6 Tips Mudah Mencari Pacar, Jomblo Wajib Tahu

Tips mencari pacar tanpa menggunakan aplikasi kencan dengan enam cara berikut ini.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 25 Jun 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi pasangan cinta, romantis
Ilustrasi mencari pasangan. (Photo by Marius Muresan on Unsplash)

 

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pacar tanpa menggunakan aplikasi kencan mungkin terlihat sulit di era digital ini. Namun, sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Sebuah studi baru dari Compare the Market mengungkapkan bahwa sebanyak 45% pasangan bertemu melalui pertemuan sosial atau teman bersama. Sementara hanya 7% yang bertemu melalui aplikasi kencan.

Jadi, jangan khawatir, masih sangat mungkin untuk bertemu dengan calon pasangan di kehidupan nyata.

Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya. Annabelle Knight, pakar seks dan hubungan dari Lovehoney, memberikan beberapa tips tentang tempat terbaik untuk menemukan pasangan.

Dilansir dari Cosmopolitan pada Selasa, 25 Juni 2024, berikut ini enam tips mencari pasangan menurut Annabelle Knight.

1. Melalui Universitas atau Sekolah

Teman sekolah bisa menjadi pasangan yang sempurna untuk hubungan jangka panjang. Bisa jadi Anda sudah memiliki banyak kesamaan karena tumbuh bersama atau berasal dari daerah yang sama.

Studi juga menemukan bahwa 9% orang bertemu dengan pasangan mereka melalui lingkungan pendidikan, jadi ini adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan untuk memulai hubungan.

Meskipun Anda tidak bertemu dengan orang yang istimewa selama masa sekolah, masih ada harapan di masa depan. Banyak dari kita memiliki koneksi yang terlewatkan dari masa sekolah atau perguruan tinggi.

Menjaga hubungan dengan kelompok alumni atau reuni sekolah bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu kembali dengan teman-teman lama.

Selain mengingat kembali kenangan masa muda Anda, reuni bahkan mungkinkan Anda untuk bertemu dengan orang baru yang tidak pernah ditemui selama sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Media Sosial

 

Mencari pasangan online tidak harus terbatas pada aplikasi kencan. Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter juga bisa menjadi tempat yang baik untuk bertemu orang baru. 

Media sosial tidak hanya untuk terhubung kembali dengan teman-teman lama, tetapi juga untuk bertemu orang-orang baru yang menarik.

Teman dari teman bisa menjadi awal mula percakapan yang mudah, karena sudah memiliki sesuatu yang sama. Jika Anda tertarik dengan seseorang di Instagram, mengirimkan pesan langsung dengan sopan ke mereka bisa menjadi langkah yang baik.

Salah satu keuntungan menggunakan media sosial untuk berkenalan adalah Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang seseorang sebelum benar-benar bertemu.

 


3. Volunteer

 

Meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan sukarelawan atau volunteer yang disukai, bisa membantu Anda bertemu dengan orang-orang dengan minat yang sama, serta menciptakan momen yang menyenangkan bersama.

Namun, jangan mengikuti kegiatan sukarela hanya sekadar untuk mencari teman kencan.

Sebaiknya, tetap ikuti kegiatan ini dengan tujuan yang baik seperti ingin memperluas lingkaran pertemanan, memberikan kontribusi pada organisasi yang Anda pedulikan, dan memperoleh pengalaman serta wawasan baru.

Siapa tahu, melalui kegiatan ini, Anda bisa saja bertemu dengan seseorang yang istimewa.


4. Keluar dari Rumah

 

Meskipun terlihat sederhana, tetapi tetap di rumah tidak akan membantu Anda bertemu dengan banyak orang baru.

Jika benar-benar ingin bertemu seseorang, jadilah proaktif dengan pergi ke tempat baru sendirian atau bersama teman-teman.

Misalnya, Anda bisa datang ke galeri seni, museum, pertunjukan, bar, dan sebagainya.

Bisa juga dengan mencari tempat di luar zona nyaman yang dapat memperkenalkan pada lingkungan baru.

Jika memungkinkan, coba lakukan sesuatu yang baru setiap minggu atau bulan yang dapat membawa Anda bertemu dengan orang-orang baru, seperti bergabung dengan klub atau pertemuan, atau mengikuti kelas untuk hobi yang disukai.

Berkencan dengan cara yang sudah umum masih menjadi cara terbaik untuk bertemu dengan pasangan. Jadi, cobalah untuk keluar rumah dan memulai percakapan dengan orang baru.


5. Bantuan Teman

 

Teman-teman biasanya tahu dengan baik kepribadian, kesukaan, dan ketidaksukaan Anda. Mereka juga bisa memberi Anda pandangan yang jelas apakah seseorang cocok atau tidak.

Jadi, jangan ragu untuk memberi tahu teman-teman Anda bahwa Anda ingin diperkenalkan kepada orang baru, siapa tahu bisa bertemu dengan seseorang yang istimewa.

Teman kerja juga bisa menjadi jalan yang bagus untuk menemukan cinta, karena kemungkinan besar Anda memiliki minat dan tujuan hidup yang serupa.

6. Olahraga

Berolahraga bisa menjadi tempat yang mudah untuk memulai percakapan alami. Di gym misalnya, Anda bisa meminta tolong untuk membantu menemukan atau memindahkan beberapa peralatan.

Namun gym bukanlah satu-satunya lokasi olahraga yang sempurna untuk bertemu pasangan.

Melakukan joging atau bergabung dengan klub untuk jenis olahraga apa pun yang Anda suka juga bisa menjadi pilihan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya