Hujan Deras, Lapas Kelas II A Manado Ikut Terendam Banjir

Mulai dari pemukiman warga, pusat perbelanjaan, jalan raya, perkantoran hingga fasilitas umum lainnya direndam banjir. Salah satunya adalah Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Manado.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 27 Jan 2023, 15:25 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 15:21 WIB
Ronald Lumbuun bersama jajarannya saat memantau kondisi banjir yang merendam Lapas Kelas II A Manado, Jumat (27/1/2023).
Ronald Lumbuun bersama jajarannya saat memantau kondisi banjir yang merendam Lapas Kelas II A Manado, Jumat (27/1/2023).

Liputan6.com, Manado - Hujan deras yang terjadi di Kota Manado dan sekitarnya sejak Kamis (26/1/2023) tengah malam, membuat sejumlah kawasan di ibu kota Provinsi Sulut itu terendam banjir.

Mulai dari pemukiman warga, pusat perbelanjaan, jalan raya, perkantoran hingga fasilitas umum lainnya direndam banjir. Salah satunya adalah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Manado.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulut Ronald Lumbuun didampingi Kepala Divisi Administrasi John Batara, Kepala Divisi Pemasyarakatan I Putu Murdiana, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Rudy Pakpahan turun langsung meninjau kondisi Lapas Kelas II A Manado.

Lumbuun menyebutkan kunjungan itu untuk memeriksa kondisi Lapas Kelas II A Manado dan mengecek setiap bagian yang terendam banjir tersebut.

"Dari hasil pantauan yang dilakukan, kami segera meminta petugas untuk mengedepankan keamanan dan keselamatan para warga binaan," ujar putra mantan Hakim Agung Gayus Lumbuun ini.

Lumbuun meminta petugas lapas menyiapkan langkah-langkah antisipasi dengan memitigasi risiko dalam menghadapi keadaan banjir serta memastikan keamanan warga binaan.

Saat melihat kondisi kamar hunian, ia berpesan kepada penghuni untuk menjaga ketertiban dan keamanan di dalam Lapas, terutama mengantisipasi gangguan kesehatan pasca-banjir.

"Antisipasi segala kemungkinan yang terjadi setelah banjir, baik aspek keamanan dan ketertiban serta kesehatan," ujarnya.

Turut mendampingi Lumbuun dalam peninjauan itu Kepala Bagian Program dan Humas Noldy Sahabati bersama Kasubbag Humas RB dan TI James Kaihatu.

 

Simak juga video pilihan berikut: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya