Regeneron Siap Tes Obat Virus Corona pada Manusia Awal Musim Panas Ini

Raksasa bioteknologi AS Regeneron tengah berupaya memiliki dosis obat potensial untuk menyembuhkan penyakit akibat Virus Corona COVID-19.

oleh Raden Trimutia Hatta diperbarui 17 Mar 2020, 21:01 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2020, 21:01 WIB
20160628-Ilustrasi-Vaksin-iStockphoto
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa bioteknologi Regeneron tengah berupaya memiliki dosis obat potensial untuk menyembuhkan penyakit akibat Virus Corona COVID-19. Obat ini siap untuk diuji klinis pada manusia pada awal musim panas 2020.

Pendekatan dalam penelitian ini melibatkan pembuatan antibodi terhadap Virus Corona COVID-19 yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit dan mencegahnya, kata Regeneron dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (17/3/2020).

Perusahaan asal Amerika Serikat itu bertujuan memiliki ratusan ribu dosis Virus Corona COVID-19 siap diuji ke manusia pada akhir musim panas. Regeneron berencana untuk memulai manufaktur skala besar pada pertengahan April dan masih berencana untuk meningkatkan hingga ratusan ribu dosis pencegahan sebulan pada akhir musim panas.

"Selalu ada begitu banyak bagian yang bergerak, tetapi ... kami mencapai angka terbaik kami, jadwal terbaik kami, dan segalanya berjalan sangat baik," ujat Dr. George Yancopoulos, salah satu pendiri Regeneron, sebagai presiden dan kepala petugas ilmiah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 


Menggunakan Tikus dengan Sistem Kekebalan Manusia

20160629-Ilustrasi-Vaksin-iStockphoto
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Regeneron mengembangkan terapi dengan cara yang sama seperti menciptakan obat untuk Ebola, yang sekarang sedang ditinjau oleh FDA, dan empat obat lain sudah ada di pasaran: Ia menggunakan tikus yang direkayasa secara genetika untuk memiliki sistem kekebalan mirip manusia. Tikus terkena protein target dan menghasilkan antibodi manusia sebagai respons.

Antibodi itu sekarang digunakan dalam obat-obatan yang disetujui untuk mengobati penyakit seperti asma, kolesterol tinggi, rheumatoid arthritis dan kanker.

Pendekatan ini telah digembar-gemborkan oleh para ahli kesehatan termasuk mantan Komisioner Administrasi Makanan dan Obat-obatan Dr. Scott Gottlieb sebagai salah satu yang paling menjanjikan untuk alat baru untuk diterapkan terhadap virus corona yang berpotensi terjadi pada musim gugur, ketika infeksi dapat muncul kembali walaupun mereka rusak selama musim panas.

Untuk COVID-19, tikus terkena bagian dari virus SARS-CoV-2. Regeneron mengatakan para ilmuwannya sekarang telah mengisolasi ratusan antibodi yang menetralkan virus, dan mereka memilah-milahnya - juga antibodi yang diisolasi dari orang yang telah pulih dari COVID-19 - untuk menemukan dua yang terbaik yang dapat digunakan untuk membuat pengobatan koktail.

Yancopoulos mengatakan, Regeneron berencana untuk menggabungkan dua antibodi karena "Anda ingin memastikan jika, Tuhan melarang, ada mutasi atau variasi dalam virus, Anda tidak kehilangan (kemanjuran) karena satu antibodi itu."

Untuk Ebola, Regeneron menggunakan pendekatan yang sama untuk membuat koktail tiga-antibodi, yang terbukti menyelamatkan jiwa dalam uji klinis di Republik Demokratik Kongo pada 2018.

Pendekatan untuk memberikan perawatan dan perlindungan dalam satu obat potensial untuk COVID-19, menempatkan Regeneron di suatu tempat di antara proyek-proyek vaksin yang sedang berlangsung di Moderna, Johnson & Johnson, Sanofi, dan lainnya, dan perburuan obat-obatan di seluruh industri, termasuk di Gilead Sciences. Yancopoulos mengatakan, lamanya perlindungan yang bisa diberikan antibodi Regeneron tidak diketahui sebelum penelitian pada manusia dilakukan, tetapi memperkirakan dari pengalaman sebelumnya, mereka "mengharapkan satu dosis untuk bertahan setidaknya satu bulan."

Dosis yang diperlukan untuk perlindungan jauh lebih sedikit daripada untuk perawatan setelah seseorang terinfeksi, katanya, itulah sebabnya tujuan Regeneron untuk ratusan ribu dosis pada akhir musim panas berlaku untuk penggunaan pencegahan.

"Untuk setiap seratus orang yang kamu 'profilaksis', kamu mungkin bisa memperlakukan seperti lima atau 10 orang," kata Yancopoulos.

 


Tes Pertama pada Petugas Kesehatan

Kasus Virus Corona Bertambah, Bio Farma Kebut Penemuan Vaksin Anti Covid-19
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Dia mencatat bahwa orang pertama yang kemungkinan menerima perawatan profilaksis adalah petugas kesehatan dan lainnya yang berisiko tinggi untuk penyakit ini. Mereka kemungkinan membutuhkan dosis sebulan sekali sampai vaksin yang memberikan kekebalan jangka panjang tersedia.

Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Dr. Anthony Fauci, yang memimpin pengembangan vaksin COVID-19 di negara ini, mengatakan vaksin tidak akan tersedia selama satu tahun hingga 18 bulan.

Dan meskipun Regeneron memenuhi tenggat waktu yang paling optimis untuk proyek tersebut, Yancopoulos mengatakan, "itu masih tergantung pada banyak hal yang berjalan dengan benar. Ini adalah biologi, bukan pengkodean atau penulisan aplikasi. Ada banyak hal yang masih bisa salah."

Perusahaan itu juga mengatakan, mereka sedang memulai uji klinis obat rheumatoid arthritis, Kevzara, untuk mengobati respons kekebalan parah yang dapat terjadi pada paru-paru pasien dengan COVID-19. Karena obat itu sudah ada di pasaran, ia dapat memberikan opsi segera untuk pasien yang paling kritis, jika berhasil.

"Kami benar-benar merasa seperti kami telah mempersiapkan selama bertahun-tahun untuk kesempatan ini untuk membuat perbedaan," Yancopoulos memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya