Indonesia Peringati Sumpah Pemuda, Pesepak Bola Eropa Ucapkan Selamat di Media Sosial

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, sejumlah pesepak bola top Eropa mengucapkan selamat melalui video yang diunggah di Twitter

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Okt 2021, 19:10 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2021, 19:10 WIB
Foto: Termasuk Donnarumma, 5 Kiper yang Mampu Tampil Solid bersama Klub Barunya hingga Pekan Ini
Gianluigi Donnarumma saat ini mampu menjadi kiper utama PSG walapun sempat kalah dengan Keylor Navas. Ia mampu tampil solid saat melawan Manchester City di Liga Champions dan satu clean sheet dari empat laga yang telah dilaluinya di Ligue 1. (AFP/Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda pada Kamis (28/10/2021). Sebagai respons atas perayaan ini, sejumlah pesepak bola top Eropa menyampaikan ucapan selamat melalui video yang diunggah di media sosial.

Salah satunya adalah kiper Paris Saint-Germain Gianluigi Donnarumma. Melalui video yang diunggah oleh akun Twitter resmi Paris Saint-Germain Indonesia (@PSGIndonesia), Donnarumma mengucapkan kalimat “Selamat Sumpah Pemuda” dalam bahasa Indonesia.

Di video yang sama, bintang PSG asal Spanyol Ander Herrera dan bek Prancis Presnel Kimpembe turut melakukan hal serupa. Keduanya memberikan ucapan selamat atas perayaan Sumpah Pemuda dengan bahasa Indonesia.

Sebelumnya, pemegang gelar juara Liga Champions musim lalu, Chelsea, juga sempat mengirimkan penggawanya untuk menyelamati bangsa Indonesia.

Dalam video berdurasi delapan detik yang dibagikan oleh Twitter Chelsea Indonesia (@chelseafc_indo), Kepa Arrizabalaga tampil dengan jersey The Blues sambil mengucapkan, “Selamat hari Sumpah Pemuda”.


Ucapan dari Manchester City

Foto: Jack Grealish Cetak Gol Perdana, Manchester City Bantai Norwich City 5-0 di Pekan Kedua Liga Inggris 2021 / 2022
Ferran Torres, pesepak bola asal Spanyol yang kini bermain untuk klub Liga Inggris Manchester City. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Klub top Liga Inggris Manchester City juga mengunggah video spesial di akun Twitter resmi @mancityIndo dalam rangka perayaan hari Sumpah Pemuda. Pada video tersebut, Ferran Torres, Oleksandr Zinchenko, dan John Stones tampil mengucapkan selamat.

Tak hanya menampilkan para bintang lapangan hijau, Manchester City juga mengundang Cityzens–sebutan bagi para penggemar The Citizens–dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikrarkan Sumpah Pemuda.


Sejarah Sumpah Pemuda

Menilik Sejarah Indonesia di Museum Sumpah Pemuda
Sejumlah pelajar melihat biola milik WR. Supratman saat menciptakan lagu Indonesia Raya yang juga dikumandangkan saat kongres Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (29/10/2014). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peristiwa Sumpah Pemuda terjadi pada 28 Oktober 1928, tepat 93 tahun yang lampau. Sumpah Pemuda menjadi peristiwa bersejarah yang menandai ditegakkannya ikrar satu Tanah Air, satu bangsa, dan satu bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Melansir pemberitaan Liputan6.com, Sumpah Pemuda merupakan hasil rumusan dari Kongres Pemuda II Indonesia. Peristiwa ini lantas diperingati setiap tahun pada tanggal yang sama.


Pesan Nadiem Makarim

Adapun, dalam perayaan Sumpah Pemuda kali ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi (Mendikbudristek) Indonesia Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa hari Sumpah Pemuda merupakan momen kemenangan bagi generasi muda.

"Hari Sumpah Pemuda merupakan hari kemenangan bagi kita, hari di mana kita sebagai generasi muda Indonesia melompat bersama dengan rampak dan serentak," ujar Nadiem Makarim dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda pada Kamis (28/10/2021), seperti dilansir Liputan6.com dari Antara.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya