Pemimpin Oposisi Kamboja Divonis 27 Tahun Tahanan Rumah atas Tuduhan Makar

Kem Sokha dituduh bersekongkol dengan kekuatan asing untuk menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Hun Sen.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 03 Mar 2023, 16:02 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 16:02 WIB
Perdana Menteri  Kamboja, Hun Sen. (AP)
Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen. (AP)

Liputan6.com, Phnom Penh - Pemimpin oposisi Kamboja dijatuhi hukuman 27 tahun di bawah tahanan rumah karena pengkhianatan.

Kem Sokha (69), mantan advokat hak asasi manusia dan pemimpin Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) yang sekarang telah dibubarkan, juga dilarang mencalonkan diri atau memberikan suara dalam pemilihan.

Dia dituduh bersekongkol dengan kekuatan asing untuk menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Hun Sen, salah satu otokrat terlama di dunia, yang telah berkuasa sejak tahun 1985.

Kamboja akan mengadakan pemilihan umum pada Juli. Dan sebagian besar meyakini Hun Sen akan mencalonkan diri lagi, sementara beberapa lainnya percaya dia berencana menyerahkan kekuasaan kepada putra sulungnya, Hun Manet.

Kem Sokha pertama kali ditangkap pada 2017, berdasarkan sebuah video 2013, di mana dia mengatakan mendapat dukungan dari kelompok pro-demokrasi Amerika Serikat (AS).

Dia dan pengacaranya membantah tuduhan pengkhianatan dan mengatakan kasusnya tidak berdasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kegagalan Peradilan

Ilustrasi Pengadilan
Ilustrasi Pengadilan. (Freepik)

Duta Besar Amerika Serikat untuk Kamboja W Patrick Murphy menegaskan pada Jumat (3/3/2023) bahwa vonis terhadap Kem Sokha adalah kegagalan peradilan.

Pengacara Kem Sokha, Ang Udom, menuturkan, tim hukumnya akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

Kelompok hak asasi manusia dan pemerintah Barat mengutuk tuduhan terhadap Kem Sokha tidak berdasar dan bermotivasi politik.

"Sudah jelas dari awal bahwa dakwaan terhadap Kem Sokha tidak lain adalah taktik bermotivasi politik oleh Perdana Menteri Hun Sen untuk mengesampingkan pemimpin oposisi utama Kamboja dan menghilangkan sistem demokrasi negara itu," kata Wakil Direktur Asia di Human Rights Watch Phil Robertson.

"Menjebloskan Kem Sokha ke penjara bukan hanya tentang menghancurkan partai politiknya, tetapi juga tentang menghancurkan harapan bahwa akan ada pemilihan umum yang sebenarnya pada Juli."

Kelompok tersebut meminta pihak berwenang untuk membatalkan hukuman serta segera dan tanpa syarat membebaskannya.

Bulan lalu, Hun Sen menutup salah satu media independen terakhir di negara itu, Voice of Democracy, dengan mengatakan bahwa mereka menerbitkan cerita yang menyerang putranya dan merusak reputasi pemerintah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya