Piala Dunia 2022: Nike Kalahkan Adidas Terkait Sponsor Perlengkapan Olahraga

Pada 2022, Adidas hanya menjadi sponsor tujuh negara di Piala Dunia Qatar. Ini ketiga kalinya Nike ungguli Adidas, dan selisih terbesar yang pernah dipegang Nike.

oleh Agustina Melani diperbarui 20 Nov 2022, 20:51 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2022, 16:30 WIB
Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Kualifikasi Piala Dunia 2022
Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Kualifikasi Piala Dunia 2022 (Bola.com/Lamya Dinata/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta - Saat Piala Dunia 2022 di Qatar dimulai akhir pekan ini, 13 dari 32 negara peserta yang akan memakai kaus yang disediakan oleh Nike paling banyak dari sponsor pakaian olahraga mana pun.

Pada 2022, Adidas hanya menjadi sponsor tujuh negara di Piala Dunia Qatar. Ini ketiga kalinya Nike ungguli Adidas, dan selisih terbesar yang pernah dipegang Nike atas rival olahraganya.

Sponsor Piala Dunia Qatar

Negara-negara yang ikut turnamen olahraga ini dengan kesepakatan oleh Nike termasuk negara tuan rumah, Amerika Serikat, Brasil, Inggris dan Prancis. Popularitas Nike dengan mengorbankan Adidas yang pada puncak dominasinya melengkapi hampir dua pertiga tim di Piala Dunia 1990 di Italia.

Kesepakatan lisensi kit sangat penting bagi perusahaan pakaian olahraga sebagai upaya mengambil bagian dari pasar merchandise olahraga berlisensi global senilai USD 30 miliar atau sekitar Rp 470,41 triliun (asumsi kurs Rp 15.680 per dolar AS).

Selama beberapa dekade, Adidas telah menjadi nama utama pada perlengkapan piala dunia. Perseroan sponsori sembilan dari 16 tim di Piala Dunia FIFA 1974 di Jerman dan melanjutkan dominasinya hingga kini.

Nike, yang relatif terlambat sponsori perlengkapan sepakbola pertama kali memasuji ajang piala dunia pada 1998 ketika sponsori lima tim yang berkompetisi di Prancis. Nike pun terus dongkrak pangsa pasarnya.


Tanggapan Adidas

Bola sepak Adidas Telstar 1970
Bola sepak Adidas Telstar 1970 jadi dasar pengembangan paneling bola sepak modern.

Seorang juru bicara Adidas menyebutkan perseroan diuntungkan dari prestise tim yang bermain dengan kaus bermotif tiga garis tersebut.

“Ini bukan hanya tentang kuantitas tetapi juga kualitas,” ujar Juru Bicara Adidas, Stefan Purshe, jelang Piala Dunia Qatar, dikutip dari Arabian Business, Minggu (20/11/2022).

Adidas melengkapi empat tim di antara favorit teratas untuk gelar antara lain Argentina, Spanyol, Belgia dan Jerman. Berdasarkan peringkat yang dibuat FIFA, enam dari tujuh negara yang bermain dengan jersey Adidas berada di antara 20 tim teratas dunia.

Nike juga mensponsori tim perangkat teratas, tujuh negara yang diperlengkapi di Piala Dunia Qatar termasuk di antara 20 besar, tetapi juga terikat dengan tim peringkat lainnya antara lain Qatar dan Arab Saudi.

Namun, Nike memiliki satu keuntungan besar, Brasil yang telah menenangkan gelar terbanyak dan disukai oleh pakar untuk menang lagi pada 2022.

Enam tim akan mengenakan kit dari Puma, Hummel, Kappa, Maji, Marathon, New Balance, dan One All Sports masing-masing memiliki satu tim di kaus mereka.

Piala Dunia Qatar berada di jalur tepat untuk menjadi turname FIFA yang paling menguntungkan sepanjang masa. Hal ini karena berada di jalur tepat untuk memecahkan rekor USD 5,4 miliar atau sekitar Rp 84,67 triliun dari turnamen 2018 di Rusia.


Ini Tema Upacara Pembukaan Piala Dunia Qatar 2022

Piala Dunia 2022 - Opening Ceremony Piala Dunia 2022
Piala Dunia 2022 - Opening Ceremony Piala Dunia 2022 (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Sebelumnya diberitakan, Piala Dunia Qatar 2022 akan resmi dibuka pada Minggu (20/11) malam WIB. Upacara pembukaan pesta sepak bola akbar empat tahunan itu akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar.

Mata pecinta sepak bola di seluruh dunia akan menuju ke Qatar. Karena, ini pertama kalinya Piala Dunia digelar di Timur Tengah dan dunia Arab.

Upacara pembukaan berlangsung selama 30 penuh dan bakal penuh kejutan. Aksi utama acara ini adalah bintang pop Korea Selatan Jungkook BTS yang akan menyanyikan lagu resmi Piala Dunia 2022 Dreamer dan penyanyi Qatar Fahad Al-Kubaisi.

Seperti dilansir laman resmi FIFA, tema upacara pembukaan Piala Dunia ialah kebersamaan untuk seluruh umat manusia, menjembatani perbedaan melalui kemanusiaan, rasa hormat dan inklusi. Sepak bola memungkinkan umat manusia untuk bersatu sebagai satu suku dan bumi adalah tenda tempat semua hidup.

Program tujuh babak akan dipimpin oleh talenta kelas dunia yang menjalin tradisi Qatar dengan budaya dunia. Agenda ini akan menyertakan penghargaan kepada 32 tim yang bersaing, tuan rumah Piala Dunia sebelumnya, dan sukarelawan acara.

Bersama ratusan penampil, Duta Piala Dunia FIFA Ghanim Al Muftah dan penyanyi Qatar Dana akan mendorong dialog tentang inklusi dan keberagaman.

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar dapat disaksikan langsung di SCTV muilai pukul 21:45 WIB.


Putra Mahkota Arab Saudi Tiba di Qatar untuk Nonton Piala Dunia 2022

Pangeran Mohammed bin Salman
Mohammed bin Salman ditunjuk jadi putra Mahkota Arab Saudi (Foto:Hassan Ammar/AP)

Sebelumnya diberitakan, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MbS), telah tiba di Qatar untuk menyaksikan pembukaan Piala Dunia 2022. Pangeran MbS tiba di Doha pada Minggu (20/11/2022). 

Berdasarkan pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran MbS mendapatkan undangan dari Emir Qatar.

"Yang Mulia Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz, Putra Mahkota dan Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi tiba di Negara Qatar hari ini, Minggu, atas undangan Yang Mulia Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Emir Negara Qatar untuk menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia FIFA 2022," tulis pernyataan Kemlu Arab Saudi melalui Twitter resmi mereka.

Pangeran MbS sebetulnya baru kembali dari Kerajaan Thailand untuk menghadiri APEC. Sebelumnya, ia juga datang ke Indonesia untuk G20 Summit, serta berkunjung ke Korea Selatan untuk berbincang dengan Presiden Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Han Duck Soo.

Begitu tiba di Qatar, Pangeran MbS disambut oleh sejumlah menteri Arab Saudi, beberapa di antaranya Menteri Energi Pangeran Abdulaziz bin Salman, Menteri Negara Pangeran Turki bin Mohammed, Menteri Dalam Negeri Pangeran Abdulaziz bin Saud, Menteri Garda Nasional Pangeran Abdullah bin Bandar, Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal, dan Menteri Investasi Majid bin Abdullah Al-Qasabi.

Berdasarkan laporan Saudi Gazette, pembuka Piala Dunia 2022 akan dilaksanakan di Al Baty Stadium yang berlokasi di kota Al Khor. Jarak kota itu sekitar 35 kilometer dari ibu kota Qatar, Doha.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya