, Liswanto mengatakan, petugas PGA G. Semeru mengetahui hilangnya alat-alat pemantauan di Stasiun Klepu pada hari Minggu (4/8/2024), saat itu dilakukan pengecekan dan didapati gembok pagar sudah terbuka digergaji dan diketahui hilangnya empat unit accu Panasonic berkapasitas 75 ampere didapati sudah hilang.

"Petugas langsung saya melaporkan kejadian ini ke Polsek Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang dan sudah dibuatkan surat kehilangan oleh polsek tersebut tgl 4 Agustus 2024," ujar Liswanto.

Liswanto memperkirakan kerugian atas kehilangan alat-alat tersebut sekitar Rp14.000.000. "Berdasarkan perhitungan sementara menurut perkiraan harga accu kerugian yg diakibatkan oleh pencurian tersebut sebesar Rp14.000.000," pungkas Liswanto.


Pemantauan Masih Lancar

 Namun demikian, Liswanto mengungkapkan proses penantauan masih berjalan dengan baik karena masih banyak peralatan pendukung lainya yang masih dalam keadaan baik dan berjalan lancar.

"Tidan terlalu berpengaruh besar karena alat kami kan tersebar banyak, itu hanya satu alat repeater, dimana kerjanya untuk memancar ulangkan yang dari Semeru di sebelah barat. Alat kami masih banyak yang di timur, selatan, tenggara," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya