Banyak Masalah, Barcelona Ternyata Sudah Punya Pengganti Jika Xavi Hernandez Cabut

Barcelona diketahui telah memiliki pengganti semata-mata jika Xavi Hernandez cabut

oleh Sulung Lahitani diperbarui 18 Agu 2023, 15:45 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2023, 15:45 WIB
Foto: Kecewanya Xavi Saat Barcelona Kalah Lagi di Markas Sediri, Kali Ini Dijegal Cadiz
Ekspresi kekecewaan pelatih Xavi Hernandez terlihat jelas ketika Barcelona dikalahkan Cadiz dengan skor 0-1 pada laga pekan ke-32 Liga Spanyol 2021/2022 di Camp Nou, Selasa (19/04/2022) dini hari WIB. (AFP/Lluis Gene)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona telah menghadapi periode yang bergejolak dalam sejarah mereka dalam hal keuangan dan penampilan olahraga mereka.

Menurut laporan Barcauniversal, meskipun Xavi Hernandez telah memimpin tim ke kejayaan liga dan Piala Super Spanyol di musim penuh pertamanya, sebagai seorang pelatih Barcelona, ia akan selalu berada di bawah pengawasan ketat.

Apalagi jika mengingat bahwa Catalan tidak berhasil lolos dari babak grup Liga Champions selama dua musim berturut-turut.

Jika sejarah terulang kembali tahun ini, terlepas dari apa yang terjadi di dalam negeri, keuangan Barcelona akan memaksa mereka untuk mengevaluasi kembali arah yang dituju klub.

Rafa Marquez berada di urutan berikutnya

Masuknya Deco ke dalam hierarki Barcelona disertai dengan perkembangan yang tidak terduga.

Kepergian Direktur Sepak Bola, Mateu Alemany, tampaknya sebagian dipengaruhi oleh Deco dan sebagian lagi oleh penasihat Presiden, telah mengungkapkan pergeseran dinamika kepemimpinan klub.

Aspek yang patut diperhatikan adalah hubungan kuat Deco dengan Alejandro Echevarria, seorang tokoh berpengaruh di lingkaran dalam Presiden Joan Laporta.

Selain itu, Deco berbagi koneksi dengan agen Jorge Mendes, tokoh sentral dalam negosiasi transfer klub baru-baru ini yang mewakili pemain seperti Ansu Fati, Lamine Yamal, dan Alejandro Balde.

Menurut informasi dari Bar Canaletes, jika Barcelona merasa perlu mengganti Xavi karena alasan apa pun, kandidat yang direkomendasikan oleh Mendes dapat dipertimbangkan.

Rafael Marquez, Manajer Atletik Barcelona saat ini, juga bisa menjadi opsi untuk penunjukan cepat, setelah memegang posisinya saat ini selama setahun, meskipun dengan hasil yang cukup sukses.

Meski posisi Xavi Hernandez tampak aman selama tim membuahkan hasil yang baik, kehadiran Deco yang akan memegang otoritas besar dalam urusan olahraga, tampaknya memberikan pengaruh halus pada posisi Xavi.

Sementara hubungan mereka selama hari-hari bermain mereka di Barcelona tidak terlalu dekat, Xavi dapat mengambil manfaat dari membina hubungan yang lebih kuat dengan Deco untuk meningkatkan posisi dan pengaruhnya dalam kerangka klub.


Ngebet Pindah ke Barcelona, Joao Felix Rela Akhiri Kontrak di Atletico Madrid

Joao Felix - Atletico Madrid - Liga Spanyol
Pemain Atletico Madrid Joao Felix merayakan golnya ke gawang Cadiz pada laga Liga Spanyol di Stadion Wanda Metropolitano, Sabtu (12/3/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pesepak bola asal Portugal Joao Felix rela menyudahi masa baktinya bersama Atletico Madrid lantaran ngebet pindah ke raksasa La Liga lain, Barcelona.

Adapun Felix sejatinya masih terikat kesepakatan bersama Los Rojiblancos hingga 2027. Namun, laporan El Chiringuito TV mengeklaim pemain berusia 23 tahun itu rela memutus masa kerjanya lebih dulu menyusul adanya rumor ketertarikan Barcelona di bursa transfer musim panas 2023.

Tak heran jika Felix ingin secepatnya berpisah dengan Atletico Madrid. Situasinnya di Wanda Metropolitano memang sudah tidak meyakinkan, dengan sang pemain jarang mendapat kesempatan tampil di tim utama.

Joao Felix bahkan sempat dipinjamkan selama setengah musim ke Chelsea pada Januari lalu, tetapi The Blues pada akhirnya ogah menyegel kesepakatan permanen untuk sang pemain setelah ia cuma mampu mencetak empat gol dalam 20 pertandingan di semua kompetisi.

Selengkapnya...


Jadwal Pekan ke-2 La Liga Spanyol 2023/2024: Barcelona Bidik Kemenangan Perdana

Foto: Daftar 5 Pembelian Termahal Barcelona dari Klub Pesaing di Liga Spanyol dalam 10 Musim Terakhir, Griezmann Fantastis
Selebrasi bek Barcelona, Clement Lenglet (kanan) bersama Sergio Busquets setelah mencetak gol ke gawang Leganes pada laga Copa del Rey 2019/2020 di Camp Nou Stadium, Barcelona (30/1/2020). Clement Lenglet didatangkan Barcelona dari Sevilla pada awal musim 2018/2019 dengan nilai transfer sebesar 35,9 juta euro atau kini setara Rp577 miliar. Masih menjadi milik Barcelona, saat ini ia tengah dipinjamkan ke Tottenham Hotspur sejak awal musim 2022/2023. (AFP/Josep Lago)

Kompetisi La Liga Spanyol 2023/2024 segera memasuki pekan kedua. Duel antara tim-tim papan atas Spanyol dijadwalkan bergulir mulai Sabtu (19/8/2023) hingga Selasa (22/8/2023) mendatang.

Barcelona menjadi salah satu klub yang berambisi memetik hasil positif di jornada kali ini. Maklum, sang juara musim lalu memang belum berhasil menuai kemenangan usai disandung oleh Getafe di pekan pembuka, Senin (14/8/2023).

Pasukan Xavi Hernandez yang menyandang status sebagai juara bertahan dipaksa bermain imbang tanpa gol hingga akhir pertandingan. Laga kala itu diwarnai pertarungan sengit, dengan pelatih Barca bersama pemainnya Raphinha serta penggawa tuan rumah Jaime Mata sampai diganjar kartu merah oleh wasit.

Catatan tersebut membuat Blaugrana saat ini cuma mampu menghuni urutan 12 klasemen sementara La Liga dengan torehan 1 poin dari 1 pertandingan. Mereka tertinggal dari musuh bebuyutannya Real Madrid yang sukses menempati peringkat tiga usai mengoleksi poin penuh berkat kemenangannya atas Athletic Club di duel pembuka.

Selengkapnya...


Terungkap, Ini Alasan Barcelona Ogah Bawa Pulang Neymar dari PSG

Neymar Resmi Gabung Al Hilal
Neymar jadi pemain kelima yang didatangkan Al Hilal di bursa transfer musim panas 2023. (Saudi Pro League / AFP)

Bintang sepak bola asal Brasil, Neymar, gagal pulang ke Barcelona di bursa transfer musim panas 2023. Dia kini sudah resmi bergabung dengan Al-Hilal, setelah klub Arab Saudi menyodorkan kontrak fantastis berdurasi dua tahun kepada sang pemain.

Kedatangan Neymar Jr ke negeri Timur Tengah pun sudah dikonfirmasi oleh Al-Hilal melalui unggahan di Instagram resminya. Kubu Saudi Pro League itu ramai membagikan foto-foto dan video perekrutan pemain berusia 31 tahun melalui akun media sosialnya.

Sekadar informasi, Neymar memang sudah santer dikaitkan dengan pintu keluar Paris Saint-Germain (PSG) sejak beberapa waktu lalu. Meski sukses mengoleksi 118 gol dalam 173 pernampilan bersama Les Parisiens, hubungan Neymar dan penggemar PSG perlahan memudar usai klub yang dibelanya gagal melangkah jauh di Liga Champions.

Selengkapnya...

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya