BJB Sekuritas Jadi Perusahaan Efek Daerah Pertama di RI Bakal Dongkrak Literasi Pasar Modal

Untuk melakukan perdagangan di bursa, perusahaan efek daerah (PED) harus bekerja sama dengan anggota bursa yang disebut dengan AB sponsor PED.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 08 Okt 2021, 10:01 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2021, 10:01 WIB
Terjebak di Zona Merah, IHSG Ditutup Naik 3,34 Poin
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). Sejak pagi IHSG terjebak di zona merah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT BJB Sekuritas Jawa Barat menjadi Perusahaan Efek Daerah (PED) Pertama di Indonesia, dengan PT Mandiri Sekuritas sebagai Anggota Bursa Sponsor Pertama di BEI. Keduangan telah mendapatkan perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi menuturkan, perusahaan efek daerah atau PED merupakan perusahaan efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang efek yang mengadministrasikan rekening efek nasabah. PED khusus didirikan dalam suatu wilayah tertentu.

"PED bukan merupakan anggota bursa maupun anggota kliring. Namun merupakan partisipan dari KSEI dan KPEI,” kata Inarno dalam Pembukaan Perdagangan PT Mandiri Sekuritas dan BJB sekuritas selaku AB Sponsor PED, Jumat (8/10/2021).

Dalam melakukan perdagangan di Bursa, PED harus bekerja sama dengan anggota bursa atau yang disebut dengan AB sponsor PED.

Kehadiran PED dalam pasar modal Indonesia merupakan salah satu wujud dari sinergi antara pasar modal dengan daerah yang diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut melalui penciptaan lapangan pekerjaan baru.

“Juga mengakselerasi pertumbuhan dan pemerataan jumlah investor ritel, serta meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal di daerah mencegah atau meminimalisasi terjadinya investasi bodong,” imbuhnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sinergi Pusat dan Daerah

IHSG Menguat 11 Poin di Awal Tahun 2018
Layar indeks harga saham gabungan menunjukkan data di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Angka tersebut naik signifikan dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencatat penutupan perdagangan pada level 5.296,711 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dengan efektifnya Perizinan AB PT Mandiri sekuritas dengan sponsor PED, PT BJB sekuritas Jawa Barat dapat mulai melakukan perdagangan di Bursa.

Inarno menambahkan, momen ini juga merupakan simbol terbentuknya sinergi pusat dengan daerah dalam membangun industri pasar modal ke depan.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen PT Mandiri sekuritas untuk terus mendorong perkembangan pasar modal Indonesia dengan menjadi AB Sponsor PED pertama di Bursa,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya