Dinilai Berjasa Kawal Demokrasi Malaysia, Anwar Ibrahim Dianugerahi Gelar Doktor oleh UNP

Anwar Ibrahim dianugerahi gelar doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang, karena dinilai berjasa menegakkan demokrasi di Malaysia.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 29 Okt 2018, 18:03 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2018, 18:03 WIB
Dato' Seri Anwar Ibrahim berjabat tangan dengan Megawati Soekarnoputri dalam penganugerahan gelar doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang, 29 Oktober 2018 (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)
Dato' Seri Anwar Ibrahim berjabat tangan dengan Megawati Soekarnoputri dalam penganugerahan gelar doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang, 29 Oktober 2018 (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Liputan6.com, Padang - Politikus Malaysia, Anwar Ibrahim, hari ini, dianugerahkan gelar Doktor kehormatan (honoris causa) oleh Universitas Negeri Padang (UNP).

Hadir dalam agenda tersebur, mantan Presiden Republik Indonesia kelima, Megawati Soekarnoputri, yang tidak hanya menyimak pemberian gelar tersebut, melainkan juga turut duduk mendengarkan rapar senat terbuka oleh salah satu perguruan tinggi terkemuka di Sumatera Barat itu.

Ketua Umum PDIP itu dijadwalkan memberi testimoni secara terbuka tentang Anwar Ibrahim di hadapan rapat senat UNP, yang digelar di auditorium UNP, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Dengan mengucapkan bismillah, rapat terbuka penganugerahan gelar Doktor kehormatan untuk Dato' Seri Anwar Ibrahim, dibuka," ucap Rektor UNP Ganefri, di lokasi, Senin (29/10/2018).

Gelar tersebut diraih oleh Anwar Ibarhim, karena dia dinilai memiliki peranan cukup tangguh dalam mengawal penegakan demokrasi di Malaysia.

Sementara, Megawati turut didampingi sejumlah petinggi partainya, di antaranya Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Nusyirwan Soedjono, serta Bendahara Fraksi PDIP, yang juga Ketua DPD PDIP Sumatera Barat Alex Indra Lukman.

Selain itu, sejumlah pejabat negara lainnya juga ikut menghadiri acara penganugerahan itu. Yakni Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Tidak hanya Anwar Ibrahim, Megawati juga diketahui pernah mendapatkan gelar Doktor (honoris causa) dari Kampus UNP pada 2017. Gelar itu diberikan kepada ketua umum PDIP itu atas pengabdiannya di bidang pendidikan saat masih menjabat sebagai Presiden RI.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anwar Ibrahim Semakin Dekat ke Kursi Perdana Menteri

Anwar Ibrahim
Ketua Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim mengucapkan sumpah jabatan dalam upacara pelantikan di Gedung Parlemen, Kuala Lumpur, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen setelah memenangkan pemilu sela. (MOHD RASFAN/AFP)

Sementara itu, Anwar Ibrahim, yang juga merupakan pemimpin de facto koalisi Pakatan Harapan (PH), sah dilantik menjadi Anggota Parlemen Malaysia pada Senin 15 Oktober 2018.

Pelantikan itu dilakukan tepat dua hari setelah dirinya berhasil memenangi pemilu sela (pemilu yang digelar untuk mengisi kekosongan kursi) untuk menjadi Anggota Parlemen nasional, mewakili wilayah konstituensi Port Dickson, Negeri Sambilan, pada 13 Oktober 2018.

Kemenangan Anwar Ibrahim menandakan kebangkitannya di dunia pemerintahan Negeri Jiran, serta untuk mengambil alih tampuk kepemimpinan Malaysia dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad --yang juga telah 'merestui' kursinya bagi mantan wakil perdana menteri Malaysia periode 1993-1998 itu.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, komisi pemilihan mengumumkan bahwa Anwar Ibrahim meraih total 31.016 suara. Di sisi lain, total konstituen berada di kisaran 43.489 suara --menunjukkan kemenangan mutlak Anwar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya