Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo, Pangkas Waktu Tempuh Pulau-Pulau di Madura

Jokowi mengatakan Bandar Udara Trunojoyo kini siap melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan sekitarnya.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 20 Apr 2022, 10:23 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2022, 09:56 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pembukaan Munas IX Korpri Tahun 2022 pada 28 Januari 2022. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/2/2022). Jokowi mengatakan Bandar Udara Trunojoyo kini siap melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan sekitarnya.

"Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep Madura telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan pulau-pulau lainnya disekitar Madura," kata Jokowi saat peresmian sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Dia mengatakan keberadaan Bandara Trunojoyo ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas. Selain itu, membuka isolasi pulau-pulau terpencil yang ada di sekitar Madura.

"Bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil disekitar pulau Madura dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura," jelasnya

Jokowi menyampaikan bandara ini dapat memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Pulau Madura. Kini, masyarakat dapat berpergian ke pulau-pulau sekitar Madura hanya dengan satu jam perjalanan menggunakan pesawat.

"Jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja," tutur Jokowi.

Dia meyakini kehadiran Bandar Udara Trunojoyo ini akan mempermudah dan memperlancar mobilitas masyarakat. Tak hanya itu, Jokowi berharap perekonomian dan usaha baru akan tumbuh.

"Dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah. Disamping itu, usaha-usaha yang sekarang sudah ada akan semakin berkembang dan akan semakin maju," ucap Jokowi.

 


Berikan Bansos

Selain peresmian, dia juga dijadwalkan untuk memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di sejumlah pasar di Kabupaten Sumenep.

Setelahnya, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan Pesawat BAe-RJ85 melalui Bandar Udara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jokowi langsung menuju Kota Surabaya, tepatnya PT PAL Indonesia (Persero), untuk menghadiri acara Peluncuran Holding dan Program Strategis Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan Defend ID.

Selain itu, dia juga direncanakan memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di beberapa lokasi di Kota Surabaya.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Jawa Timur, Jokowi akan berkunjung ke Kabupaten Gresik, untuk memberikan sejumlah bantuan sosial di beberapa lokasi di kota tersebut.

Jokowi dan rombongan akan kembali Jakarta melalui Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya