Akibat Ancaman Bom Palsu, Penerbangan Singapore Airlines Dikawal Militer

Akibat seorang Ibu bercanda soal bom, Singapore Airlines SQ 423 dikawal ketat jet tempur Angkatan Udara Singapura.

oleh Siti Khotimah diperbarui 26 Mar 2019, 19:21 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2019, 19:21 WIB
Singapore Airlines
Singapore Airlines mengoperasikan pesawat Airbus A350-900ULR (Ultra Long Range) terbaru untuk penerbangan terpanjang. (dok. Singapore Airlines/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Singapura - Pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ 423 akhirnya mendarat dengan selamat di Bandara Changi, setelah sebelumnya pilot mengumumkan adanya bahaya bom.

Seorang juru bicara maskapai yang tidak disebutkan identitasnya telah mengonfirmasi hal ini.

"Singapore Airlines mengonfirmasi adanya ancaman bom terhadap SQ 423 yang beroperasi dari Mumbai ke Singapura ... Kami membantu pihak berwenang dalam penyelidikan mereka dan menyesal bahwa kami tidak dapat memberikan perincian lebih lanjut," kata sumber itu, sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Selasa (26/3/2019).

Pesawat tersebut lepas landas dari Mumbai India, pada pukul 23.35 waktu setempat. Di tengah perjalanan menuju Changi, didapati ancaman bom dalam pesawat. Pihak maskapai segera menghubungi kepolisian, yang mengaku mendapatkan laporan pada 5.48 pagi waktu Singapura.

Segera setelahnya, Singapore Airlines dengan 263 penumpang itu putar balik menuju Mumbai. Beberapa saat setelahnya, mereka dijemput dan dikawal ketat oleh beberapa jet tempur milik Angkatan Udara Negeri Singa.

Pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Changi pada Selasa 26 Maret 2019, pagi waktu setempat. Sebanyak 20 penumpang mengaku melewatkan penerbangan lanjutan akibat insiden itu.

Ibu dan Anak Iseng Menyebut Membawa Bom

Belakangan diketahui bahwa peringatan bahaya datang akibat penyataan seorang perempuan yang terbang bersama anaknya. Saat itu, ia merasa tidak senang saat tas jinjingnya diperiksa, kemudian bercanda bahwa telah menaruh bom di dalamnya.

Segera setelah pesawat mendarat, kepolisian menginterogasi dua orang ibu dan anak itu. Penumpang lain juga harus menjalani pengecekan sebelum turun. Namun, polisi tidak mendapatkan suatu apapun yang mencurigakan.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Kepolisian

Ilustrasi Bom
Ilustrasi Bom

Menghadapi insiden "ancaman bom" palsu ini, kepolisian mengatakan bahwa pihaknya memang selalu mengedepankan keselamatan umum.

"Polisi memperlakukan semua ancaman keamanan dengan serius dan tidak akan ragu untuk mengambil tindakan terhadap siapa pun yang menyebabkan kekhawatiran publik," kata sebuah sumber anonim.

Sebagaimana diketahui bahwa kasus serupa juga pernah terjadi pada April 218 lalu di sebuah penerbangan maskapai Scoot.

Pada tahun yang sama, penumpang Scoot bernama Hsu Chun Meng terbukti bersalah. Ia harus membayar denda sebesar US$ 4.500 (sekira Rp 64.000.000) akibat melanggar Undang-Undang, khususnya karena mengeluarkan kata-kata yang bersifat mengancam keselamatan penerbangan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya