BMKG: Hujan Disertai Petir Diprediksi Landa Sejumlah Kota Besar Hari Ini

Selain hujan petir, sejumlah kota turut diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang yaitu Tanjung Pinang, Bandarlampung, Makassar dan Kendari.

oleh Rinaldo diperbarui 05 Nov 2021, 08:53 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2021, 08:53 WIB
Penampakan Sambaran Petir Saat Hujan di Jakarta
Kilatan petir menyambar di kawasan Monas, saat hujan yang disertai angin mengguyur Jakarta, Sabtu (21/12/2019),Malam. BMKG mengingatkan agar waspada terhadap potensi hujan deras yang disertai petir diprediksi akan terjadi dalam beberapa hari kedepan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyebutkan sejumlah kota besar di Indonesia diprakirakan akan mengalami hujan yang disertai dengan kilat dan petir, Jumat (5/11/2021).

Berdasarkan informasi dari laman www.bmkg.go.id, BMKG mengimbau warga di Kota Banda Aceh, Bengkulu, Bandung, Pangkal Pinang, Mataram, Pekanbaru dan Manado untuk mewaspadai terjadinya hujan disertai kilat dan petir.

Selain hujan petir, sejumlah kota turut diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang yaitu Tanjung Pinang, Bandarlampung, Makassar dan Kendari.

Sedangkan kota yang diduga berpotensi diguyur hujan ringan adalah Serang, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Ambon, Padang, Kupang dan Palembang.

BMKG turut menyebutkan, Kota Denpasar, DI Yogyakarta, Jayapura, Manokwari, Mamuju dan Palembang akan mengalami cuaca berawan. Sedangkan Kota Samarinda diprakirakan bercuaca berawan tebal dan Tarakan akan alami cuaca cerah berawan.

Selain itu, BMKG Juanda juga memprediksi jika sebagian wilayah di Jawa Timur berpotensi terjadi hujan deras pada siang dan sore hari, sehingga masyarakat diminta waspada kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Koordinator bidang data dan informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, Jumat mengatakan, dari pantauan citra satelit yang dilakukan pada hari ini tercatat beberapa daerah di Jawa Timur berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang.

"Waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah di Jawa Timur," katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, pada pagi hari diprakirakan cuaca sebagian wilayah Jatim cerah, berawan, dan hujan ringan sampai sedang.

"Kemudian pada siang dan sore hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan sampai sedang, dan hujan lebat disertai petir. Selain itu pada malam hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan sampai sedang," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hujan dan Angin Kencang

Ia mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi terjadinya hujan lebat disertai dengan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan.

"Selain itu juga berpotensi terjadi di Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso," katanya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya