Monas Batasi Jam Operasional Pengunjung hingga Pukul 16.00 WIB

Pihak Monas masih menganalisis kemungkinan untuk memperpanjang jam operasional Monas hingga pukul 22.00 WIB, terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

oleh Mevi Linawati diperbarui 28 Jul 2024, 08:41 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 08:41 WIB
Libur dul Adha di Monas
Warga berwisata mengunjungi kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (30/6/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Pengelola Monumen Nasional (Monas) membatasi jam operasional dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap hari. Pembatasan tersebut demi keamanan dan kenyamanan pengunjung.

"Mengingat pentingnya aspek keamanan, terutama pada tahun politik ini, jam buka kawasan Monas masih dibatasi tidak sampai malam hari," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Isa Sanuri di Jakarta, Sabtu 27 Juli 2024.

Isa mengatakan, jam operasional ini telah dilakukan sejak pertengahan 2022 dan terus diberlakukan hingga kini. Menurutnya pembatasan jam operasional ini merupakan hasil kesepakatan setelah pihaknya berkoordinasi dengan instansi keamanan.

"Keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas kami," kata Isa, seperti dikutip dari Antara.

Isa mengatakan, pihaknya masih menganalisis kemungkinan untuk memperpanjang jam operasional Monas hingga pukul 22.00 WIB, terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

Ia menuturkan kajian penambahan jam operasional ini agar masyarakat Indonesia dapat menikmati keindahan kawasan Monas pada malam hari dan hiburan lainnya, tentunya tetap menjaga keamanan dan kenyamanan.

"Masih dalam analisa kami, untuk memperpanjang jam kunjungan hingga pukul 22.00 WIB pada Sabtu dan Minggu. Pastinya prioritas kami keamanan dan kenyamanan pengunjung," tandas Isa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suasana Monas Usai Perayaan Puncak HUT Jakarta

Kemeriahan Malam Puncak Perayaan HUT Jakarta ke-497
Perayaan Puncak HUT ke-497 Kota Jakarta ‘Malam Jaya Raya’ di kawasan Monas mendapat apresiasi dari warga yang datang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana area Monumen Nasional (Monas) dipenuhi warga pada akhir pekan ini, Minggu 23 Juni 2024.

Masyarakat Jakarta mengisi waktu dengan berolahraga usai puncak perayaan HUT Jakarta yang digelar pada Sabtu malam 22 Juni.

Berdasarkan pantauan, para warga mengisi waktu dengan berolahraga sambil jalan santai bersama keluarga. Mereka juga ada yang berfoto-foto sambil duduk-duduk di rumput area Monas.

Sementara itu, terlihat pula panggung-panggung konser yang tengah dibongkar oleh petugas pada perayaan HUT Jakarta semalam. Sejumlah truk masih bersiaga untuk mengangkut tiang-tiang panggung yang sudah dibuka.

Lingkungan di area Monas terlihat sudah bersih. Beberapa petugas oranye masih ada yang menyapu sampah-sampah yang tersisa di sudut-sudut Monas.

Para petugas Dishub, TNI dan Polri juga terlihat di area Monas. Mereka berjaga di depan gerbang untuk memantau aktivitas warga dan keamanan area Monas.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bagi-bagi kaos hingga sepeda kepada warga di perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu 22 Juni 2024.

Pantauan Liputan6.com, bagi-bagi kaos dilakukan Heru Budi saat berjalan dari sisi Jakarnaval menuju panggung utama puncak HUT ke-497 Jakarta. Sepanjang jalan menuju panggung utama kaos dilemparkan Heru Budi ke warga yang datang.

Adapun Heru Budi berjalan ke panggung utama ditemani para pemain dari Si Doel Anak Sekolahan. Heru mengenakan jaket boomber warna biru bergambar ondel-ondel.

Infografis Formula E 2020 Boleh di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Formula E 2020 Boleh di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya