Persiapan Para Menteri Kabinet Merah Putih Jelang Pembukaan Retreat di Akmil Magelang

Raja Juli mengatakan bahwa pada malam sebelum kegiatan, para anggota kabinet mempersiapkan diri dengan beristirahat agar bisa mengikuti sesi pembekalan dengan penuh konsentrasi.

oleh Tim News diperbarui 25 Okt 2024, 06:47 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 06:47 WIB
Usai Dilantik, Para Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Merah Putih Berfoto Bersama
Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto (tengah depan) bersama dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama dengan para menteri Kabinet Merah Putih yang baru saja dilantik di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 21 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Para anggota Kabinet Merah Putih akan mengikuti kegiatan retreat di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Menteri Kehutanan, Raja Juli Antoni, menyampaikan bahwa para anggota kabinet hanya membawa alat tulis berupa buku dan pulpen untuk mencatat hal-hal penting selama retreat.

"Tentu besok (hari ini) bawa buku dan pulpen untuk mencatat hal-hal penting," ujar Raja Juli kepada wartawan, Kamis (24/10/2024) malam.

Ia menambahkan bahwa pada malam sebelum kegiatan, para anggota kabinet mempersiapkan diri dengan beristirahat agar bisa mengikuti sesi pembekalan dengan penuh konsentrasi.

"Tidak ada persiapan khusus kecuali malam ini bisa istirahat dengan nyenyak agar besok bisa konsentrasi penuh mengikuti pengarahan dari Presiden dan sesi lainnya," lanjutnya.

Raja Juli juga menjelaskan bahwa pada malam tersebut, para menteri, wakil menteri, dan kepala badan mengisi waktu dengan kegiatan santai seperti makan malam bersama dan berbincang santai.

"Hanya makan malam sambil silaturahim, ngobrol-ngobrol, kemudian acara bebas, tidak ada agenda formal," ujarnya.

Menurut Raja Juli, kegiatan retreat ini hanya diikuti oleh para anggota kabinet, sementara Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka tidak ikut serta.

"Hanya menteri, wamen, serta kepala/wakil kepala badan. Pak presiden dan mas wapres tidak ikut serta," katanya.

 

Prabowo Buka Retreat

Presiden Prabowo Subianto tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024) pukul 17.34 WIB. Para anggota kabinet juga sudah tiba dan siap mengikuti Retreat Kabinet Merah Putih, Satu Visi Langsung Aksi. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Presiden Prabowo Subianto tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024) pukul 17.34 WIB. Para anggota kabinet juga sudah tiba dan siap mengikuti Retreat Kabinet Merah Putih, Satu Visi Langsung Aksi. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Diketahui, Presiden Prabowo Subianto dijadwalkan membuka kegiatan retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer pada Jumat (25/10). Prabowo tiba di kawasan Akademi Militer setelah sebelumnya para menteri, wakil menteri, dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka telah tiba lebih dulu.

Setibanya di lokasi, Prabowo disambut dengan upacara kehormatan oleh prajurit Akademi Militer, diiringi oleh penampilan marching band taruna Akmil yang memberikan suasana khidmat.

Usai prosesi penyambutan, Prabowo melanjutkan kegiatan di Borobudur International Golf yang berlokasi di kawasan Akademi Militer, menggunakan golf car.

 

Perkuat Kolaborasi dan Koordinasi

"Esok hari, Presiden Prabowo dijadwalkan membuka langsung retreat Kabinet Merah Putih. Para menteri Kabinet Merah Putih juga akan menerima pembekalan sejumlah materi," ungkap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/10).

Retreat Kabinet Merah Putih ini merupakan agenda penting yang diharapkan mampu memperkuat kolaborasi dan koordinasi antar-kementerian di bawah pemerintahan Presiden Prabowo.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis 48 Menteri dan 5 Pejabat Kabinet Merah Putih. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 48 Menteri dan 5 Pejabat Kabinet Merah Putih. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya