Kemlu RI Keluarkan Imbauan Perjalanan ke Korea Selatan Akibat Virus Corona

Kementerian Luar Negeri telah mengeluarkan imbauan perjalanan ke Korea Selatan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 24 Feb 2020, 13:40 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2020, 13:40 WIB
Kasus Virus Corona di Korsel Melonjak Jadi 204 Orang
Petugas menyemprotkan disinfektan di depan Gereja Shincheonji di Daegu, Korea Selatan, Kamis (20/2/2020). Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea menyatakan korban terinfeksi virus corona (COVID-19) di Korea Selatan menjadi 204 orang hingga Jumat (21/2/2020) sore. (Kim Jun-beom/Yonhap via A

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC), telah terjadi peningkatan secara signifikan dalam jumlah kasus terkonfirmasi Virus Corona COVID-19 di Korea Selatan terutama dalam periode 19-23 Februari 2020.

Hingga Senin 24 Februari 2020 dengan angka kasus mencapai 763, menjadikannya sebagai negara kedua terbesar setelah China. 

Menanggapi hal tersebut, pihak Kementerian Luar Negeri RI telah mengeluarkan imbauan mengenai rencana perjalanan ke Korea Selatan. 

Sebagai informasi, wilayah Daegu dan Gyeongsang Bukdo merupakan dua wilayah terbanyak kasus terkonfirmasi COVID-19 di Korea Selatan.

Pemerintah Korea Selatan juga telah menetapkan wilayah Daegu dan Gyeongsang Bukdo sebagai daerah “Special Care Zones”.

"Mencermati merebaknya wabah COVID-19 di Korea Selatan, kami mengimbau Anda yang sedang dan/atau akan bepergian ke Korea Selatan agar meningkatkan kehati-hatian dan tidak melakukan perjalanan khususnya ke wilayah Daegu dan Gyeongsang Bukdo. Kami juga mengimbau agar Anda senantiasa meningkatkan kewaspadaan, menjaga stamina fisik dan psikis, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rutin mencuci tangan dengan sabun, memakan daging yang dimasak sempurna, mengurangi interaksi di keramaian publik, serta terus memantau informasi yang disampaikan KBRI Seoul dan otoritas setempat."

Pernyataan tersebut dikutip dari unggahan dari akun Instagram @savetrafel.kemlu

Safe Travel merupakan aplikasi luncuran Kementerian Luar Negeri yang fungsinya untuk memberikan informasi penting bagi WNI jika sedang berada di luar negeri. Diharapkan, WNI dapat mengetahui informasi terbaru tentang negara yang akan atau sedang dikunjungi, termasuk di saat Virus Corona sedang mewabah di banyak negara seperti sekarang ini.

Pihak Kementerian Luar Negeri mengimbau WNI yang mengalami masalah di Korea Selatan untuk dapat menghubungi hotline @kbri_seoul di nomor: +82 10 5394 2546.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya