Pimpinan MPR Akan Temui Jokowi hingga Prabowo, Kirim Undangan Pelantikan Presiden

Para pimpinan MPR akan roadshow seharian penuh pada Senin, 14 Oktober 2024 untuk mengirimkan undangan pelantikan presiden-wapres terpilih RI 2024-2029. Undangan akan dikirim ke Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto, hingga Gibran Rakabuming Raka.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 13 Okt 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2024, 21:00 WIB
Baju Adat Betawi Jokowi di Sidang Tahunan MPR
Jokowi juga menitipkan Indonesia kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto. (AP Photo/Tatan Syuflana, Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan MPR RI akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan undangan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang. Rencananya, pimpinan MPR bakal bertemu Jokowi pada Senin (14/10/2024) sekira pukul 14.00 WIB.

"Rencananya besok hari Senin pimpinan MPR akan menghadap Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan undangan secara resmi untuk mengundang Presiden RI hadir dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober di Istana Negara," kata Ketua MPR RI Ahmad Muzani di kawasan Cisauk, Tangerang, Minggu (13/10/2024).

Selain itu, pimpinan MPR RI juga akan menemui presiden terpilih Prabowo Subianto besok, pada pukul 11.00 WIB. Pertemuan itu juga untuk menyampaikan undangan pelantikan.

"Pimpinan MPR juga besok akan menghadap presiden terpilih Prabowo Subianto untuk diundang sebagai presiden terpilih untuk hadir dalam acara pelantikan presiden dan wapres," katanya.

Selanjutnya, pimpinan MPR juga akan mengundang Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada hari yang sama sekitar pukul 17.00 WIB. Sementara undangan untuk Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka akan dikirim pada malam harinya.

"Besok pimpinan MPR akan roadshow ketemu Pak Jokowi, Pak Prabowo, KH Maruf Amin dan Mas Gibran. Seharian, pimpinan MPR akan roadshow mengundang dan bertemu dengan 4 tokoh yang akan menjadi sentral kegiatan MPR pelantikan presiden dan wapres tanggal 20 Oktober," ujar Muzani.

Sekjen Partai Gerindra itu meminta doa kepada seluruh rakyat Indonesia agar pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024 nanti berjalan lancar.

"Mohon doa dan dukungan rakyat Indonesia agar seluruh proses kegoatan pelantikan presiden dan wakil presiden dapat berjalan lancar dan berjalan dengan baik," pungkasnya.

 

SBY dan JK Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Prabowo saat menyambut kedatangan SBY di Hambalang Bogor. (Istimewa)
Prabowo saat menyambut kedatangan SBY di Hambalang Bogor. (Istimewa)

Sebelumnya diberitakan, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober mendatang.

“Insyallah, mudah-mudah sehat dan bisa hadir,” kata Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Sementara itu, Wapres ke-10 dan 12 Jusuf Kalla menyatakan akan turut hadir pada pelantikan Prabowo-Gibran.

“Ya kalau diundang hadir,” kata dia.

Adapun sebelumnya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyampaikan bahwa pihaknya akan mengundang kandidat calon presiden dan wakil presiden yang turut berkompetisi dalam Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, untuk hadir dalam pelantikan pada 20 Oktober.

MPR Akan Undang Presiden Terdahulu

Jokowi Hadiri Sidang Tahunan Pakai Baju Adat Tanimbar Maluku
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melambaikan tangan saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). (Liputan6.com/Johan Tallo)

“InsyaAllah pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh-tokoh termasuk akan dihadiri selain Presiden dan Wakil Presiden terpilih, juga akan dihadiri oleh, kami akan undang kandidat Presiden, kandidat Wakil Presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 kemarin," kata Muzani, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Selain itu, Muzani menyebut MPR juga akan mengundang para Presiden dan Wakil Presiden terdahulu serta para pimpinan partai politik.

"Dan rencananya juga akan hadir sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat," ungkapnya.

Sementara terkait daftar kepala pemerintah dari negara-negara sahabat yang akan diundang, Muzani menyatakan hal itu belum bisa dipublikasi.

"Masih dalam konfirmasi terus-terus, nanti pada waktunya akan diumumkan negara mana saja yang akan diumumkan, yang akan hadir dalam pelantikan," pungkas Muzani.

Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya