Diresmikan Jokowi, Hutama Karya Gunakan Teknologi di Proyek RSUP Dr. Sardjito

Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas pembangunan fasilitas kesehatan modern yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di RSUP Dr. Sardjito

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 29 Agu 2024, 18:15 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 18:15 WIB
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito di Sleman, Yogyakarta, resmi dibuka pada Rabu (28/8), oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito di Sleman, Yogyakarta, resmi dibuka pada Rabu (28/8), oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (dok: HK)

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito di Sleman, Yogyakarta, resmi dibuka Rabu (28/8), oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito dr. Eniarti, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto, dan Komisaris Utama Hutama Karya Yudo Margono, peresmian ini menjadi tonggak penting dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Yogyakarta dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas pembangunan fasilitas kesehatan modern yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saya telah meninjau langsung gedung dan peralatannya yang sangat modern. Fasilitas di dalamnya sangat bagus, mirip dengan hotel bintang lima. Harapannya, masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang jauh lebih baik," ujar Jokowi, ditulis Kamis (29/8/2024).

Komitmen Hutama Karya dalam Mewujudkan Fasilitas Kesehatan Berkualitas

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyampaikan bahwa proyek pembangunan RSUP Dr. Sardjito ini merupakan bagian dari komitmen Hutama Karya dalam mendukung pemerintah meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan kesehatan di Indonesia, khususnya di Yogyakarta.

Proyek ini berhasil diselesaikan lebih cepat dari target awal, yakni tiga bulan lebih awal dari rencana yang dijadwalkan pada November 2024, dengan memanfaatkan teknologi terkini.

"Proyek senilai Rp 267 miliar ini mengadopsi teknologi Building Information Modelling (BIM), yang memungkinkan efisiensi dan akurasi tinggi pada setiap tahap pembangunan. Kami memastikan bahwa RSUP Dr. Sardjito tidak hanya megah dari segi fisik, tetapi juga siap memberikan layanan kesehatan terbaik dengan standar internasional," jelas Adjib.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fasilitas Modern yang Mendukung Pelayanan Optimal

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito di Sleman, Yogyakarta, resmi dibuka pada Rabu (28/8), oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito di Sleman, Yogyakarta, resmi dibuka pada Rabu (28/8), oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

Hutama Karya menghadirkan berbagai fitur dan fasilitas modern di RSUP Dr. Sardjito, seperti Instalasi Nurse Call yang menggunakan sistem komunikasi dua arah (two-way system), sehingga memudahkan komunikasi antara pasien dan perawat di ruang rawat inap. Selain itu, gedung baru ini juga dilengkapi dengan material pelapis lantai vinyl yang memiliki kandungan antibakteri, untuk menjaga kebersihan dan higienitas ruangan.

Dalam proses pembangunan, Hutama Karya menempatkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sebagai prioritas utama. Inspeksi lapangan rutin, checklist penggunaan alat berat, serta pemilihan material bangunan berkualitas tinggi menjadi langkah-langkah untuk memastikan keselamatan pekerja dan meminimalisir risiko kecelakaan kerja. Hasilnya, proyek ini dapat diselesaikan dengan kualitas terjamin dan waktu yang lebih cepat.

Langkah Selanjutnya Setelah Peresmian

Meskipun telah diresmikan, beberapa pekerjaan konstruksi minor, seperti utilitas mekanikal dan elektrikal, serta test commissioning masih akan diselesaikan. Setelah renovasi seluruhnya rampung, pemindahan layanan kesehatan dari gedung lama ke gedung baru akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan kelancaran operasional dan kualitas pelayanan.

"Rampungnya gedung baru RSUP Dr. Sardjito ini diharapkan dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan yang dapat diandalkan dan menjadi acuan bagi rumah sakit serupa di Indonesia. Kami percaya bahwa kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa depan, dan melalui fasilitas ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat," tutup Adjib Al Hakim.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya