5 Khasiat Buah Nangka untuk Kesehatan, Bahkan Bisa Menutrisi Kulit

Selain mudah ditemukan dan rasanya enak, buah nangka juga kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Mencegah pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyakit jantung adalah dua dari sekian banyak manfaat nangka.

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 24 Apr 2024, 13:56 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2024, 13:48 WIB
Buah Nangka
Ilustrasi Buah Nangka Credit: shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Nangka merupakan buah tropis yang banyak dijumpai tumbuh di kawasan Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Bernama latin Artocarpus heterophyllus, nangka masih termasuk dalam keluarga tanaman mulberi dan buah tin. 

Kaya akan nutrisi nangka dapat dikonsumsi baik sebagai buah saat sudah matang, ataupun diolah sebagai sayur. Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), dalam takaran satu cangkir irisan nangka terkandung 157 kalori dengan 1 gram (g) lemak, 38 g karbohidrat, 2,8 g protein, dan 2,5 g serat. Tak hanya itu, kandungan vitamin dan mineral dalam nangka juga cukup beragam, meliputi vitamin (B2, B3, B6, B9, C), kalsium, magnesium, potasium, folat, dan fosfor.

Selain rasanya yang enak, kandungan nutrisi dalam buah satu ini juga membawa beragam kebaikan untuk kesehatan. Berikut ini penjelasan lengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (24/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Membantu Menjaga Berat Badan

Nutrisi yang berperan paling besar dalam proses penurunan berat badan adalah serat. Kandungan serat dalam nangka tergolong cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Selain itu, mengonsumsi nangka juga cukup bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan maupun sekadar ngemil jadi menurun. 

Selain itu, kalorinya yang terbilang rendah, membuat nangka cocok menjadi camilan sehat pendukung program diet untuk menjaga berat badan ideal. Adapun kandungan vitamin B kompleks di dalamnya mampu melancarkan metabolisme tubuh yang mana pembakaran kalori jadi lebih efisien, sehingga berat badan juga jadi lebih cepat turun. 


2. Bagus untuk Kesehatan Otak

Salah satu manfaat vitamin B6 dan folat dalam nangka yang bisa didapat adalah mendukung kesehatan otak. Vitamin B6 berkontribusi dalam produksi neurotransmitter yang diperlukan oleh sel-sel saraf. Sementara itu, fungsi folat ialah berperan dalam menjaga kesehatan otak dan fungsi sistem saraf secara keseluruhan. 


3. Menutrisi Kulit

Buah nangka bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena kaya akan vitamin C dan antioksidan. Dilansir dari Everyday Health, untuk kulit, vitamin C berperan besar dalam produksi kolagen yang berguna untuk mempertahankan elastisitas kulit dan membuatnya tetap halus. Selain itu, vitamin C bersama antioksidan dan kandungan fitonutrien (lignan, isoflavon, dan saponin) dalam buah nangka juga bermanfaat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.


4. Menyehatkan Jantung

Kandungan kalium dan serat dalam buah nangka bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan informasi dari American Heart Association, kalium berperan dalam menurunkan dampak negatif akibat konsumsi natrium terhadap tekanan darah. Sementara, konsumsi serat bermanfaat untuk jantung karena bisa menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah serta risiko peradangan. 


5. Meminimalisir Risiko Kanker

Mengkonsumsi nangka dikatakan mampu menurunkan risiko terkena kanker. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan di dalamnya. Sebagaimana yang umum diketahui, antioksidan berperan memerangi dampak buruk akibat paparan radikal bebas, seperti rusaknya sel-sel tubuh yang akhirnya bisa menyebabkan kanker. Berkat antioksidan, kekebalan tubuh dapat meningkat, dan kerusakan sel dapat dicegah dan diperbaiki. 


Apa Manfaat Makan Buah Nangka?

Getah pada buah nangka memiliki kemampuan untuk membersihkan pencernaan secara efektif.


Apakah Buah Nangka Baik untuk Darah Tinggi?

Buah ini mengandung banyak flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.


Penyakit Apa yang Tidak Boleh Makan Buah Nangka?

Mengonsumsi buah nangka bisa menimbulkan dampak negatif pada individu dengan kondisi gangguan pada ginjal, seperti gangguan ginjal kronis atau kegagalan ginjal mendadak.


Apa Efek Kebanyakan Makan Nangka Matang?

Jika Anda mengonsumsi nangka dalam jumlah yang berlebihan, itu bisa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Sebaiknya, batasi konsumsi nangka Anda menjadi tidak lebih dari 2–3 porsi setiap harinya.


Apa Efek Samping Buah Nangka?

Tingkat keasaman buah nangka mencapai 5,8 pH. Meskipun tidak sangat asam, buah ini masih termasuk dalam kategori asam, yang dapat mendorong produksi asam lambung yang lebih tinggi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya