Satu Pesawat dengan Hope Hicks dan Donald Trump, Orang-Orang Ini Juga Positif COVID-19?

Hope Hicks terlihat bersama dengan beberapa ajudan terdekat presiden AS Donald Trump lainnya. Mereka tertular COVID-19?

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 02 Okt 2020, 16:53 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2020, 16:53 WIB
FOTO: Penasihat Donald Trump Positif COVID-19
Penasihat Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Hope Hicks (kiri) berjalan dari Marine One di Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Maryland, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020). Hope Hicks dan Donald Trump diketahui sempat berada di pesawat yang sama, Marine One pada Rabu (30/9). (AP Photo/Alex Brandon)

Liputan6.com, Washingotn DC - Berawal dari sang ajudan, Hope Hicks yang dinyatakan positif tertular COVID-19, orang-orang yang melakukan kontak dengannya pun menjadi sorotan. Sebab mereka diduga kuat juga berpotensi terinfeksi virus tersebut.

Setelah kabar Hope Hicks beredar, mencuat laporan dari sang presiden AS yang juga telah menjalani tes COVID-19.

Situs Al Jazeera yang dikutip Jumat (2/9/2020) menyebut, Donald Trump mengatakan pada Kamis 1 Oktober bahwa dia berada di karantina dan menunggu hasil tes untuk COVID-19 setelah Hope Hicks, salah satu penasihat terdekatnya, dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut.

"Saya baru saja menjalani tes dan kita akan lihat apa yang terjadi," katanya kepada Fox News, mengonfirmasi Hicks terkena virus dan mengatakan dia diperkirakan mendapat hasil tesnya pada Kamis malam atau Jumat.

Dia kemudian mengungah twit bahwa dirinya dan Ibu Negara Melania Trump, yang juga diuji, berada di karantina.

"Hope Hicks, yang telah bekerja sangat keras bahkan tanpa istirahat sebentar, baru saja dinyatakan positif COVID-19. Mengerikan! Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami!" twit Trump Kamis malam.

Sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa Hicks menderita gejala Virus Corona COVID-19, yang biasanya termasuk demam dan batuk.

Jumat pagi, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa dirinya terinfeksi Virus Corona COVID-19 pada Jumat 2 Oktober 2020. Melalui unggahan di akun Twitter resminya, ia juga menyebutkan hasil tes sang istri juga positif SARS-CoV-2.

Dalam sebuah unggahan di Twitter, seperti dikutip dari CNBC, ia menyampaikan informasi tersebut. "Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kita akan melewati ini bersama!"

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Ini:


Mereka yang Berada Dekat dengan Hope Hicks

FOTO: Penasihat Donald Trump Positif COVID-19
Penasihat Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Hope Hicks (kanan) berjalan untuk naik Marine One bersama Donald Trump di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020). Gedung Putih tidak mengonfirmasi Hope Hicks positif COVID-19. (AP Photo/Carolyn Kaster)

Hope Hicks diketahui telah bepergian dengan Donald Trump --yang kemudian dinyatakan positif COVID-- beberapa kali baru-baru ini, termasuk ke debat Pilpres AS 2020 perdana di Cleveland pada Selasa 29 Oktober. Ia terlihat menaiki Marine One, helikopter Korps Marinir Amerika Serikat yang membawa presiden Amerika Serikat.

Hope Hicks terlihat bersama dengan beberapa ajudan terdekat presiden AS lainnya. Seperti dikutip dari CNN, di antaranya adalah menantu Donald Trump, Jared Kushner, Dan Scavino, dan Nicholas Luna. Dalam sejumlah gambar yang beredar, tidak satupun dari mereka terlihat mengenakan masker, pada hari Rabu saat Trump menuju ke kampanye di Minnesota.

Apakah mereka tertular COVID-19?

Analis medis CNN Dr. Jonathan Reiner mengatakan Kamis, Trump dan stafnya berada dalam kondisi dekat pada saat mereka yang dites positif berpotensi sangat menular.

"Jika Anda berada dekat dengan seseorang yang penuh dengan virus, dan kami pikir Anda mungkin paling menular pada hari Anda mengalami gejala," kata Reiner kepada Don Lemon dari CNN.

"Kemarin (Rabu) adalah saat Hicks tampaknya mengalami gejala. Dia akan penuh dengan virus dan itu bukan waktunya untuk berada di helikopter kecil atau di ruang konferensi kecil di Air Force One dengan sekelompok orang," kata Reiner.

Hicks terlihat menaiki Air Force One dan helikopter yang ditunjuk sebagai Marine One bersama presiden AS dan ibu negara saat dia melakukan perjalanan dengan anggota pemerintahan lainnya pekan ini, termasuk ke debat pilpres AS 2020 perdana di Ohio pada hari Selasa.

"Presiden telah berusaha keras untuk mengecilkan risiko virus ini, untuk mengecilkan manfaat dari universal masking dan sekarang kami melihat apa yang terjadi ketika Anda terus menggoda dengan bencana, ketika Anda berpura-pura bahwa Anda kebal," kata Reiner, yang bekerja di pemerintahan George W. Bush sebagai ahli jantung mantan Wakil Presiden Dick Cheney.

Memiliki akses ke pengujian konstan, seperti yang dilakukan Trump, tidak mencegah infeksi, kata Reiner.

"Apa yang mereka harapkan adalah menciptakan, membuat kepompong steril di sekelilingnya dengan menguji hampir semua orang yang berhubungan dengannya, tetapi sangat tidak mungkin untuk menguji setiap orang setiap hari dengan jumlah orang yang bekerja di Gedung Putih," papar Reiner.

"Anda hanya perlu satu tautan yang rusak untuk memasukkan virus ke dalam kabel dan itulah yang terjadi sekarang, dan virus itu tanpa ampun. Virusnya sangat menular."

Saran Terbaik

The US Centers for Disease Control and Prevention atau Pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyatakan bahwa karantina 14 hari harus dilakukan setelah paparan terakhir yang diketahui terhadap seseorang yang dinyatakan positif COVID-19. Pasalnya, masa inkubasi novel Coronavirus bisa mencapai dua minggu.

Trump, dalam wawancara Fox News, berspekulasi bahwa Hicks bisa saja tertular virus dari interaksi dengan seorang pendukung.

"Dia orang yang sangat hangat. Dia mengalami masa sulit, ketika tentara dan penegak hukum mendatanginya, Anda tahu, dia ingin memperlakukan mereka dengan baik, bukan mengatakan, 'Menjauhlah, aku tidak bisa dekat denganmu.' Itu penyakit yang sangat, sangat berat," katanya.

Seorang sumber yang dekat dengan Hicks mengatakan kepada CNN bahwa dia mengalami gejala dan kembali ke Washington. Sumber yang mengetahui gejala Hicks menggambarkannya sebagai orang yang sakit dan merasa sangat buruk.

CNN telah menghubungi Hicks untuk memberikan komentar.

"Presiden memperhatikan kesehatan dan keselamatan dirinya dan semua orang yang bekerja untuk mendukung dia dan rakyat Amerika dengan sangat serius," kata juru bicara Gedung Putih Judd Deere kepada CNN dalam sebuah pernyataan ketika ditanya tentang tingkat kontak antara Hicks dan Trump.

Gedung Putih tidak menyebut nama Hicks, juga tidak mengonfirmasi bahwa dia dinyatakan positif.

"Operasi Gedung Putih bekerja sama dengan Dokter untuk Presiden dan Kantor Militer Gedung Putih untuk memastikan semua rencana dan prosedur memasukkan panduan CDC terkini dan praktik terbaik, untuk membatasi paparan COVID-19 sejauh mungkin baik di kompleks maupun saat presiden sedang bepergian," tambah Deere.

Beberapa staf Gedung Putih yang berada di dekat diberitahu tentang hasil tes positif hari ini, kata seorang pejabat.


Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya