ICW Desak Tim Pencari Harun Masiku Dievaluasi dan Diganti

Menurut ICW, tim yang dibentuk KPK mencari keberadaan Harun Masiku gagal.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 25 Agu 2020, 20:47 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2020, 20:47 WIB
Peneliti ICW Kurnia Ramadhana
Peneliti ICW Kurnia Ramadhana. (Merdeka.com/Ahda Bayhaqi)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengevaluasi dan mengganti tim pemburu pokitikus PDIP Harun Masiku, buronan kasus suap penetapan anggota DPR RI periode 2019-2024.

"ICW merekomendasikan agar tim yang dibentuk oleh KPK untuk melakukan pencarian Harun Masiku dievaluasi dan diganti," ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Selasa (25/8/2020).

Menurut ICW, tim yang dibentuk KPK mencari keberadaan Harun Masiku gagal. Sebab, hingga kini Harun Masiku belum ditemukan oleh tim tersebut. Tak hanya itu, ICW juga mendesak Dewan Pengawas KPK memeriksa Ketua KPK Komjen Firli Bahuri terkait lambannya penangkapan Harun.

"Selain itu, Dewan Pengawas juga harus memanggil Ketua KPK, untuk meminta penjelasan terkait dengan sengkarut kasus ini," kata Kurnia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alami Kemunduran

Kurnia menilai, KPK era kepemimpinan Firli mengalami kemunduran dibanding pimpinan sebelumnya. Menurut ICW, permasalahan yang terjadi ada dua hal.

"Pertama, ICW tidak melihat adanya keseriusan dari Ketua KPK untuk dapat meringkus Harun Masiku. Kedua, kami khawatir ada sekelompok orang yang memang melindungi Harun Masiku sehingga tidak mampu terdeteksi keberadaannya selama ini," kata Kurnia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya