LG Lanjutkan Investasi Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik Rp 142 Triliun di Indonesia

Pemerintah terus mendorong investasi kendaraan listrik di indonesia, salah satunya dengan menjalin kesepakatan dengan LG energy Solution.

oleh Arief Aszhari diperbarui 07 Agu 2023, 01:19 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2023, 12:17 WIB
Televisi LCD LG Makan Korban, 2 Orang Tewas 4 Sekarat
Foto: Logo LG (mirror.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong investasi kendaraan listrik di indonesia, salah satunya dengan menjalin kesepakatan dengan LG Energy Solutions untuk membahas kelanjutan mega proyek antara BUMN dan LG Konsorsium.

Perusahaan asal Korea Selatan ini, berkomitmen melanjutkan realisasi investasi ekosistem baterai kendaraan listrik di Indonesia, senilai US$ 9,8 miliar atau setara dengan Rp 142 triliun.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengungkapkan apresiasinya kepada para pihak yang telah sepakat dan berkomitmen untuk melanjutkan proyek grand package kerjasama. Rencana tersebut, memang sempat terkendala setelah diterbitkannya aturan Inflation Reduction Act (IRA) di Amerika Serikat yang mempengaruhi rantai pasok bahan baku baterai kendaraan listrik dunia.

"Keputusan untuk melanjutkan proyek ini menunjukkan konsensus dan keinginan untuk mencapai tujuan bersama antara pemerintah Indonesia dengan LG Konsorsium, dalam rangka hilirisasi sumber daya alam, peningkatan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia dan penciptaan lapangan kerja," jelasnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/8/2023).

"Proyek ini merupakan proyek yang digagas hasil pertemuan kedua kepala negara Indonesia dan Korea sejak tahun 2019 yang lalu," ungkap Bahlil.

Menanggapi hal tersebut, CEO LG Energy Solutions Young Soo Kwon turut menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah Indonesia dan BUMN yang terus memberikan dukungannya bagi mega proyek ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Konsorsium

Baterai Mobil Listrik
Warna biru itu merupakan baterai di mobil listrik (Foto: Electrek).

Kwon juga mengungkapkan bahwa saat ini, pihak konsorsium siap melanjutkan diskusi pendirian perusahaan yang diharapkan mendapatkan persetujuan dari dewan direksi masing-masing anggota konsorsium. Sehingga dimungkinkan konstruksi pada 2023 ini.

"LG mengapresiasi dukungan pemerintah Indonesia dan Korea Selatan. Tanpa dukungan pemerintah sangat mustahil untuk bisa mencapai kesepakatan untuk memulai realisasi," tegas Kwon.

Lanjut Kwon, saat ini LG telah menyelesaikan hal yang tersulit dalam negosiasi antar konsorsium, yaitu penentuan pemegang saham di perusahaan patungan di setiap rantai pasok.

"Setelah tercapainya kesepakatan di struktur saham, LG konsorsium yakin negosiasi akan jauh lebih mudah dan menargetkan untuk memulai konstruksi pabrik katoda di tahun 2023," tukas Kwon.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya