Piala Dunia 2022: Timothy Weah, Putra Presiden Liberia Wujudkan Mimpi Sang Ayah Bersama AS

Timothy Weah mencetak gol AS di laga pertama Grup B Piala Dunia 2022.

oleh Edu Krisnadefa diperbarui 22 Nov 2022, 12:51 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2022, 12:45 WIB
Timothy Weah, Putra Presiden Liberia yang Cetak Gol Perdana AS di Piala Dunia Qatar 2022
Penyerang Timnas Amerika Serikat Timothy Weah melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Amerika Serikat dan Wales di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022). Pemain bola kelahiran Amerika Serikat ini lebih memilih memperkuat timnas tanah kelahirannya dan menolak berada di sayap Liberia. (ADRIAN DENNIS/AFP)

Liputan6.com, Al Rayyan - Timothy Weah tampil gemilang bersama Amerika Serikat (AS) di laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022 Qatar, Senin (21/11/2022) atau Selasa (22/11/2022) dini hari waktu Indonesia. Pemain berusia 22 tahun itu sukses mencetak gol semata wayang "Negeri Paman Sam" ke gawang Wales.

Di menit ke-36, dengan kecepatannya, Timothy Weah, yang mengenakan nomor 21, memanfaatkan umpan terobosan dari Christian Pulisic. Tim berlari masuk ke kotak penalti Wales dan dengan sekali sontek, dia sukses mengecoh kiper Wales, Wayne Hennessey.

Sayang, sang lawan mampu membalas. Gol tendangan penalti dari Gareth Bale di menit ke-82 memaksa laga yang digelar di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan itu harus berakhir imbang, 1-1.

Namun, tak pelak, nama Timothy Weah tetap menjadi sorotan. Bukan hanya lantaran performa gemilangnya, melain juga lantaran latar belakang sang pemain yang menarik perhatian.

Ya, Weah memang bukan asli AS. Lebih mencengangkan lagi, dia adalah putra kandung dari Presiden Liberia, George Weah, yang juga penyerang hebat di era 1990-an. Tercatat beberapa klub elite Eropa seperti Monaco, Paris Saint Germain (Prancis), AC Milan (Italia), dan Chesela (Inggris) pernah disinggahinya.

Pria yang terpilih sebagai presiden Liberia pada 2018 ini juga pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA dan Ballon d'Or tahun 1995. Hanya memang, mimpi Weah senior sepanjang kariernya untuk tampil di Piala Dunia tak pernah kesampaian, karena Liberia tak pernah lolos dari kualifikasi.

Tapi kini, mimpi itu telah diwujudkan sang putra meski dengan bendera AS. Hebatnya lagi Tim langsung mencetak gol di laga pertama.


Ihwal Bela AS

Timothy Weah, Putra Presiden Liberia yang Cetak Gol Perdana AS di Piala Dunia Qatar 2022
Penyerang Timnas Amerika Serikat Timothy Weah (kanan) mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Amerika Serikat dan Wales di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022). Sebelum menjadi orang nomor satu di Liberia, sang ayah pernah menjadi pemain terbaik AC Milan. (AP Photo/Ashley Landis)

Tim bisa membela AS karena di lahir di Brooklyn. Sebenarnya, pemain yang kini berseragam klub Lille (Prancis) juga bisa membela Jamaika, karena sang ibu, Clar, berasal dari "Negara Reggae" itu.

Namun, sedari dulu, Tim memang selalu ingin membela AS. "Saya orang Amerika. Saya ingin membela negara saya," ujar Tim beberapa waktu lalu, seperti dikutip FIFA+. "Saya selalu bermimpi bermain untuk timnas AS, memenangkan berbagai gelar dan tampil di Piala Dunia."

 


Tantang Inggris

Timothy Weah, Putra Presiden Liberia yang Cetak Gol Perdana AS di Piala Dunia Qatar 2022
Penyerang Timnas Amerika Serikat Timothy Weah melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Amerika Serikat dan Wales di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022). Pemilik nomor punggung 21 ini berhasil mencetak gol perdana bagi Amerika Serikat pada menit 36. (Jewel SAMAD/AFP)

Dengan hasil imbang ini, AS kini memperoleh satu poin, sama dengan Wales. Mereka akan memainkan laga kedua Jumat (25/11) menghadapi Inggris di Stadion Al Bayt Stadium, Al Khor.

Kemudian di laga terakhir Grup B, AS akan berhadapan dengan Iran, Selasa (29/11). Laga ini akan digelar di Stadion Al Thumama, Doha.


Infografis Grup B Piala Dunia 2022

Infografis Grup B Piala Dunia 2022
Infografis Grup B Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya