Terima Usulan Penelitian, Kepala BSKDN Harapkan Daerah Lain Tiru Langkah Serupa

Usulan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti menjadi fokus penelitian yang akan dikerjakan BSKDN bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Jun 2023, 22:27 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023, 19:21 WIB
Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo (Istimewa)
Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerima sejumlah usulan topik penelitian dari berbagai daerah termasuk komponen Kemendagri. Usulan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti menjadi fokus penelitian yang akan dikerjakan BSKDN bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

 

Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo mengatakan, hingga per tanggal 15 Juni 2023 ada 7 perangkat daerah yang mengurusi kelitbangan yang telah mengusulkan topik penelitian.

Mereka di antaranya Bappelitbangda Provinsi Jawa Barat, Bappeda Provinsi Bengkulu, Balitbangda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Bappeda Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah, Bappeda Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur, Bappelitbang Kota Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau, dan Bappelitbang Kota Bandung.

"Kami harap daerah lainnya yang belum, segera menyampaikan usulannya. Kami sangat menunggu partisipasi setiap daerah, harapannya kami akan segera menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) secepatnya terkait penelitian ini," ungkapnya saat memimpin Rapat Usulan Topik Permasalahan Lingkup Kemendagri dan Pemerintah Daerah yang berlangsung secara daring dan luring dari Aula BSKDN pada Kamis, 15 Juni 2023.

Yusharto mengatakan, rencana kerja sama penelitian dengan BRIN dilakukan untuk mensinergikan kajian atau penelitian antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Hasil penelitian ini nantinya dapat menjadi bahan rekomendasi kepada pimpinan dalam menyusun kebijakan.

Sejalan dengan itu, Sekretaris BSKDN Kurniasih menyebutkan sejumlah komponen Kemendagri yang telah mengusulkan topik penelitian yang perlu menjadi perhatian. "Hari ini Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah juga sudah menyampaikan masukannya kepada kami, begitu pun dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, semoga segera disusul komponen lainnya besok," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya