Ingin Beri Penghormatan Terakhir ke Ratu Elizabeth II? Ini yang Perlu Anda Ketahui

Masyarakat akan diizinkan untuk melihat tempat persemayaman (lie in state), peti mati Ratu Elizabeth II di Westminster Hall mulai Rabu (14/9/2022) sore.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 13 Sep 2022, 10:29 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2022, 10:29 WIB
Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan Inggris menghadiri peringatan kematian Pangeran Philip di Westminster Abbey di pusat kota London pada 29 Maret 2022. (DOMINIC LIPINSKI / POOL / AFP)

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022 di usia 96 tahun. Sang ratu kemudian akan disemayamkan di Westminster Hall di London, mulai Rabu 14 September 2022 pukul 17.00 hingga pukul 06.30, pada hari pemakamannya Senin 19 September.

Pemerintah telah menekankan bahwa antrean orang-orang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II akan terus mengular – dengan sedikit kesempatan untuk beristirahat atau duduk. Antrean panjang mereka yang menunggu diperkirakan akan membentang melalui pusat kota London.

Rencana untuk prosesi lying in state atau persemayaman kenegaraan di negara bagian itu merupakan bagian utama dari acara berkabung resmi. 

Berikut ini penjelasan soal prosei lying in state yang dikutip dari The Guardian, Selasa (13/9/2022):

Apa yang Dimaksud dengan Istilah "Lying in State"?

Ratu Elizabeth dari Inggris menyaksikan para pengusung jenazah membawa peti mati Pangeran Philip selama pemakamannya di Kapel St George di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Lying in State atau persemayaman kenegaraan diperuntukkan bagi para penguasa, permaisuri saat ini atau sebelumnya, dan juga mantan perdana menteri.

Selama acara formal, peti mati yang tertutup ditempatkan pada tempat yang terbuka, karena ribuan orang mengantre untuk melewatinya dan memberikan penghormatan terakhir mereka.

Kapan dan di Mana Prosesi Lie in state?

Ratu Elizabeth II (tengah) bersama keluarga kerajaan berpose di balkon Istana Buckingham pada 12 Mei 1937. Meninggalnya Ratu Elizabeth II dikonfirmasi oleh Kerajaan Inggris dalam Twitternya.

Prosesi lie in state mendiang ratu Inggris akan dilakukan di Westminster Hall, yang dibuka untuk umum pada Rabu 14 September mulai pukul 17.00. Akan dibuka 24 jam sehari sampai ditutup pada pukul 6.30 pagi Senin 19 September - hari pemakaman Ratu.

Westminster Hall adalah bangunan tertua di kawasan parlemen, bangunan ini berasal dari tahun 1099 dan telah menjadi tempat peristiwa-peristiwa penting, seperti persidangan Charles I, jamuan penobatan, dan pidato oleh para pemimpin dunia.

Apa yang Bisa Dilihat?

Sebelum wafat,  Ratu Elizabeth Kenakan Rok Motif Tartan yang Dibuat Khusus Tahun 1853, @theroyalfamily

Peti mati yang tertutup akan dibungkus dengan bendera kerajaan, biasanya merupakan simbol pribadi, dan akan diletakkan di atas podium yang disebut catafalque, diapit oleh pengawal militer sepanjang waktu.

Mahkota dan tanda kebesaran lainnya secara tradisional ditempatkan di atas peti mati sang penguasa. Setiap sudut podium diawasi 24 jam sehari oleh unit dari Sovereign's Bodyguard, Foot Guards atau Household Cavalry Mounted Regiment.

 


Apakah Keluarga Kerajaan Berada di Sana?

6 Potret Anggota Keluarga Kerajaan Temui Masyarakat di Depan Kastil Windsor
Potret Anggota Keluarga Kerajaan Temui Masyarakat. (Sumber: Twitter/@RoyalFamily)

Kemungkinan anak-anak Ratu atau bahkan cucu-cucunya akan menghormatinya dengan berjaga dan bergabung dengan penjagaan peti mati di beberapa titik - sebuah tradisi yang disebut Vigil of the Princes. Apabila seorang Putri Kerajaan berjaga untuk Ratu, dia akan menjadi anggota wanita pertama dari keluarga kerajaan yang melakukannya.

Apakah akan Ada Antrean?

Ilustrasi Antre (Foto:Shutterstock)

Panduan pemerintah mengatakan akan ada antrean yang diperkirakan akan sangat panjang. Orang-orang harus berdiri selama "berjam-jam, mungkin semalaman" dengan sedikit kesempatan untuk duduk karena antrean akan terus bergerak.

Karena diperkirakan akan ada kerumunan besar, diperkirakan akan ada penutupan jalan dan penundaan transportasi umum.

Apakah Keamanan akan Ketat?

Ilustrasi polisi. (Liputan6.com)

Pengunjung akan melalui keamanan seperti di bandara dan ada pembatasan ketat dengan apa yang dapat Anda bawa masuk, orang-orang hanya diperbolehkan membawa satu tas kecil dengan satu bukaan atau ritsleting sederhana.

 


Apakah Ada yang Perlu Bawa?

Ratu Elizabeth II Wafat, Bendera Setengah Tiang Berkibar
Bendera Selandia Baru berkibar setengah tiang di atas Jembatan Pelabuhan Auckland saat Selandia Baru berkabung atas kematian Ratu Elizabeth II, Jumat (9/9/2022). Rencananya proses pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung selama 10 -12 hari. (Michael Craig/New Zealand Herald via AP)

Panduan resmi menyarankan agar orang-orang berpakaian yang sesuai dengan cuaca saat itu, membawa makanan dan minuman untuk dimakan saat mengantre, power bank portabel untuk ponsel, dan obat-obatan penting lainnya.

Orang-orang juga disarankan untuk "berpakaian yang sesuai dengan acara untuk memberikan penghormatan", melarang pakaian "dengan slogan-slogan politik atau ofensif".

Orang-orang tidak akan diizinkan untuk membawa bunga atau barang-barang penghormatan lainnya, termasuk lilin, mainan lunak, dan foto. Juga dilarang membawa spanduk, bendera, keranjang, selimut dan kursi lipat.

Panduan pemerintah mengatakan bahwa orang-orang tidak boleh merekam, memotret, menggunakan ponsel atau perangkat genggam lainnya di area keamanan atau di dalam Istana Westminster.

Penerobos antrean dan siapa pun yang mabuk akan dikeluarkan dari antrean oleh para pelayan dan polisi yang berpatroli di antrean.

Apakah Ada Tempat Untuk Menyimpan Tas yang Lebih Besar?

Loker besi yang biasa digunakan pada sekolah-sekolah dan tempat umum lainnya ini ternyata bisa juga menjadi furnitur.

Fasilitas penitipan tas tersedia, tetapi kapasitasnya terbatas, dan tidak ada jaminan bahwa akan ada ruang di fasilitas tersebut. Menunggu hingga ruang penyimpanan tas tersedia akan menambah waktu antrean.

Apakah Duke of Edinburgh Menjalani Prosesi Lie in State?

Gambar tanggal 20 November 1979 ini saat Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh Pangeran Philip berpose dengan corgies kerajaan untuk ulang tahun pernikahan ke-32 mereka di Balmoral Castle, Skotlandia. (AFP)

Tidak, beliau tidak menjalani prosesi lie in state, dan hal ini sesuai dengan keinginannya. Kematiannya juga terjadi selama krisis COVID-19 dan pada saat itu pertemuan massal seperti itu juga melanggar hukum.

 


Siapa Orang Terakhir yang Menjalani Prosesi Lie in State?

Pangeran Charles diapit Ibu Suri Ratu Elizabeth dan Putri Margaret. (Instagram/ royalcollectiontrust)
Pangeran Charles diapit Ibu Suri Ratu Elizabeth dan Putri Margaret. (INP / AFP)

Orang terakhir yang menjalani prosesi lie in state di Inggris adalah Ibu Suri Ratu Elizabeth pada tahun 2002. Di atas peti matinya di Westminster Hall terdapat mahkota penobatannya, yang bertahtakan berlian Koh-i-noor, dan pesan tulisan tangan dari putrinya, sang Ratu, yang bertuliskan: "Dalam kenangan penuh kasih, Lilibet".

Diperkirakan 200.000 orang datang untuk memberikan penghormatan terakhir selama tiga hari.

Itu adalah upacara penghormatan pertama di negara bagian Inggris, di mana masyarakat harus menjalani pemeriksaan keamanan, yang memperlambat pergerakan para peziarah.

Antrean terpanjang membentang melintasi Lambeth Bridge dan sepanjang South Bank ke Southwark Cathedral, dengan orang-orang diperingatkan untuk menunggu hingga 12 jam pada jam-jam sibuk.

Polisi dikerahkan untuk menangani keamanan, kerumunan besar dan penutupan jalan.

Dari Mana Tradisi Ini Berasal?

Raja George VI (Sumber: Wikimedia Commons)

Tradisi berbaring dalam keadaan kenegaraan dimulai sejak abad ke-17 ketika para penguasa Stuart berbaring dalam keadaan kenegaraan selama beberapa hari.

Edward VII menetapkan tradisi modern ketika ia menjalani persemayaman di Aula Westminster pada tahun 1910, seperti halnya Raja George V pada tahun 1936 dan Raja George VI pada tahun 1952. George VI - ayah Ratu - adalah penguasa terakhir sebelum Elizabeth II meninggal.

Siapa Lagi yang Menjalani Prosesi Lie in State (Persemayaman) di Westminster Hall?

Westminster Abbey London (sumber: Pixabay)

Dua perdana menteri - William Gladstone pada tahun 1898 dan Sir Winston Churchill pada tahun 1965 - juga disemayamkan di Westminster Hall, yang menarik ratusan ribu pengunjung.

Pada tahun 1930, ada upacara penghormatan yang tidak biasa di Westminster Hall untuk para korban bencana Pesawat R101. Pesawat eksperimental Inggris yang terbakar saat melintasi Prancis utara, menewaskan 48 dari 54 orang yang ada di dalamnya.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya