10 Tempat Wisata di Australia Terbaik, Kota dan Alamnya Menakjubkan

Australia memiliki segudang tempat wisata dengan pemandangan indah, mulai di kota hingga alam.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 09 Jun 2023, 15:20 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2023, 15:20 WIB
Tempat Wisata di Australia
Sydney (AFP PHOTO)

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak tempat wisata di Australia yang bisa dikunjungi. Mulai dari tempat wisata ikonik hingga mengunjungi tempat wisata yang menawarkan pengalaman liburan menyenangkan.

Kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Australia ikonik, kamu bisa berkunjung ke Sydney Opera House, Pantai Bondi, Pulau Fraser, Taman Nasional Kakadu, dan Great Barrier Reef.

Apabila kamu ingin nuansa liburan anti-mainstream, kamu bisa menikmati tempat wisata di Australia seperti mencicipi daging panggang khas Negeri Kanguru, bermain boomerang, minum anggur terpopuler di Australia, hingga menyelam bersama hiu paus.

Penasaran? Yuk, simak rekomendasi tempat wisata di Australia terbaik yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tempat Wisata di Australia Terbaik

Tempat Wisata di Australia
Harbour Bridge and Opera House. (Foto: BBC.com)

Sydney Opera House

Tempat wisata di Australia terbaik pertama yang menjadi andalan para wisatawan adalah Sydney Opera House. Sydney Opera House telah dianggap sebagai salah satu karya terbaik arsitektur abad ke-20 yang dibangun oleh arsitek Jorn Utzon.

Bangunan ini dibangun sebagai cerminan citra sebuah kapal layar besar. Daya tarik dari gedung ini adalah bentuknya yang menyerupai cangkang.

Ada kegiatan unik di dalamnya, seperti beberapa pertunjukan yang digunakan untuk menarik wisatawan. Setiap tahunnya, Sydney Opera House merupakan tuan rumah dari ribuan pertunjukan menarik.

Jembatan Pelabuhan Sydney

Tempat wisata di Australia selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah Jembatan Pelabuhan Sydney. Tempat wisata ini merupakan jembatan yang dijadikan sebagai jalur inti saat akan melakukan penyebrangan di Pelabuhan Sydeny.

Pelabuhan Sydney menghubungkan antara pusat bisnis di Sydney dan juga bagian wilayah utara Sydney. Kamu bisa melihat jalur kereta api dan kendaraan bermotot, sepeda, bahkan ada trotoar di dalam jembatan tersebut.

Ketika kamu berkunjung ke Sydney, tempat ini wajib dikunjungi karena menjadi destinasi favorit di negara Sydney dan merupakan salah satu ikon di Kota Sydney.

 


Tempat Wisata di Australia Terbaik

Tempat Wisata di Australia
Yacht atau kapakl layar ringan dipamerkan dalam Sydney International Boat Show di Darling Harbour di Sydney, Australia (3/8). Acara pameran alat transportasi air ini berlangsung dari 3 sampai 7 Agustus. (AFP Photo/Peter Parks)

Darling Harbour

Masih di kawasan Sydney, kamu bisa berkunjung ke Darling Harbour. Tempat ini merupakan pelabuhan yang bisa dicapai hanya dengan melakukan jalan kaki. Kamu bisa menempuhnya dari Paddy’s Market dengan jalan kaki, lali melewati Chinese Garden dan masuk ke sisi bagian selatan pelabuhan.

Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang cukup indah, yaitu latar perkotaan dengan gedung-gedung tinggi dan lautan yang membiru cukup eksotis untuk dilihat dari pinggiran Kota Sydney.

Daya tarik lain Darling Harbour adalah adanya atraksi perairan yang ditujukan untuk wisatawan. Susana pelabuhan saat malam hari pun lebih cantik dan eksotik dibandingkan siang hari.

Sydney Tower

Tempat wisata di Australia terbaik berikutnya adalah Sydney Tower atau menara Sydney. Menara ini memiliki ketinggian sekitar 309 meter dan dijadikan sebagai menara tertinggi di Kota Sydney.

Menara ini terbuka untuk umum, sehingga kamu pun bebas masuk ke dalam menara ini. Letaknya berada di bagian tengah lokasi bisnis dan di atas gedung Centerpoint.

Selain menikmati pamandangan Kota Sydney, di sini setiap tahunnya diadakan lomba Sydney Tower Run-up yang merupakan lomba yang akan menantang pesertanya untuk bisa menaiki menara tersebut mulai dari tingkat paling bawah hingga ke tingkat paling atas.


Tempat Wisata di Australia Terbaik

Tempat Wisata di Australia
Great Barrier Reef

Great Barrier Reef

Great Barrier Reef merupakan lokasi bagi sistem terumbu karang terbesar di dunia. Great Barrier Reef memiliki luas mencapai 2.300 kilometer.

Ada banyak cara untuk menikmati terumbu karang di sini. Mulai dari menyelam scuba, snorkeling, kapal berlantai kaca, jet ski, semi-submersible, hingga kapal berlayar. Bisa juga menikmati dari udara atau bahkan skydive untuk terjun langsung ke dalamnya.

Healesville Sanctuary

Tempat wisata di Australia ini kamu dapat melihat koala secara langsung dan dari jarak yang cukup dekat. Hal ini dikarenakan binatang yang ada di Healesville Sanctuary dibiarkan hidup secara bebas, alias tidak ada binatang yang di dalam sangkar.

Kamu bisa dengan bebas berinteraksi dengan semua hewan yang ada di sini, kecuali koala karena koala kebanyakan tidur selama 20 jam per hari.


Tempat Wisata di Australia Terbaik

Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Kangoroo Island

Tempat wisata di Australia terbaik lainnya adalah Kangaroo Island. Pulau ini berada di bagian selatan Australia, yang merupakan pulau terbesar ketiga setelah Tasmania dan Pulau Melville.

Di sini kamu dapat menemukan binatang khas negara ini, yaitu kanguru. Selain hewan berkantung, kamu juga bisa menjumpai hewan liar lainnya seperti ekidna berparuh pendek, walabi tammar, possum brushtail, dan bandikot coklat selatan.

Kamu juga bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut seperti ikan dan naga laut leafy. Tak perlu khawatir tersesat, pasalnya ada banyak tanda-tanda di jalan yang membuat kamu dapat belajar sekaligus mengenal keindahan Australia.

Kakadu National Park

Kakadu adalah taman nasional terbesar di Australia. Ada banyak hal yang dapat kamu nikmati di taman nasional ini, termasuk karya seni suku Aborigin yang diperkirakan telah berusia lebih dari 20.000 tahun.

Taman ini juga merupakan rumah bagi banyak spesies satwa liar yang berbeda termasuk walabi, dingoes, dan buaya. Selain itu, di sini juga terdapat macam-macam spesies burung khas Australia.


Tempat Wisata di Australia Terbaik

Tempat Wisata di Australia
Fraser Island, Queensland / Sumber: Pixabay

Whitsunday Islands

Whitsunday Islands merupakan koleksi menakjubkan dari 74 pulau yang terletak di tengah-tengah Great Barrier Reef Australia. Tempat wisata di Australia ini adalah lokasi sempurna bagi kamu yang ingin menjelajahi kehidupan warna warni bawah laut dengan snorkeling atau scuba diving. 

Salah satu bagian terbaik dari Kepulauan Whitsunday adalah sebuah pantai yang bernama Whitehaven Beach. Kepulauan ini adalah pilihan lokasi wisata di Australia yang sangat cocok untuk kamu yang mencari suasana liburan bahagia dan penuh warna di pulau tropis yang indah.

Fraser Island, Queensland

Pulau Fraser yang indah ini terletak di Queensland dan terdaftar sebagai salah satu warisan dunia, serta merupakan pulau pasir terbesar di dunia. Pulau ini menawarkan pemandangan hutan hujan, bukit pasir, tebing pasir, dan lebih dari 100 danau air tawar.

Keunikan dari tempat wisata di Australia ini adalah kamu bisa melihat pemandangan bangkai kapal yang sudah berkarat. Pulau Fraser diklaim sebagai pulau yang paling murni di seluruh Australia, karena pulau ini belum terkontamiansi oleh banyak manusia dan anjing merupakan penghuni utama pulau ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya