Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Pulang dari RS Pasca-Perawatan Jantung

Mantan perdana menteri berusia 96 tahun itu memiliki masalah jantung di masa lalu, menderita beberapa serangan jantung dan menjalani operasi bypass.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 14 Jan 2022, 10:28 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2022, 10:28 WIB
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, mengenakan masker, melambai saat meninggalkan Istana Nasional setelah bertemu dengan raja di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, 10 Juni 2021. (AP/Vincent Thian)
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, mengenakan masker, melambai saat meninggalkan Istana Nasional setelah bertemu dengan raja di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, 10 Juni 2021. (AP/Vincent Thian)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad telah keluar dari rumah sakit setelah menjalani prosedur medis yang sukses.

"Dia akan melanjutkan proses penyembuhan dan pemulihannya di rumah," kata National Heart Institute (Institut Jantung Nasional/IJN) Kamis 13 Januari 2022 dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari TRT World.

Kendati demikian tidak disebutkan prosedur apa yang telah dijalani Mahathir Mohamad di rumah sakit khusus jantung itu. Pria 96 tahun itu dikabarkan telah menghabiskan beberapa hari di rumah sakit bulan lalu untuk pemeriksaan.

Eks PM Malaysia itu memang diketahui memiliki masalah jantung di masa lalu, mengalami beberapa serangan jantung dan menjalani operasi bypass.

Sebelumnya, menurut pernyataan yang dirilis pada Kamis 16 Desember 2021 oleh National Heart Institute (IJN), sebuah pusat operasi jantung di sebelah Rumah Sakit Kuala Lumpur, Mahathir Mohamad dilaporkan akan menjalani "pemeriksaan medis lengkap dan observasi lebih lanjut".

"Dia akan menjalani pemeriksaan kesehatan lengkap dan observasi lebih lanjut," demikian menurut pernyataan dari IJN.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tokoh Politik yang Dominan

Mahathir Mohamad Mundur sebagai PM Malaysia
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad melambaikan tangan ke media setelah konferensi pers di Putrajaya, Malaysia, 15 April 2019. Tak ada penjelasan resmi terkait alasan di balik keputusan ini, apalagi selama ini rezim Mahathir tidak mengalami kontroversi. (AP Photo/Vincent Thian)

Nonagenarian -- seseorang yang berusia 90 hingga 99 tahun -- yang masih anggota parlemen aktif, menjalani perawatan ke institut Jumat 7 Januari 2022 lalu, kedua kalinya dalam beberapa bulan setelah sempat dirawat di rumah sakit.

Dia telah menjadi salah satu tokoh politik paling dominan di Malaysia dalam beberapa dekade terakhir, menjabat dua kali sebagai perdana menteri selama total 24 tahun.

Dia menjadi pemimpin Malaysia dari 1981 hingga 2003, kemudian kembali berkuasa pada 2018 saat usia 92 tahun sebagai kepala koalisi reformis.

Tetapi pemerintahan itu runtuh pada tahun 2020 karena pertikaian.


Infografis Manuver Mahathir Mohamad

Infografis Manuver Mahathir Mohamad. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Manuver Mahathir Mohamad. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya