Nikmatnya Kue Keyabu, Cita Rasa Tradisional Gorontalo yang Legendaris

Kue Keyabu memiliki sentuhan aroma pandan yang harum, dibungkus rapi dalam daun pisang, dan diisi dengan gula merah yang terbuat dari gula aren murni.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 10 Sep 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2024, 07:00 WIB
Kue Koyabu atau orang Gorontalo menyebutnya Keyabo foto:Istimewa (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Kue Koyabu atau orang Gorontalo menyebutnya Keyabo foto:Istimewa (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Bagi pecinta kuliner tradisional, Gorontalo menawarkan sajian istimewa yang tak boleh dilewatkan. Namanya Kue Keyabu. Kue khas tanah serambi madinah ini terbuat dari singkong parut ini memikat hati para wisatawan dengan kelezatannya yang sederhana namun memukau.

Kue Keyabu memiliki sentuhan aroma pandan yang harum, dibungkus rapi dalam daun pisang, dan diisi dengan gula merah yang terbuat dari gula aren murni. Proses pembuatannya yang dikukus, membuat kue ini terasa lembut, manis, dan menggugah selera.

Kue Keyabu, atau yang sering disebut Keyabo, menjadi salah satu kuliner tradisional yang digemari oleh para pengunjung yang datang ke Gorontalo.

Bahan utamanya, ubi kayu atau singkong, diolah secara alami dengan parutan halus yang kemudian diberi tambahan aroma pandan.

Gula merah dari aren yang legit menyempurnakan rasa manis kue ini. Itulah mengapa jika kue ini menjadi salah satu camilan favorit untuk menemani waktu santai.

"Saya asli Gorontalo, tapi saya sudah lama di Jakarta, kalau datang ke Gorontalo pasti nyari kue Keyabu ini. Pokoknya kue ini merindukan," kata Linda

Bagi wisatawan yang ingin merasakan nuansa kuliner tradisional Gorontalo, Kue Keyabu menjadi pilihan tepat. Salah seorang wisatawan asal Ternate, Andini, mengungkapkan rasa kagumnya setelah mencicipi kue ini.

"Saya suka bagaimana kesederhanaan kue ini bisa membawa rasa yang begitu dalam. Rasa manisnya pas, dan teksturnya lembut. Ini benar-benar mengingatkan saya pada camilan-camilan tradisional yang autentik, dan rasanya beda dari yang biasa saya temukan di kota besar," ujar Andini.

Selain Andini, wisatawan asal Surabaya, Bambang, juga mengutarakan hal yang sama. Menurutnya, Kue Keyabu sangat unik sekali.

"Saya tertarik dengan perpaduan singkong parut yang lembut dengan gula merah aren yang lumer di dalamnya," ujarnya.

Rasanya sungguh kaya dan alami, tanpa bahan pengawet atau rasa buatan. Cocok untuk siapa saja yang ingin merasakan cita rasa Nusantara yang asli dari timur Indonesia.

"Memang kuliner Gorontalo juga tidak ada duanya," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kuliner Autentik Gorontalo

Dengan cita rasanya yang menggoda, Kue Keyabu tak hanya disukai oleh wisatawan lokal, tetapi juga menarik perhatian pelancong mancanegara. Proses pembuatannya yang tradisional dan penggunaan bahan alami menjadikan kue ini pilihan yang sehat sekaligus lezat.

Tak heran, Kue Keyabu semakin populer di kalangan pengunjung yang mencari pengalaman kuliner autentik di Gorontalo. Camilan ini kerap menjadi oleh-oleh favorit untuk dibawa pulang ke kota asal, sekaligus menjadi simbol kekayaan kuliner daerah yang lestari.

Jika Anda berkunjung ke Gorontalo, pastikan untuk mencicipi Kue Keyabu. Rasanya yang memanjakan lidah akan membawa Anda kembali ke masa lalu, merasakan kehangatan budaya Gorontalo dalam setiap gigitan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya