Bertemu Ketua Majelis Nasional Korsel, Jokowi Bahas Upaya Peningkatan Kerja Sama

Pertemuan ini membahas peningkatan hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Korsel yang telah berlangsung baik selama setengah abad.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 19 Jan 2023, 01:10 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2023, 01:10 WIB
Presiden Jokowi bertemu Ketua Majelis Nasional Korea Selatan, Kim Jin-pyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma
Presiden Jokowi bertemu Ketua Majelis Nasional Korea Selatan, Kim Jin-pyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melaksanakan pertemuan dengan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan (Korsel), Kim Jin-pyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Pertemuan itu membahas peningkatan hubungan kerja sama Indonesia dan Korsel yang telah berlangsung baik selama setengah abad.

"Dalam pertemuan tersebut kami berbicara bagaimana hubungan baik antara Korea dengan Indonesia yang sudah terlaksana atau berlangsung selama 50 tahun," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangannya usai pertemuan, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (18/1/2023).

"Ini momentumnya di tahun 2023 ini agar bisa meningkatkan, mengeratkan hubungan antara Indonesia dan Korea,” sambungnya

Puan berharap hubungan kerja sama perdagangan Indonesia dan Korea Selatan juga dapat meningkat. Terlebih, Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) telah disahkan pada 1 Januari 2023,

"Sejak 1 Januari yang lalu sudah berlaku IK-CEPA sehingga memang hubungan kerja sama perdagangan Indonesia dan Korea diharapkan lebih bisa meningkat dan membaik di tahun-tahun yang ke depan," tutur politikus senior PDIP ini.

Di samping itu, Indonesia dan Korea Selatan juga berharap agar kedamaian dan harmoni di Semenanjung Korea bisa terjaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Minta Dukungan Atas Keketuaan ASEAN

Indonesia Resmi jadi Ketua ASEAN 2023
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara simbolis menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN. (Sumber: ekon.go.id)

Sementara itu, Presiden Jokowi turut meminta dukungan Korea Selatan atas keketuaan ASEAN yang pada tahun ini dipegang oleh Indonesia.

"Permintaan dari Bapak Presiden Jokowi kepada Ketua DPR Korea dan pemerintah Korea untuk mendukung keketuaan atau presidensi keketuaan KTT ASEAN saat ini dipegang oleh Indonesia atau Presiden Jokowi," tutur Puan.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya