Musisi Charly van Houten Diusung PAN Jadi Bakal Calon Wakil Bupati Sukabumi

Artis sekaligus musisi tanah air Charly Van Houten mantap maju di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi. Charly diusung Partai Amanat Nasional dampingi Hasim Adnan sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.

oleh Fira Syahrin diperbarui 07 Agu 2024, 23:18 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 22:45 WIB
Hasim Adnan sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024 dengan Charly Vanhoutten yang merupakan kader PAN sebagai wakilnya (Liputan6.com/Istimewa).
Hasim Adnan sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024 dengan Charly Vanhoutten yang merupakan kader PAN sebagai wakilnya (Liputan6.com/Istimewa).

Liputan6.com, Sukabumi - DPP Partai Amanat Nasional (PAN) mengeluarkan surat rekomendasi Hasim Adnan sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi 2024-2029 dengan Charly Van Houten yang merupakan kader PAN sebagai wakilnya.

Hasim Adnan yang merupakan Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sukabumi, membenarkan kabar tersebut tertuang dalam surat bernomor 1357/PILKADA/VIII/2024 partai berlambang matahari terbit itu.

"Saya dengan Charly masih terus komunikasi, merespons bagaimana reaksi publik Kabupaten Sukabumi terkait meme dan foto beredar antara saya dengan kang Charly, sehingga menandakan ada respons positif,” ujar Hasim dalam keterangannya, Rabu (7/8/2024). 

“Artinya ketika nama saya dipasangkan dengan Charly ada respon luar biasa bagi publik bagi beberapa pihak yang kemudian punya kepentingan berbeda mengusung Bacalon Bupati dan wakilnya," sambung dia.

Menurut Hasim, sejauh ini sudah ada dua poros yang terbentuk dan menyatakan deklarasi calon bupati dalam Pilkada 2024. Yakni, Golkar dan PPP untuk Asep Japar serta deklarasi PKS, Demokrat dan menyusul Gerindra untuk mendukung Iyos Somantri.

"Peluang koalisi, kita dengan PAN sudah cukup 10 kursi, yang mana PKB 7 kursi PAN 3 kursi di parlemen. Ini sudah memenuhi syarat minimal untuk dicalonkan dan mencalonkan sebagai pasangan," ungkapnya.

Dia juga mengomentari soal bergabungnya Gerindra yang sebelumnya mendukung Asep Japar ke koalisi di Teras Muara yang mendukung Iyos Somantri, satu barisan bersama Demokrat dan PKS.

"Pertama isu dan cerita soal calon bupati yang mengemuka selama ini tidak ada progres, baru setelah saya mendapat surat rekomendasi dari tim Pilkada DPP PAN dan itu berpasangan dengan Charly lalu ada reaksi," kata Hasim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasim Menilai Munculnya Charly Jadi Dinamika Positif

Menurut Hasim, munculnya sosok musisi Charly Van Houten di dalam perhelatan Pilkada 2024 Sukabumi memberikan dinamika tersendiri yang dinilai positif untuk demokrasi.

"Fenomena ini menjadi menarik, sehingga dinamika politik di Kabupaten Sukabumi tidak stagnan menemukan alurnya masing-masing pada akhirnya. Sehingga ketika surat dari tim Pilkada DPP PAN itu beredar menimbulkan reaksi yang menurut saya menjadi dinamika tersendiri, dan saya kira positif buat demokrasi di Kabupaten Sukabumi ke depannya," tutur dia.

Terpisah, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Mansurudin membenarkan bahwa saat ini ada kemungkinan terbentuknya poros ke tiga dari deklarasi yang sudah lebih dulu muncul.

Mansurudin mengatakan, sosok Hasim sendiri telah mengikuti tahapan dan mekanisme partai mulai dari DPD hingga DPC.

"Ketika dapat surat tugas dan bahkan surat tugas itu sudah berdua dengan kader PAN Charly Van Houtten, hanya kami masih di tatanan yang ada kita mengusung satu perahu," ucap Mansurudin.

"Surat tugas DPP PKB dan PAN, deklarasi belum kita konsolidasi ke dalam, apalagi ke luar, Insya Allah (cocok), bisa tiga bisa empat poros kemungkinan nanti. Insya Allah (PAN dan PKB) poros baru, kuota parlemen sudah pas," sambung dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya