Afrika Tengah Bakal Luncurkan Koin Kripto

Kripto negara itu dinamai "Sango Coin", digambarkan sebagai "mata uang digital nasional".

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 19 Jul 2022, 15:07 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2022, 15:07 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Republik Afrika Tengah akan mulai menjual cryptocurrency yang dikabarkan akan bernilai USD 21 juta atau sekitar Rp 314,8 miliar minggu depan dengan harga per koin sekitar USD 0,10. Langkah ini dilakukan negara itu di tengah sederet masalah yang terjadi dalam industri kripto. 

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (19/7/2022), kripto negara itu dinamai "Sango Coin", digambarkan sebagai "mata uang digital nasional" yang akan mulai dijual pada 21 Juli dengan investasi minimum USD 500 yang harus dibayar dalam cryptocurrency, termasuk bitcoin dan ethereum, menurut situs web investasi Sango negara itu.

Republik Afrika Tengah, jadi salah satu negara dengan akses ke internet dan listrik rendah dan menjadi negara Afrika pertama yang menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah pada April lalu. 

Dalam inisiatif Republik Afrika Tengah, investor asing dapat membeli kewarganegaraan dengan kripto senilai USD 60.000, serta Koin Sango dengan nilai yang setara untuk dipegang sebagai jaminan selama lima tahun. 

Kemudian ada sebidang tanah seluas 250 meter persegi terdaftar seharga USD 10.000, dengan Sango Coin terkunci selama satu dekade. Masih belum jelas apakah opsi ini juga akan mulai dijual minggu depan, ketika 210 juta Sango Coins ditawarkan, dengan harga masing-masing USD 0,10.

Situs web Sango Coin mengatakan akan ada 12 penjualan koin lagi, dengan harga yang meningkat setiap saat. Walaupun begitu, masih banyak detail yang tidak jelas, termasuk teknologi apa yang digunakan, perusahaan mana yang mendukung peluncuran dan apakah harga token akan mengambang bebas atau tetap.

Syarat dan ketentuan platform investasi Sango menyatakan Sango Coins yang tidak digunakan tidak dapat dikembalikan dan diubah kembali menjadi mata uang kripto lainnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Presiden Republika Afrika Tengah Terkait Kripto

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, Presiden Republik Afrika Tengah, Faustin-Archange Touadera belum lama ini kembali menyatakan dukungannya untuk cryptocurrency. Touadera mengatakan, cryptocurrency adalah kunci untuk inklusi keuangan.

"Alternatif untuk uang tunai adalah cryptocurrency. Bagi kami, ekonomi formal bukan lagi pilihan,” kata Touadera dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 5 Juli 2022.

Hal itu disampaikan Touadera pada acara peluncuran inisiatif kripto yang diselenggarakan oleh negara tersebut, setelah menjadi negara Afrika pertama yang menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran sah pada April lalu. 

Langkah adopsi kripto di Republik Afrika Tengah sempat membuat heran berbagai pihak. Hal itu karena penggunaan internet yang belum menjamur di negara tersebut. Padahal, internet menjadi salah satu infrastruktur pendukung kripto. 

Proyek Sango, termasuk Sango Coin, didukung oleh Majelis Nasional Republik Afrika Tengah dan dipelopori oleh Touadera, yang mengatakan token tersebut akan memberikan akses ke sumber daya alam negara itu, termasuk emas dan berlian.

Situs web "Sango" negara itu mengatakan akan "memfasilitasi tokenisasi sumber daya Republik Afrika Tengah untuk investor di seluruh dunia".

"Sango Coin akan menjadi mata uang generasi baru Republik Afrika Tengah," kata Touadera, tanpa memberikan rincian.

Antusiasme Republik Afrika Tengah untuk cryptocurrency tampaknya tidak terpengaruh oleh kerugian baru-baru ini dalam nilainya, dengan harga bitcoin jatuh lebih dari 58 persen dalam tiga bulan terakhir.


Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi di Republik Afrika Tengah

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Republik Afrika Tengah telah mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang resmi, kata kepresidenan pada Rabu (27/4/2022), menjadi negara pertama di Afrika dan hanya yang kedua di dunia yang melakukannya.

Terlepas dari cadangan emas dan berlian yang kaya, Republik Afrika Tengah adalah salah satu negara termiskin dan paling tidak berkembang di dunia dan telah dicengkeram oleh kekerasan pemberontak selama bertahun-tahun. 

Sebuah RUU yang mengatur penggunaan cryptocurrency diadopsi dengan suara bulat oleh parlemen minggu lalu, kata sebuah pernyataan. ditandatangani oleh kepala staf Presiden Faustin-Archange Touadera, Obed Namsio. 

"Presiden mendukung RUU ini karena akan memperbaiki kondisi warga Afrika Tengah," kata Namsio kepada Reuters, tanpa menjelaskan lebih lanjut, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (28/4/2022).

Dalam pernyataan itu, dia menyebutnya sebagai "langkah yang menentukan untuk membuka peluang baru bagi negara kita".

Republik Afrika Tengah adalah salah satu dari enam negara yang menggunakan franc CFA Afrika Tengah, mata uang regional yang diatur oleh Bank of Central African States (BEAC).

Dua mantan perdana menteri negara itu pekan lalu menandatangani surat yang menyatakan keprihatinan tentang adopsi Bitcoin tanpa panduan dari BEAC, menyebutnya sebagai "pelanggaran serius".

"BEAC belajar pada saat yang sama dengan publik tentang pemberlakuan undang-undang baru tentang cryptocurrency di Republik Afrika Tengah," kata juru bicara BEAC, menambahkan, bank belum memiliki tanggapan resmi.


El Salvador Jadi Negara Pertama

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah tahun lalu, tetapi peluncurannya terhambat oleh skeptisisme dan menunda usulan obligasi Bitcoin pada Maret di tengah gejolak pasar global.

Pemerintah Afrika telah mengambil pendekatan yang bervariasi untuk mengatur kripto dan teknologi blockchain. Bank sentral Nigeria melarang bank lokal bekerja dengan cryptocurrency tahun lalu sebelum meluncurkan mata uang digitalnya sendiri, eNaira.

Regulator Afrika Selatan telah mengeksplorasi potensi regulasi cryptocurrency dan teknologi blockchain lainnya, dan bank sentral Tanzania mengatakan tahun lalu sedang mengerjakan arahan presiden untuk mempersiapkan cryptocurrency.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya