Melinda French Gates Ingin Tidur yang Cukup, Ini Alasannya

Miliader Melinda French Gates pernah menyebutkan ingin tidur yang cukup yakni tujuh hingga delapan jam setiap malam.

oleh Satrya Bima Pramudatama diperbarui 29 Sep 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2024, 21:00 WIB
Melinda French Gates Ingin Tidur yang Cukup, Ini Alasannya
Miliader Melinda French Gates percaya keputusan tidak tepat untuk mencoba dan memaksimalkan produktivitas dengan hanya tidur beberapa jam.(Foto: Screenshot Instagram @melindafrenchgates).

Liputan6.com, Jakarta - Miliader Melinda French Gates percaya keputusan tidak tepat untuk mencoba dan memaksimalkan produktivitas dengan hanya tidur beberapa jam.

French Gates mengatakan kepada Vanity Fair minggu lalu dia bermaksud untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Dia berbagi pandangan negatif tentang para eksekutif yang ditemuinya yang membanggakan diri hanya tidur beberapa jam setiap malam.

Adapun baru-baru ini, ia juga mengumumkan mensponsori hibah senilai USD 12,5 miliar atau sekitar Rp 189,07 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.126) untuk hak-hak perempuan,

"Beberapa dari kita tidak ingin berada di dekat mereka! Mari kita jujur!" kata French Gates, merujuk pada CEO dan pengusaha teknologi yang melakukan promosi," ujar dia seperti dikutip CNBC, Minggu (29/9/2024).

Ia menilai, mata CEO tersebut menandakan dirinya kekurangan tidur. Salah satu, pemimpin bisnis terkemuka yang pernah membahas kebiasaan tidur mereka yang sedikit yakni mantan CEO PepsiCo, Indra Nooyi, yang mengatakan pada tahun 2018 bahwa dia terbiasa bekerja sampai tengah malam dan bangun pukul 4 pagi.

Mantan presiden AS Donald Trump dan mantan CEO Yahoo Marissa Meyer juga pernah berbicara hanya perlu tidur empat jam, atau kurang, di malam hari.

Elon Musk, yang saat ini menjadi orang terkaya di dunia, pernah menjadi salah satu dari mereka juga, Elon Musk juga membanggakan diri tentang begadang semalaman dan tidur di bawah mejanya saat perusahaan kendaraan listriknya Tesla mencoba memenuhi target produksinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Miliarder Sepakat Perlu Tidur yang Cukup

Sejak saat itulahElon  Musk mengubah pendiriannya, dan sekarang menargetkan setidaknya enam jam tidur per malam, kata dia kepada CNBC tahun lalu.

"Saya sudah mencoba untuk tidur lebih sedikit, Meskipun saya terjaga lebih lama, saya tidak banyak melakukan pekerjaan," kata Musk. "Dan tingkat nyeri otak parah jika saya tidur kurang dari enam jam."

Miliader lainnya yakni Pendiri Amazon Jeff Bezos dan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates mantan suami French Gates juga berbagi cerita serupa. Bezos kini menjadikan tidur selama delapan jam sebagai "prioritas,". Ia menyampaikan hal itu kepada Thrive Global pada 2016. "Bagi saya, itulah jumlah yang dibutuhkan untuk merasa berenergi dan bersemangat."

Di masa mudanya, Gates dipengaruhi oleh pengusaha lain yang membanggakan dirinya tidak membutuhkan cukup tidur, yang membuatnya percaya bahwa "tidur adalah kemalasan dan tidak perlu," kata dia dalam podcast "Unconfuse Me with Bill Gates" tahun lalu. Sekarang, dia menargetkan tidur minimal tujuh jam setiap malam.

 

 

 


Hubungan Nyata antara Tidur dan Produktivitas 

Para ahli medis setuju dengan French Gates dan mantan suaminya bahwa orang dewasa dengan usia sekitar 18 hingga 60 tahun membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur per malam, menurut Pusat Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, obesitas, dan depresi, kata National Institutes of Health.

Bagi sebagian orang, itu adalah fakta yang membuat frustrasi dan fakta yang mudah diabaikan, atas nama memaksimalkan setiap momen waktu untuk maju dalam karier mereka. Sekitar sepertiga dari orang dewasa AS yang bekerja tidur kurang dari enam jam per malam, menurut sebuah studi CDC 2020.

Pekerjaan adalah aktivitas paling umum yang mencegah orang mendapatkan cukup tidur, kata penelitian dari American Academy of Sleep Medicine. Di beberapa industri  pikirkan keuangan, perawatan kesehatan, teknologi  jam kerja yang panjang dapat menyebabkan pemuliaan budaya terhadap kurang tidur, terutama di kalangan karyawan yang lebih muda.

Namun, penelitian menunjukkan perbedaan antara otak yang kurang tidur dan otak yang sehat sangat mencolok. Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk mencapai kesehatan fisik dan mental yang prima, menurut CDC, yang menambahkan bahwa kurang tidur bahkan dapat menyerupai efek dari mabuk.

 

 


Setelah 3 Tahun Cerai, Melinda French Akhirnya Mundur dari Gates Foundation

Logo gates foundation
Logo gates foundation

Sebelumnya, Melinda French Gates, mantan istri pendiri Microsoft Bill Gates, mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri sebagai salah satu pimpinan dalam Bill & Melinda Gates Foundation bulan depan.

Melansir CNBC International, Selasa (14/5/2024) pengunduran diri Melinda Gates datang hampir tepat tiga tahun setelah ia mengumumkan perceraian mereka.

Sebagai informasi, Gates Foundation berfokus pada inisiatif pengentasan kemiskinan dan kesehatan global di seluruh dunia, termasuk upaya anti-malaria di Afrika, dan investasi besar-besaran di kawasan Asia Selatan.

“Setelah berpikir dan merenung dengan hati-hati, saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari peran saya sebagai salah satu ketua Bill & Melinda Gates Foundation. Hari terakhir saya bekerja di yayasan adalah tanggal 7 Juni,” kata Melinda.

“Berdasarkan ketentuan perjanjian saya dengan Bill, jika saya keluar dari yayasan, saya akan mendapat tambahan USD 12,5 miliar untuk berkomitmen pada pekerjaan saya atas nama perempuan dan keluarga. Saya akan berbagi lebih banyak tentang apa yang akan terjadi dalam waktu dekat,” ungkap Melinda dalam pernyataan terkait pengunduran dirinya.

 


Beberapa Pertimbangan

Melinda lebih lanjut mengatakan, keputusan pengunduran dirinya diambil setelah beberapa pertimbangan.

"Saya sangat bangga dengan yayasan yang saya dan Bill bangun bersama dan atas kerja luar biasa yang dilakukan untuk mengatasi kesenjangan di seluruh dunia. Saya sangat peduli dengan tim yayasan, mitra kami di seluruh dunia, dan semua orang yang tersentuh oleh pekerjaan mereka,” tuturnya.

"Saya mengambil langkah ini dengan keyakinan penuh bahwa yayasan ini berada dalam kondisi yang kuat, dengan CEO Mark Suzman yang sangat cakap, Tim Kepemimpinan Eksekutif, dan dewan pengawas yang berpengalaman untuk memastikan semua pekerjaan penting terus berlanjut. Saatnya tepat bagi saya untuk maju ke babak berikutnya dalam filantropi saya.Ini adalah momen penting bagi perempuan dan anak perempuan di AS dan di seluruh dunia, dan mereka yang berjuang untuk melindungi dan memajukan kesetaraan sangat membutuhkan dukungan,” tutupnya.

Dalam pernyataan terpisah, Bill Gates menyampaikan; “Saya menyesali melihat Melinda pergi, tapi saya yakin dia akan memberikan pengaruh besar dalam pekerjaan filantropisnya di masa depan”.

infografis miliarder dunia
Pendatang baru miliarder dunia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya