Demonstrasi Suporter Manchester United Sambut Kedatangan Sir Jim Ratcliffe di Old Trafford

Kedatangan Sir Jim Ratcliffe sebagai pemilik saham Manchester United tidak akan disambut dengan positif. Suporter Setan Merah dilaporkan bakal menggelar demonstrasi.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 22 Okt 2023, 23:38 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 06:00 WIB
Suporter MU Protes Kepemilikan Klub oleh Keluarga Glazer
Para pengunjuk rasa berbaris menuju stadion Old Trafford untuk berdemonstrasi menentang pemilik Manchester United, keluarga Glazer. (Foto oleh ANTHONY DEVLIN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Sir Jim Ratcliffe sebagai pemilik saham Manchester United tidak akan disambut dengan positif. Suporter Setan Merah dilaporkan bakal menggelar demonstrasi.

ESPN memberitakan, manajemen klub dan Kepolisian Greater Manchester bersiap mengantisipasi aksi protes pendukung pada laga kandang MU berikutnya yakni duel melawan FC Copenhagen. Laga Liga Champions tersebut dijadwalkan berlangsung pada 24 Oktober mendatang.

Suporter MU turun ke jalan karena Ratcliffe gagal menyelamatkan klub kesanyangan. Dengan hanya menawar 25 persen kepemilikan, Keluarga Glazer tetap memegang kontrol penuh terhadap Manchester United.

Bukan cuma pertandingan kontra FC Copenhagen, Manchester United juga khawatir pendukung akan beraksi pada duel lebih besar yang disiarkan ke seluruh dunia. Laga yang dimaksud adalah derby melawan Manchester City di Old Trafford pada 29 Oktober.

Sebelumnya partai MU kontra Liverpool di Liga Inggris, Mei 2021, harus ditunda karena protes kepemilikan Keluarga Glazer berujung aksi pendukung masuk lapangan Old Trafford.

Sir Jim Ratcliffe dikabarkan mengajukan 1,3 miliar poundsterling untuk 25 persen saham MU. Selain itu minoritas, terdapat klausul kunci pada proposal Ratcliffe. Dia akan mengambilalih urusan operasional tim, termasuk pemilihan manajer serta transfer pemain. Rencananya tawaran Ratcliffe akan ditentukan pemungutan suara pada Kamis (19/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sir Jim Ratcliffe Tetap Dukung Erik ten Hag di Manchester United

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sebagaimana diketahui, penjualan saham Glazer ini tampaknya merupakan respons dari pemilik klub atas desakan para penggemar Manchester United. Para penggemar Setan Merah sendiri kini tengah melancarkan aksi protes dengan mengancam akan mengosongkan Old Trafford pada laga kontra Liverpool nanti. (AFP/Valery Hache)

Situasi ini layak membuat Erik ten Hag gelisah. Dia berpotensi digusur jika Ratcliffe memiliki preferensi berbeda dan menginginkan manajer baru.

Namun, sosok asal Belanda tersebut sebenarnya bisa tenang. Sebab, orang yang dekat dengan Sir Jim Ratcliffe menyatakan sang biliuner tetap mempercayainya.

Kepada ESPN, sumber tersebut mengungkapkan niat Ratcliffe meningkatkan kinerja di lapangan tidak termasuk rencana mengganti nakhoda tim.

Ten Hag membawa MU menduduki peringkat tiga Liga Inggris dan menjuarai Piala Liga Inggris, plus masuk final Piala FA, pada kampanye debutnya di Old Trafford musim lalu.

Namun, kinerja Setan Merah anjlok di awal 2023/2024. Mereka sudah kalah enam kali dari 11 pertandingan awal di seluruh kompetisi.


Sir Jim Ratcliffe Ungguli Sheikh Jassim untuk Beli Manchester United

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe. (AFP/Valery Hache)

Melalui perusahaan miliknya INEOS, Ratcliffe awalnya ingin membeli seluruh saham MU. Dia kemudian bersaing dengan taipan asal Qatar, Sheikh Jassim lewat pengajuan tawaran yang panjang dan berliku.  

Dalam perjalanannya, Ratcliffe tak kuasa melawan kekuatan uang Jassim. Hanya saja, kepemilikan MU tetap saja tidak berpindah tangan. Keluarga Glazer masih tetap berkuasa, setelah Sheikh Jassim yang mengajukan tawaran tertinggi belakangan justru memutuskan untuk mundur dari proses pembelian.

Ratcliffe kemudian mengajukan tawaran baru. Sehari setelah Jassim mundur, pria berusia 70 tahun tersebut dikabarkan menyetor 1,3 miliar poundsterling untuk menguasai 25 persen saham Setan Merah. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya