Pemekaran Simalungun, Bane Raja Manalu Sampaikan Aspirasi Masyarakat ke Mahfud Md

Bane menjelaskan, pemekaran Kabupaten Simalungun sudah lama mencuat, bahkan sejak medio 1990-an, dan sangat diharapkan bisa terwujud oleh masyarakat.

oleh Tim News diperbarui 29 Jan 2024, 15:39 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2024, 11:39 WIB
calon wakil presiden, Mahfud MD, didampingi Direktur TPN, Bane Raja Manalu
Calon wakil presiden, Mahfud MD, didampingi Direktur TPN, Bane Raja Manalu saat melakukan kampanye akbar di Lapangan Kompleks Meranti Land Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu, 28 Januari 2024. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Bane Raja Manalu, menyampaikan aspirasi masyarakat tentang pemekaran Kabupaten Simalungun. Hal itu disampaikan Bane dalam kampanye akbar yang dihadiri calon wakil presiden nomor tiga, Mahfud MD, di Simalungun, Minggu (28/1/2024).

Bane menjelaskan, pemekaran Kabupaten Simalungun sudah lama mencuat, bahkan sejak medio 1990-an, dan sangat diharapkan bisa terwujud oleh masyarakat di kabupaten di Sumatera Utara tersebut. Alasan muncul keinginan pemekaran daerah itu di antaranya adalah untuk peningkatan layanan publik dan percepatan pemerataan pembangunan.

"Simalungun terbentang di 32 kecamatan, sangat luas secara geografis. Dampaknya, pelayanan publik terhambat. Dengan pemekaran, pelayanan publik akan lebih mudah dan lebih cepat,” ujar Bane.

Bane yang merupakan calon anggota DPR RI dari PDI Perjuangan untuk dapil Sumatra Utara 3 itu menyampaikan aspirasi masyarakat langsung kepada Mahfud MD, disaksikan lebih dari 10 ribu orang yang menghadiri kampanye akbar di Lapangan Kompleks Meranti Land Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun tersebut.

"Kita sampaikan pada Prof. Mahfud MD bahwa keinginan kita untuk memekarkan Simalungun agar layanan menjadi lebih baik pada publik,” ungkap Bane.

Mendengar itu, masyarakat yang hadir di lokasi langsung menimpali dengan berteriak “setuju.

"Keinginan kita memekarkan Kabupaten Simalungun agar pelayanan menjadi lebih baik. Aspirasi saudara-saudara akan dicatat Pak Mahfud MD,” pungkas alumni Universitas Indonesia tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Janji Mahfud ke Warga Simalungun

Calon wakil presiden, Mahfud MD saat menghadiri kampanye akbar di Lapangan Kompleks Meranti Land Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu, 28 Januari 2024. (Istimewa)
Calon wakil presiden, Mahfud MD saat menghadiri kampanye akbar di Lapangan Kompleks Meranti Land Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu, 28 Januari 2024. (Istimewa)

Puluhan ribu masyarakat Siantar-Simalungun  menghadiri kampanye akbar calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dilaksanakan di Lapangan Kompleks Meranti Land Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu, 28 Januari 2024.

Kampanye tersebut dihadiri langsung calon wakil presiden, Mahfud MD, didampingi Direktur TPN, Bane Raja Manalu. Mahfud MD tiba di lokasi acara sekira pukul 10.00 WIB disambut antusias masyarakat pendukungnya.

Dalam kampanye Akbar tersebut, Mahfud MD mengajak masyarakat datang ke TPS pada 14 Februari 2024 Dan menggunakan hak pilihnya.

"Kalau nanti kami diberikan amanah kami punya 21 program unggulan untuk kesejahteraan rakyat. Salah satunya adalah perlindungan terhadap Hak Asasi Manusia. Tidak boleh ada pelanggaran HAM di negara ini. Kita harus menjamin hak-hak masyarakat, dan hak-hak konstitusional,” ujarnya, disambut tepuk tangan ribuan pendukung. 

Kenyamanan dan keamanan beribadah juga menjadi hak warga negara, termasuk dalam mendirikan rumah ibadah. "Melaksanakan ibadah itu bukan berdasarkan hitung-hitung jumlah pemeluk. Jangan karena lebih banyak pemeluknya, lalu diistimewakan,” katanya. 

Program lainnya, kata Mahfud, yaitu menyediakan 17 juta lapangan pekerjaan, agar masyarakat yang lebih muda mendapatkan pekerjaan lebih layak dan hidupnya bisa lebih sejahtera.  "Lapangan kerja tidak bisa dibangun secara sendiri. Perlu infrastruktur yang baik, maka dari itu kami akan membangun infrastruktur sebagai pendukung," ucapnya.

Masih kata Mahfud, dalam hal pertanian juga disiapkan program untuk peningkatan produktivitas pertanian, kesejahteraan pertanian, hingga penghapusan kredit macet bagi petani.

“Pesan saya kepada semua yang tidak sempat hadir bahwa Ganjar-Mahfud datang membawa kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Coblos nomor urut 3 Ganjar-Mahfud," ungkap Mahfud.

Infografis Survei Indikator Politik - Liputan6 SCTV Elektabilitas Anies, Prabowo, Ganjar
Infografis Survei Indikator Politik - Liputan6 SCTV Elektabilitas Anies, Prabowo, Ganjar (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya