9 Manfaat Api dalam Kehidupan Manusia, Jadi Sumber Cahaya dan Energi

Api adalah panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 27 Okt 2022, 14:10 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2022, 14:10 WIB
9 Manfaat Api dalam Kehidupan Manusia, Jadi Sumber Cahaya dan Energi
Ilustrasi api unggun (pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat api sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam keperluan menggunakan api sebagai alatnya, mulai dari memasak hingga penerangan. Bahkan api juga digunakan dalam mesin untuk memudahkan kegiatan manusia. 

Manfaat api dalam kehidupa manusia ada beragam, bahkan tak dapat terlepaskan. Pengertian api adalah hasil pembakaran antara suatu bahan bakar dengan oksigen yang menghasilkan energi panas.

Meskipun api panas, namun manfaat api bisa menguntungkan bagi manusia. Penggunaan api harus diperhatikan apabila ingin memanfaatkan api dalam kehidupan, sebab api juga bisa merugikan manusia.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat api dalam kehidupan manusia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Api

9 Manfaat Api dalam Kehidupan Manusia, Jadi Sumber Cahaya dan Energi
Ilustrasi api (Photo by Rudy and Peter Skitterians on Pixabay)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian api adalah panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar. Sedangkan mengutip dari buku Dunia IPA 4B (2007) karya Drs. H. Panut, Muchtar S.P, dan Kasmuri, pengertian api adalah sumber panas.

Secara umum, api adalah oksidasi cepat suatu bahan (bahan bakar) dalam proses kimia eksotermik dari pembakaran, yang mengakibatkan pelepasan panas, cahaya, dan berbagai produk reaksi. Pada titik tertentu dalam reaksi pembakaran akan muncul nyala api, yang disebut titik pengapian. Nyala api adalah bagian api yang terlihat. Api terutama terdiri dari karbon dioksida, uap air, oksigen dan nitrogen. Jika cukup panas, gas bisa terionisasi untuk menghasilkan plasma.

Nyala api yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kebakaran besar, yang berpotensi menyebabkan kerusakan. Kebakaran adalah proses penting yang mempengaruhi sistem ekologi di seluruh dunia. Kebakaran memiliki efek positif seperti merangsang pertumbuhan dan memelihara berbagai sistem ekologi. Efek negatifnya, kebakaran berbahaya bagi kehidupan dan harta benda, menyebabkan polusi atmosfer serta kontaminasi air.

Api dapat dihasilkan dari menggosokkan benda yang dapat menghasilkan panas. Selain itu, Gesekan sebuah batu atau logam dengan benda-benda keras lainnya akan menghasilkan percikan api. Kini untuk memudahkan mendapatkan api, bisa dengan menggunakan korek api.


Manfaat Api dalam Kehidupan

9 Manfaat Api dalam Kehidupan Manusia, Jadi Sumber Cahaya dan Energi
Ilustrasi api (Gambar oleh Larry White dari Pixabay)

1. Memasak

Manfaat api bagi kehidupan manusia yang utama adalah untuk memasak makanan. Energi utama yang digunakan untuk memasak bahan makanan bagi manusia adalah sumber panas. Sumber panas ini sangat penting untuk mengolah makanan mentah menjadi makanan yang siap dan layak untuk dikonsumsi.

2. Sumber Cahaya

Manfaat api dalam kehidupan manusia adalah sebagai sumber cahaya. Sebelum listrik ditemukan, api adalah pencahayaan utama yang digunakan manusia saat matahari terbenam. Misalnya obor, lampion, dan lampu minyak tanah. Nyala dari api memberikan cahaya membuat manusia dapat beraktivitas saat malam hari.

3. Sumber Energi

Manfaat api dalam kehidupan manusia yang berikutnya adalah sebagai sumber energi. Pembakaran oleh api menyokong berbagai macam sumber energi seperti pembangkit listrik. Pembangkit listrik tenaga batu bara membutuhkan api untuk membakar batu bara dan menghasilkan uap yang kemudian dapat menggerakan generator listrik. Energi listrik yang dihasilkan generator bisa disalurkan dan dinikmati oleh masyarakat.


Manfaat Api dalam Kehidupan

9 Manfaat Api dalam Kehidupan Manusia, Jadi Sumber Cahaya dan Energi
Ilustrasi Kebakaran Hutan (iStockphoto)

4. Kebakaran Hutan

Manfaat api dalam kehidupan manusia yang selanjutnya adalah kebakaran hutan. Dalam hal ini kebakaran hutan yang dimaksud adalah berdampak positif bagi lingkungan. Dilansir dari National Geographic, kebakaran hutan alami berfungsi mempertahankan keseimbangan ekologis karena api membersihkan tanah hutan. Saat tumbuhan atau ada hewan yang mati di hutan, organisme akan tergeletak di lantai hutan dan menumpuk seiring berjalannya waktu.

Tumpukan organisme mati ini akan menyumbat pertumbuhan tunas-tunas kecil dan menganggu penyerapan nutrisi tumbuhan. Api dari kebakaran alami berguna untuk membersihkan tumpukan organisme mati dan memberikan lahan kosong untuk tunas baru bertumbuh dan berkembang. Setelah itu, zat hara kembali ke tanah dengan lebih cepat sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah.

5. Membantu Penyerbukan Tumbuhan

Dikutip dari Nevada County Resource Conservation District, beberapa tumbuhan hanya dapat membuka benihnya dengan bantuan panas dari api. Contohnya seperti manzanita (semak cemara), chamise (greasewood), scrub oak (semak pohon ek), pohon pinus, beberapa bunga lili, dan lupin liar. Inilah yang menjadi salah satu manfaat api dalam kehidupan manusia.

6. Membunuh Penyakit

Manfaat api dalam kehidupan manusia selanjutnya adalah dapat membunuh penyakit. seperti yang dijelaskan sebelumnya, kebakaran hutan alami dapat membersihkan organisme yang sudah mati. Dengan begitu, kebakaran api secara alami di hutan juga dapat membunuh berbagai hama. Ini membuat pohon dapat bertahan lebih lama. Api juga digunakan oleh manusia untuk memasak makanan, membunuh bakteri dalam daging mentah sehingga aman untuk dikonsumsi.


Manfaat Api dalam Kehidupan

9 Manfaat Api dalam Kehidupan Manusia, Jadi Sumber Cahaya dan Energi
Ilustrasi Kembang Api Credit: pexels.com/Frank

7. Sumber Penghangat 

Cuaca dingin atau pada malam hari membuat tubuh manusia menjadi tidak nyaman. Manfaat api sebagai sumber penghangat semakin terasa besar fungsinya ketika kita berada diwilayah bersalju dan bersuhu dingin.

8. Energi Pelebur dan Pengolah Logam

Beraneka ragam bentuk olahan logam dapat dibentuk sedemikian rupa hanya memerlukan energi panas dari api. Logam yang keras dan padat ketika terkena suhu panas pada titik tertentu akan berubah menjadi cair. Bentuk logam ketika menjadi cair tersebut dapat memudahkan manusia untuk membentuknya menjadi berbagai macam perkakas yang berguna bagi manusia.

9. Karya Seni dan Hiburan

Manfaat api bagi kehidupan manusia yang lainnya adalah api sebagai karya seni dan hiburan. Karya seni dari api dapat kita temukan ketika perayaan kembang api. Karya seni yang diolah sedemikian rupa dalam bentuk kembang api mampu mengeluarkan cahaya dan letupan suara yang menakjubkan. Perkembangan seni kembang api saai ini semakin maju dan modern. Dengan dibantu peralatan digital yang canggih festifal kembang api merupakan acara yang sangat menakjubkan dan indah untuk dinikmati.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya