Bungkam Arema, Mitra Kukar Tantang Semen Padang di Final

Mitra Kukar berhasil menyudahi perlawanan Arema dalam drama adu penalti.

oleh Antonius Hermanto diperbarui 17 Jan 2016, 22:00 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2016, 22:00 WIB
Mitra Kukar vs Arema Cronus
Para punggawa Mitra Kukar merayakan kemenangan atas Arema Cronus pada laga leg pertama semifinal Piala Jenderal Sudirman. (Bola.com/Kevin Setiawan)

Liputan6.com, Malang - Mitra Kukar berhasil melaju ke final Piala Jenderal Sudirman 2015 usai menaklukan Arema Cronus di leg kedua babak semifinal, Minggu (17/1/2016) di Stadion Kanjuruhan. Setelah bermain dengan agregat imbang 3-3, tim Naga Mekes berhasil menyudahi perlawanan Arema di babak adu penalti.

Sejak peluit babak pertama berbunyi kedua tim langsung bermain cepat. Peluang pertama didapatkan Arema lewat Benny Wahyudi pada menit ke-11, namun sepakannya dari luar kotak penalti masih jauh dari sasaran.

 

Baca Juga

  • Debuchy Ingin Tinggalkan Arsenal
  • Terry Cuek Golnya Dibilang Offside
  • 4 Pemain Pengkhianat MU dan Liverpool



Menit ke-14, perebutan bola di dalam kotak penalti Mitra Kukar berujung petaka bagi tim Naga Mekes itu. Dua bek Mitra Kukar harus menjatuhkan gelandang Arema, Esteban Vizcara, di dalam kotak penalti. Tanpa ragu wasit menunjuk titik putih. Cristian Gonzales yang menjadi eksekutor sukses membuka keunggulan untuk tim Singo Edan. Skor 1-0 untuk Arema.

Sama-sama mengejar kemenangan, permainan kedua tim menjadi keras menjurus kasar. Wasit harus mengeluarkan dua kartu merah untuk Mossi (Arema) dan Abdul Gamal (Mitra Kukar) akibat keributan yang terjadi pada menit ke-24.

Mitra Kukar dapat bernafas lega saat Arthur Rocha mencetak gol penyeimbang pada menit ke-32. Arthur yang menerobos masuk ke dalam kotak penalti berhasil berdiri di tiang jauh untuk menyambut bola Defri Riski. Skor 1-1.

10 menit berselang, Arema kembali unggul. Sama dengan skenario gol Arthur, kini giliran Gonzales yang membawa Arema memimpin. Penyerang asal Uruguay itu berhasil menanduk umpan Dendi Santoso dari sepakan sudut di tiang jauh. Skor 2-1 untuk keunggulan Arema menutup babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak kedua


Di babak kedua, Mitra Kukar harus bermain dengan sembilan pemain. Bayu Pradana menerima kartu kuning keduanya di menit ke-72.

Arema berulang kali berhasil menekan lini pertahanan Mitra Kukar. Namun belum adanya penyelesaian baik membuat peluang terbuang sia-sia.

Pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra, memasukkan nama Dinan Javier untuk menambah daya gedor. Tapi Dinan yang kesulitan menembus baris pertahanan Arema kembali digantikan oleh Rodrigo dos Santos.

Tendangan bebas gelandang Arema, Esteban Vizcarra, pada menit ke-81 mengalir deras ke arah gawang Mitra Kukar. Beruntung penjaga gawang Shahar Ginanjar masih mampu menepisnya.

Hingga peluit panjang berbunyi skor 2-1 tetap bertahan. Agregat 3-3 membuat laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, tim Naga Mekes berhasil menyudahi perlawanan Arema Cronus dengan skor 3-2. Tiga bintang Arema, I Gede Sukadana, Hendro Siswanto, dan Cristian Gonzales gagal mengeksekusi penalti.

Berikut eksekutor penalti:

Arema: 2
I Gede Sukadana: Gagal
Esteban Vizcarra: Masuk
Samsul Arif: Masuk
Hendro Siswanto: Gagal
Cristian Gonzales: Gagal

Mitra Kukar: 3
Rudolf Yanto Basna: Gagal
Patrick Dos Santos: Masuk
Rodrigo Dos Santos: Masuk
Zulkifli Syukur: Masuk

Susunan pemain:

Arema: Kurnia Meiga; Kiko Insa, Junda Irawan, Purwaka Yudi, Beny Wahyudi; Ahmad Bustomi, Juan Revi, Dio Permana; Dendy Santoso, Esteban Viscara; Gonzales

Mitra Kukar: Sahar Ginanjar; Rudolf Yanto Basna, Arthur do Santos, Zulkifli Syukur, Abdul Gamal; Riski Pellu, Bayu Pradana, Hendra Ridwan, David Maulana, Defri Riski, Patrick do Santos.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya