Rihanna hingga Justin Trudeau, 5 Pesohor Dunia Dukung Aksi Protes Petani India

Sederet tokoh ternama dunia tengah menyuarakan dukungan mereka terhadap aksi protes para petani di India.

diperbarui 06 Feb 2021, 21:01 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2021, 21:00 WIB
Demonstrasi petani di India (AP Photo / Dinesh Joshi)
Demonstrasi petani di India (AP Photo / Dinesh Joshi)

New Delhi - Pada September 2020, parlemen India mengesahkan tiga RUU kontroversial yang bertujuan untuk meliberalisasi sektor pertanian negara itu.

Pengesahan UU tersebut memicu aksi protes di seluruh negeri.

Melansir laman DW, Sabtu (6/2/2021), pemerintah menyatakan UU baru memberikan kebebasan kepada petani untuk menjual produk mereka di luar pasar yang diatur dan membuat kontrak dengan harga yang telah disepakati sebelumnya.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Asosiasi petani mengatakan undang-undang tersebut tidak menjamin perolehan hasil pertanian dengan harga dukungan minimum, sehingga membiarkan mereka bergantung pada perusahaan. Tindakan kekerasan pecah pada 26 Januari lalu saat pawai traktor berlangsung. Sejak itu telah terjadi bentrokan sporadis antara pengunjuk rasa, polisi, dan kelompok anti-tani.

Deretan selebriti termasuk penyanyi Rihanna, aktivis Greta Thunberg, pengacara dan aktivis Meena Harris, dan anggota parlemen di Inggris dan AS mendukung para petani India melalui akun media sosial mereka. Pemerintah India mengecam mereka karena mendukung protes para petani terhadap undang-undang pertanian yang baru.

Simak video pilihan berikut:


1. Rihanna

Rihanna
Penyanyi Rihanna berpidato setelah menerima penghargaan Humanitarian of the Year 2017 dari Universitas Harvard di Cambridge, (28/2). Rihanna meraih penghargaan berkat perannya di berbagai kegiatan amal dan sosial. (AP Photo/Steven Senne)

Bintang pop kelahiran Barbados, Rihanna adalah salah satu selebriti internasional yang menyatakan solidaritasnya terhadap para petani India.

Dia mencuitkan: "Mengapa kita tidak membicarakannya?" mengacu pada aksi protes petani. Cuitan Rihanna menarik banyak dukungan global. Sebaliknya, banyak selebritis India yang membela kebijakan pertanian Perdana Menteri Narendra Modi.


2. Greta Thunberg

Bolos Sekolah, Ribuan Pelajar Tuntut Perlindungan Iklim di Jerman
Aktivis iklim asal Swedia, Greta Thunberg berorasi saat berunjuk rasa di Hamburg, Jerman, Jumat (1/3). Remaja 16 tahun ini telah melakukan unjuk rasa terkait perubahan iklim sejak Agustus 2018. (Axel Heimken/AFP)

Aktivis perubahan iklim berusia 18 tahun, Greta Thunberg melalui akun Twitternya membagikan informasi tentang penutupan akses internet di beberapa bagian New Delhi.

Dia menuliskan: "Kami berdiri dalam solidaritas dengan petani India." Dukungan Thunberg untuk petani India membuat marah pendukung Partai BJP nasionalis Hindu yang berkuasa.


3. Justin Trudeau

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau (Photo credit: Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau (Photo credit: Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau adalah salah satu dari sedikit kepala negara yang menyatakan dukungannya terhadap petani India.

Pada Desember lalu, Trudeau menggambarkan situasi India "mengkhawatirkan." Kementerian Luar Negeri India mengatakan bahwa pernyataan Trudeau adalah "campur tangan yang tidak dapat diterima terkait urusan dalam negeri India."


4. Amanda Cerny

Amanda Cerny
Amanda Cerny jatuh cinta pada bajaj [foto: Instagram]

Influencer Instagram terkenal Amanda Cerny membagikan foto tiga wanita India dengan caption: "Dunia sedang menyaksikan. Anda tidak harus menjadi orang India atau Punjabi atau Asia Selatan untuk memahami masalah ini. Yang harus Anda lakukan adalah peduli terhadap kemanusiaan. Selalu menuntut kebebasan berbicara, kebebasan pers, hak asasi manusia, persamaan martabat bagi pekerja."


5. Meena Harris

Viral Penampakan Sneakers Rp38 Juta di Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris
Seperti apa sneakers mahal yang muncul di pelantikan Joe Biden-Kamala Harris (Foto: instagram/meena_harris)

"Kita semua harus marah dengan penutupan aksi internet India dan kekerasan paramiliter terhadap pengunjuk rasa," bunyi cuitan Meena Harris, seorang pengacara dan keponakan Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya