Tips Jitu Para Krosser Kala Motor Mati Terabas Banjir

Apa yang harus dilakukan kala motor Anda mati kala terobos genangan air? Begini tips jitu dari para krosser.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 11 Jan 2015, 12:32 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2015, 12:32 WIB
Seorang pengendara sepeda motor menerobos banjir di Jalan Sabang, Jakarta Pusat. Banjir terjadi akibat hujan deras pada Senin (8/6) siang.

Liputan6.com, Tangerang - Memasuki tahun baru 2015, hujan masih kerap mengancam di beberapa daerah Indonesia. Alhasil, jalanan pun kerap tergenang usai hujan reda.

Saat banyak genangan, tak sedikit pemotor yang nekat menerabas genangan air yang cukup dalam. Akibatnya? Andai tak beruntung, sepeda motor yang dikendarai pun mogok akibat kemasukan air.

Nah, apa yang harus dilakukan kala motor Anda mati kala terobos genangan air? Silahkan klik halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Nyalakan Mesin!

Jangan Nyalakan Mesin

Biasanya, para pemotor langsung berusaha menghidupkan kembali tunggangannya lalu berusaha membuang sisa air yang masuk ke dalam motor. Rupanya cara tersebut tidak dianjurkan karena dapat membuat kerusakan mesin.

Menurut Gigih Muarif, Ketua pelaksana Tangerang Lautan Trail 2015, langkah seharusnya saat mendapati motor mogok setelah masuk ke 'kubangan kerbau' adalah membuang sisa-sisa air yang masuk ke dalam sepeda motor terlebih dahulu.

"Saat motor mogok akibat masuk kubangan kerbau, sebaiknya buang sisa air yang masuk ke dalam sepeda motor sampai tak tersisa setelah itu motornya baru dinyalakan," ujar pria berkaca mata yang juga seorang krosser tersebut.

Lantas, bagaimana cara yang benar untuk membuang genangan air di dalam motor? Silahkan klik halaman selanjutnya. 


Buang Genangan Air

Cara Benar Buang Genangan Air

Gigih menguraikan jika pada motor dengan karburator, air dapat masuk melalui filter udara, celah pada lubang busi, maupun lubang knalpot.

Untuk air yang masuk ke karburator, Gigih menyarankan agar membuangnya melalui lubang pembuangan bensin dengan cara memutar sekrup ( - ) pada mangkuk karbu hingga bensin yang bercampur air keluar tak bersisa.

"Motor harus ditunggingkan ke belakang untuk membuang air  yang masuk lewat lubang knalpot. Motor juga di selah-selah menggunakan kick starter dengan kontak dalam posisi off sembari membuka lubang busi," urai Gigih.

Bagaimana agar motor tak mudah mogok kala terabas air? Silahkan klik halaman selanjutnya.


Lindungi Karburator

Tips Tak Mudah Kemasukan Air

Agar tidak mudah kemasukan air, Gigih menyarankan agar boks filter senantiasa tertutup rapat pada tiap sambungannya agar air tidak mudah merembes dan masuk ke dalam karburator.

"Motor injeksi cukup dilapisi sealant pada tiap soket kelistrikannya saja, karena tidak melibatkan banyak proses dalam pengabut bahan bakar seperti karburator," tandasnya. (Ysp/Des)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya