Top 3 News: Sahroni dan Jajaran Dipanggil Surya Paloh ke DPP NasDem Usai Johnny G. Plate Resmi Jadi Tersangka

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah resmi menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Partai NasDem pun angkat bicara. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiJonathan Pandapotan PurbaDelvira HutabaratFachrur Rozie diperbarui 18 Mei 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2023, 08:30 WIB
Kejaksaan Agung (Kejagung) telah resmi menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Partai NasDem pun angkat bicara. Itulah top 3 news hari ini.
Kejaksaan Agung (Kejagung) telah resmi menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Partai NasDem pun angkat bicara. Itulah top 3 news hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) telah resmi menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Partai NasDem pun angkat bicara. Itulah top 3 news hari ini.

Menkominfo Johnny G. Plate sendiri ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai dengan 2022.

Terkait hal tersebut, Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni menyatakan, pihaknya pasti menaati proses hukum. Menurut Sahroni pihaknya menunggu arahan dari Ketua Umum Surya Paloh terkait sikap resmi partai. Sementara terkait reshuffle hal itu diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki wewenang.

Sementara itu, mantan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid akhirnya membongkar proses penangkapan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi.

Diketahui, Harun dijuluki Raja OTT oleh Firli Bahuri saat masih menjabat Deputi Penindakan KPK. Dalam podcast bersama eks Kasatgas Penyidikan KPK Novel Baswedan, Harun Al Rasyid menceritakan awal mula penangkapan Romi.

Menurut Harun, penangkapan Romi berdasarkan informasi dari orang dalam di Kementerian Agama (Kemenag) berkaitan dengan suap jual beli jabatan di Kemenag.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang turut menonton laga final sepak bola SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 melawan timnas Thailand di Rumah Dinas Walikota Medan, Selasa 16 Mei 2023.

Jokowi pun terlihat sangat senang melihat kemenangan Indonesia atas Thailand di SEA Games 2023. Puncak antusiasme bahagia saat itu terlihat ketika timnas Indonesia kembali bangkit pada masa extra time yang berhasil mencetak tiga gol sekaligus, yang akhirnya membawa Indonesia menang dengan skor akhir 5-2 melawan Thailand.

Sebagai bentuk perayaan kemenangan timnas Indonesia dalam laga tersebut, Jokowi pun kemudian mengajak seluruh rombongan yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya untuk makan durian bersama.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 17 Mei 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Johnny G. Plate Jadi Tersangka, Sahroni dan Jajaran Dipanggil Surya Paloh ke DPP NasDem

Kejaksaan Agung menetapkan Menkominfo Johnny G Plate sebagai tersangka.
Kejaksaan Agung menetapkan Menkominfo Johnny G Plate sebagai tersangka. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai dengan 2022.

Terkait hal itu, Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni menyatakan, pihaknya pasti menaati proses hukum.

“Kita ikuti proses hukum. Dan siapapun yang terkait dengan hukum kita taat pada hukum. Saya baru ditelepon ketum dan langsung ke DPP tinggal tunggu arahan beliau,” kata Sahroni di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu 17 Mei 2023.

Menurut Sahroni pihaknya menunggu arahan dari Ketua Umum Surya Paloh terkait sikap resmi partai. Sementara terkait reshuffle hal itu diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki wewenang.

 

Selengkapnya...


2. Mantan Raja OTT KPK Ungkap Proses Penangkapan Romahurmuziy: Informasi A1 Orang Dalam

Penyelidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid
Penyelidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid. (dok Harun Al Rasyid)

Mantan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid akhirnya membongkar proses penangkapan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi.

Diketahui, Harun dijuluki Raja OTT oleh Firli Bahuri saat masih menjabat Deputi Penindakan KPK.

Dalam podcast bersama eks Kasatgas Penyidikan KPK Novel Baswedan, Harun Al Rasyid menceritakan awal mula penangkapan Romi.

Menurut Harun, penangkapan Romi berdasarkan informasi dari orang dalam di Kementerian Agama (Kemenag) berkaitan dengan suap jual beli jabatan di Kemenag.

"Untuk kasus ini seperti yang saya sampaikan tadi, ada informasi dugaan, ada penyelenggara negara yang akan menerima suap. Informasi itu datang dari dalam institusi (Kemenag). Oleh karena itu, kalau informan itu datang dari dalam, pasti nilainya A1, valid, karena dia tahu proses itu, yang merasa gerah dengan kejadian yang tidak benar," ujar Harun Raja OTT KPK dalam podcast dikutip Rabu 17 Mei 2023.

 

Selengkapnya...


3. Jokowi Ajak Menteri Makan Durian di Medan, Rayakan Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games 2023

Presiden Jokowi mengajak seluruh menteri yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya ke Medan, Sumatera Utara, untuk makan durian bersama (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi mengajak seluruh menteri yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya ke Medan, Sumatera Utara, untuk makan durian bersama (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi menonton laga final sepak bola SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 melawan timnas Thailand di Rumah Dinas Walikota Medan, Selasa 16 Mei 2023.

Jokowi pun terlihat sangat senang melihat kemenangan Indonesia atas Thailand di SEA Games 2023.

Di depan layar besar, Jokowi yang mengenakan kaus berwarna hijau terlihat beberapa kali mengangkat tangan sebagai bentuk selebrasi setiap kali timnas Indonesia berhasil mencetak gol ke gawang lawan.

Suasana saat itu sangat hangat dan bersemangat. Jokowi tampak didampingi oleh Walikota Medan Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu, dan putra sulung Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) yang juga ikut menonton.

Mereka terlihat beberapa kali bersorak antusias menyaksikan laga antara Indonesia dan Thailand tersebut yang berlangsung cukup alot pada awalnya.

 

Selengkapnya...

Infografis Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Jauh di Bawah Negeri Jiran. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Jauh di Bawah Negeri Jiran. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya