Momen Gibran Bereskan Meja Kerja Usai Mundur dari Wali Kota Solo Curi Perhatian Warganet

Video aktivitas Gibran mengemas barang-barangnya usai melepas jabatan Wali Kota Solo mengundang banyak komentar warganet.

oleh Ahmad Apriyono diperbarui 18 Jul 2024, 09:35 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 09:35 WIB
Gibran Rakabuming Bereskan Meja Kerja Usai Mundur dari Wali Kota Solo, Tumpukan Barang-Barangnya Jadi Sorotan
Gibran Rakabuming Bereskan Meja Kerja Usai Mundur dari Wali Kota Solo, Tumpukan Barang-Barangnya Jadi Sorotan.  foto: Youtube berita surakarta 

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka akhirnya membacakan surat pengunduran diri sebagai wali kota Solo pada rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Surakarta di Solo, Jawa Tengah, Rabu (18/7/2024). Wakil presiden terpilih Pemilu 2024 bakal pindah ke Jakarta dan akan mulai fokus menjalankan tugas sebagai pendamping presiden terpilih Prabowo Subianto. 

"Bersama ini saya mengajukan pengunduran diri sebagai Wali Kota Surakarta masa jabatan 2021-2024 dengan ditetapkannya wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024. Demikian untuk dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya," kata Gibran dalam rapat kemarin.

Gibran juga telah mengemas barang-barangnya selama bertugas di ruangan Kantor Wali Kota Solo. Yang membuat salah fokus, meja kerja Gibran dipenuhi banyak koleksi mainan, mulai dari lego hingga tamiya. Video aktivitas Gibran mengemas barang-barangnya usai melepas jabatan Wali Kota Solo itu pun mengundang banyak komentar warganet. Di antaranya bahkan ada yang mengomentarinya secara sinis. 

"Orang mah beresin buku dan berkas, ini mainan, biar kelihatan apa?" komentar warganet.

"Itu kantor wali kota atau toko mainan?" kata seorang warganet.

"Hancur negara ini, negara jadi mainan," tulis komentar warganet lainnya. 

"Gak mau bela Gibran tapi gak ada salahnya dengan membawa a piece of your hobby ke mana pun kamu berada, selama kerjaan lancar dan tidak mengganggu pekerjaan," komentar warganet lain.

"Dia ingin ngasih tahu kalau selama jadi walkot walaupun sambil main, dia bisa kerja," kata yang lain.  

Sebelumnya Ketua DPRD Kota Surakarta Budi Prasetyo menyatakan DPRD Kota Surakarta menyetujui draf pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka dari jabatan Wali Kota Surakarta hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 di kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Yang kedua, dikatakannya, DPRD Kota Surakarta menyampaikan usulan pemberhentian dengan hormat di Gibran Rakabuming Raka dari jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Tengah.

"Yang ketiga menyampaikan usulan pengangkatan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa sebagai Wali Kota Surakarta selama sisa masa jabatan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kenang-Kenangan Keris

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, DPRD Kota Surakarta juga menyerahkan kenang-kenangan berupa keris kepada Gibran Rakabuming Raka.

Budi mengatakan diberikannya keris merupakan wujud apresiasi dari DPRD Kota Surakarta yang sudah menjadi mitra kerja Pemkot Surakarta.

"DPRD Kota Surakarta dengan Pemkot Surakarta sudah bermitra selama kurang lebih 3,5 tahun," katanya.

Ia berharap ke depan tugas-tugas yang dijalankan oleh Gibran Rakabuming Raka akan makin baik dan juga berdampak baik bagi masyarakat Indonesia, termasuk Kota Surakarta.

"Filosofinya keris itu bisa kebangkitan ekonomi rakyat Indonesia, Surakarta. Kami berharap Kota Solo juga akan makin jaya ke depannya. Keris ini wujud kerja keras, rendah hati, ikhlas, dan selalu ingat masyarakat Kota Surakarta," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya