Siapa Calon Kuat Pengganti Fumio Kishida Sebagai PM Jepang?

Di antara tiga calon kuat perdana menteri Jepang, satu di antaranya adalah perempuan.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 17 Sep 2024, 16:08 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 16:08 WIB
PM Jepang Fumio Kishida
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berbicara selama konferensi pers di kantornya di Tokyo, Rabu (14/8/2024). (Japan Pool/Kyodo News via AP)

Liputan6.com, Tokyo - Dengan hanya 10 hari tersisa sebelum partai yang berkuasa di Jepang memilih pemimpin baru – yang akan secara otomatis menjadi perdana menteri – persaingan masih terlalu ketat untuk diprediksi.

Di antara para calon terdepan adalah Shigeru Ishiba, seorang penggemar model pesawat terbang dan ahli kebijakan keamanan, dan Shinjiro Koizumi, putra mantan perdana menteri yang masih muda, fotogenik, peselancar ulung, dan pemilik gelar magister dalam ilmu politik dari Universitas Columbia.

Persaingan menjadi rumit karena jajak pendapat baru di mana para pendukung Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa menjadikan Sanae Takaichi, menteri keamanan ekonomi yang sangat konservatif, sebagai pilihan lainnya.

Perdana menteri saat ini, Fumio Kishida, membuka persaingan untuk memimpin LDP – kekuatan politik konservatif yang telah memerintah hampir tanpa lawan selama tujuh dekade – dengan keputusannya yang mengejutkan untuk tidak mencalonkan diri dalam perebutan kepemimpinan pada 27 September.

Mengutip perlunya darah baru setelah skandal politik dan keuangan yang merusak, serta peringkat persetujuan pribadi yang sangat rendah, Kishida memperingatkan bahwa penggantinya harus memimpin "LDP baru".

Di bawah sistem parlementer Jepang, presiden baru partai akan secara otomatis menjadi perdana menteri ketika dia disetujui oleh parlemen, yang saat ini didominasi LDP.

Pada hari Senin (16/9/2024), sebuah jajak pendapat oleh kantor berita Kyodo menunjukkan bahwa Takaichi yang berusia 63 tahun – yang bermain drum di sebuah band rock saat remaja – dipandang oleh 27,7 persen pendukung LDP sebagai yang paling cocok untuk menjadi perdana menteri Jepang berikutnya, meskipun masih ada keraguan atas kemampuannya untuk mengumpulkan suara di antara rekan-rekan anggota parlemennya.

Jajak pendapat, di mana Ishiba menerima dukungan 23,7 persen dan Koizumi 19,1 persen, memperlihatkan pula potensi pemilihan pemimpin baru harus melalui dua putaran. Demikian seperti dilansir The Guardian, Selasa (17/9).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ishiba Vs Koizumi

Shinjiro Koizumi.
Salah satu calon kuat perdana menteri Jepang, Shinjiro Koizumi. (AP)

Meskipun kurang berhasil dalam empat pemilihan kepemimpinan sebelumnya, Ishiba dipandang sebagai orang yang aman yang mampu mengarahkan LDP keluar dari situasi sulit, meskipun beberapa analis percaya hanya kemenangan Koizumi yang akan membuktikan kepada para pemilih bahwa LDP serius dalam mengatasi dampak dari skandal penggelapan dana di tubuh partai.

"Koizumi dapat menawarkan janji samar tentang perubahan generasi dan modernisasi LDP yang berkuasa," kata wakil presiden firma penasihat risiko politik Teneo James Brady.

Meskipun Ishiba dapat mengungguli saingannya di antara anggota biasa, Brady menambahkan Koizumi kemungkinan akan menerima lebih banyak dukungan dari rekan-rekan parlemen, memberinya peluang nyata untuk menjadi yang teratas di putaran pertama.

Kekurangan Ishiba dalam hal karisma dinilai dapat ditebus dengan pengalamannya. Sebagai pendukung kuat demokrasi Taiwan, dia pernah menjabat sebagai menteri pertahanan dan mendukung pembentukan "NATO" Asia untuk melawan ancaman keamanan dari China dan Korea Utara.

Dalam hal lainnya, pencalonan Koizumi merupakan kelanjutan dari status quo. Sebagai salah satu dari sekian banyak "politikus turun-temurun" di parlemen Jepang, sebagian besar profil publiknya bertumpu pada warisan ayahnya, Junichiro Koizumi, perdana menteri Jepang dari tahun 2001-2006.

Koizumi yang lebih muda naik pangkat dengan mantap melalui jajaran LDP, menjabat sebagai menteri lingkungan hidup satu dekade setelah dia mewarisi daerah pemilihan ayahnya di Prefektur Kanagawa pada tahun 2009 – anggota generasi keempat dari dinasti politik yang keterlibatannya dalam kehidupan publik Jepang telah berlangsung lebih dari satu abad.

Setelah menikah dengan presenter TV Christel Takigawa, Koizumi menjadi menteri kabinet Jepang pertama yang mengambil cuti ayah – meskipun hanya dua minggu – setelah kelahiran anak pertama mereka pada tahun 2020.

Koizumi telah menunjukkan naluri "modern" yang serupa di area lain. Dia mendukung undang-undang untuk membolehkan pasangan yang sudah menikah menggunakan nama keluarga yang berbeda dan mengizinkan perempuan menjadi permaisuri yang berkuasa, sebuah langkah yang juga didukung oleh Ishiba.

Jika terpilih, Koizumi akan menjadi perdana menteri termuda Jepang sejak perang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya