Korek Rahasia Calon DGS BI, DPR Konsultasi dengan PPATK

PPATK meminta rapat digelar tertutup karena menyangkut kerahasiaan dan individu.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 02 Sep 2013, 12:10 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2013, 12:10 WIB
harry-azhar-azis-130829b.jpg
Komisi XI DPR RI hari ini menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai calon Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia.

Dalam rapat tersebut hadir Wakil Ketua PPATK Agus Santoso yang meminta rapat digelar tertutup karena menyangkut penilaian dan kerahasian dari individu para calon. Sebagai informasi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengajukan dua calon DGS yaitu Kepala Lembaga Penjamin Simpanan Mirza Adityaswara dan Ekonomi Bank Danamon Anton Gunawan.

Pencalonan DGS tersebut disampaikan presiden dalam suratnya bernomor R-39/Pres/8/2013 tertanggal 15 Agustus 2013. Kedua kandidat tersebut akan mengisi sisa masa jabatan dari DGS BI.

"Mengingat rapat ini mengenai kerahasiaan seseorang, maka sesuai undang-undang, maka kami minta rapat tertutup," katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Wakil Ketua Komisi XI DPR Hary Azhar Aziz menjelaskan proses pengambilan keputusan akan dilakukan pada rabu malam. Sedangkan proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) akan dilakukan pada Selasa, 3 Agustus 2013.

"Keputusan terpilihnya mungkin Rabu malam, untuk itu kami nyatakan rapat berlangsung tertutup," tegasnya.(Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya