Puluhan Ribu Orang Padati Festival Ramadan yang Digelar di Galangan Kapal

Harum Ramadhan Festival digelar di sebuah galangan kapal mampu menyedot animo warga Samarinda hingga yang hadir hampir 60 ribu orang.

oleh Abdul Jalil diperbarui 09 Apr 2023, 02:00 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2023, 02:00 WIB
Harum Ramadhan Festival
Harum Ramadhan Festival yang digelar di galangan kapal mampu menghadirkan hingga 60 ribu warga Samarinda.

Liputan6.com, Samarinda - Animo warga Kota Samarinda, Kalimantan Timur menghadiri Festival Ramadan yang digelar di sebuah galangan kapal di Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan. Kegiatan yang bertajuk Harum Ramadhan Festival ini memang rutin dilakukan oleh pemilik perusahaan galangan kapal tersebut.

Tak ayal, galangan kapal tanker milik PT Barokah Perkasa Group itu dipenuhi massa hampir 60 ribu orang. Pemiliknya adalah Rudi Mas’ud yang juga anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kalimantan Timur.

Kegiatan yang terselenggara pada Jumat (8/4/2023) ini memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Hanya saja, tahun ini massa yang hadir benar-benar membludak.

Menurut Rudi Mas’ud, kehadiran masyarakat tersebut dipengaruhi situasi baru. Dia menyebut pembatasan akibat Covid-19 yang sudah sangat dilonggarkan menjadi penyebab membludaknya warga yang hadir.

"Mungkin membludaknya karena kita tidak pernah melaksanakan buka bersama sejak 3 tahun menjalani Covid-19. Kalau tahun-tahun sebelumnya dihadiri puluhan ribu, kira-kira sekitar 30an ribu. Tahun ini tidak tahu berapa, saya saja tidak bisa melihat keluar," ujar Rudi.

Ketua DPD Partai Golkar Kaltim ini bersyukur atas atusias masyarakat yang hadir dalam balutan buka puasa bersama tersebut. Kepada masyarakat yang pulang dan kecewa setelah berjejal, tentunya ia memohon maaf karena tidak bisa memberikan kebahagiaan pada semuanya.

"Sekali lagi, kami memohon maaf pada semua masyarakat yang berdesak-desakan dan tidak sempat masuk karena situasi kondisinya seperti ini. Jujur, sebelum kami tidak pernah membayangkan jumlahnya berkali-kali lipat daripada tahun-tahun sebelumnya, kalau 30 ribu nggak masalah, ini lebih," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagikan Zakat

Harum Ramadhan Festival
Harum Ramadhan Festival digelar tiap tahun di galangan kapal milik PT Barokah Perkasa Group.

Sebenarnya, tidak ada maksud membuat masyarakat yang datang kecewa, sebab tujuan dari buka puasa bersama ini ialah menjalin silaturahmi, beribadah bersama masyarakat dan melaksanakan pesan sekaligus perintah dari Nabi Muhammad saw.

"Kita melaksanakan buka bersama, karena nabi berpesan siapa saja yang berbuka puasa bersama maka pahalanya sama seperti orang yang dibukakan. Intinya kita bersama-sama disini sambil silaturahmi dibalut dalam acara buka bersama. Ini acara untuk beribadah dan shalat berjamaah," terangnya.

Selain acara buka bersama Keluarga Besar Barokah Perkasa Group ini. Rudi Mas'ud juga melakukan pembagian zakat untuk semua masyarakat yang hadir.

"Kita juga sekaligus membagikan zakat harta perusahaan ini sebagai wujud rasa sosial dan kemanusiaan kita. Intinya bagaimana agar kita bisa berbagi dengan masyarakat. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya," ujarnya.

Diketahui, hadiah yang disiapkan Rudi Mas'ud dalam acara silaturahmi buka puasa bersama ini berupa umroh untuk 3 orang, sepeda motor, handphone, televisi dan lainnya. Dimeriahkan juga oleh artis ibu kota, El Corona.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya