Aplikasi Ini Akan Jadi Guide Pribadi Anda Saat Liburan

Aplikasi yang baru saja diluncurkan Google memungkinkan Anda untuk mempunyai pemandu wisata pribadi di dalam ponsel, penasaran?

oleh Liputan6 diperbarui 10 Okt 2016, 09:32 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2016, 09:32 WIB
google trips
Aplikasi yang baru saja dikeluarkan Google ini memungkinkan Anda untuk mempunyai guide pribadi di ponsel Anda (foto: Google)

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sering menggunakan Google Maps dan menggunakan Gmail sebagai penyedia email utama Anda, google mungkin akan tahu banyak tentang rencana perjalanan Anda. Sekarang, mesin pencari ini meningkatkan informasi itu dan mengemas menjadi sebuah aplikasi wisata baru yang disebut dengan Google Trips.

Dilansir dari Time, Kamis (6/10/2016), aplikasi gratis ini tersedia di iOS dan Android, mengumpulkan pemesanan wisata dari akun Gmail Anda dan mengatur mereka ke masing-masing perjalanan. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menelusuri tempat wisata terdekat, memberi saran makanan dan minuman apa yang tersedia disana, kondisi terkini dari reservasi Anda.

Contohnya, bila Anda memesan kamar hotel untuk satu malam di suatu kota, Google Trips akan memberikan Anda info harga dari hotel tersebut, tempat wisata populer, restoran yang ada di sekitar hotel dan link untuk memesan hotel tersebut. Itu membuat hal yang harus dicari seperti alamat hotel dan nomor konfirmasi lebih cepat daripada menggali melalui email.

Namun aplikasi ini baru dapat merencanakan info dari perjalanan seharian yang dapat Anda lakukan di 200 kota. Ini dapat diakses dengan menekan pilihan Day Plan di halaman setiap kota di aplikasi Google Trips. Setiap Day Plan akan terdapat pemandangan lengkap dengan jam operasi dan perkiraan waktu perjalanan antar masing-masing lokasi yang akan dikunjungi. Anda juga dapat men-download data-data tersebut dari berbagai kota ke ponsel Anda sehingga dapat Anda akses secara offline.

Aplikasi baru Google ini dalam beberapa hal mirip dengan Concur's TripIt, yang menyediakan informasi tentang jadwal penerbangan, reservasi hotel, dan rencana perjalanan lainnya dalam satu aplikasi. Namun Google Trips memiliki keunggulan dalam memberi informasi tentang waktu yang dibutuhkan untuk merencanakan perjalanan dan pilihan transportasi yang tersedia. (Achmad Rully P)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya