Bursa Saham Asia Melejit Usai Libur Panjang Paskah

Bursa saham Asia Pasifik melesat pada perdagangan Senin, 10 April 2023 setelah libur panjang Paskah 2023.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 10 Apr 2023, 09:06 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2023, 08:22 WIB
Bursa Saham Asia Pasifik Menguat Hari Ini 10 April 2023
Bursa saham Asia Pasifik menguat pada perdagangan Senin, 10 April 2023 usai libur panjang Paskah. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Asia Pasifik sebagian besar menguat pada perdagangan Senin, (10/4/2023). Hal ini seiring investor kembali usai libur panjang Paskah.

Dikutip dari CNBC, indeks Nikkei 225 dibuka menguat 0,65 persen, dan indeks Topix bertambah 0,8 persen. Indeks Kospi Korea Selatan menanjak 0,41 persen. Namun, indeks Kosdaq melemah 0,2 persen. Sementara itu, bursa saham Australia dan Hong Kong masih libur peringati Paskah hingga Senin pekan ini.

Di sisi lain, India akan rilis gambaran rilis defisit fiskal pada Maret 2023, serta data perdagangan Maret. Sedangkan penjualan ritel India pada Februari juga akan dirilis. Pekan lalu, bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street menguat pada Kamis, 6 April 2023.

Indeks S&P 500 naik 0,36 persen. Sedangkan indeks Nasdaq bertambah 0,76 persen yang didorong kenaikan saham Alphabet dan Microsoft.Indeks Dow Jones naik 2,57 poin ke posisi 33.485,29 setelah sempat merosot lebih dari 150 poin.

Pada Jumat pekan lalu, Samsung Electronics perkirakan laba operasi kuartal I 2023 turun menjadi 600 miliar won atau sekitar USD 455 juta. Laba operasi itu turun 95,7 persen dari periode sama tahun lalu 14,12 triliun won. Pendapatan diprediksi susut hampir 20 persen dibandingkan tahun lalu 63 triliun won. Saham Samsung dibuka naik 3,2 persen di tengah prediksi perseroan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pasar Saham Asia pada 7 April 2023

Rudal Korea Utara Bikin Bursa Saham Asia Ambruk
Seorang wanita berjalan melewati sebuah indikator saham elektronik sebuah perusahaan sekuritas di Tokyo (29/8). Akibat peluncuran rudal Korea Utara yang mendarat di perairan Pasifik saham Asia menglami penurunan. (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

Sebelumnya, pasar saham Asia menguat, di mana bursa di Tokyo dan Seoul diperdagangkan lebih tinggi pada hari Jumat di tengah sesi perdagangan yang sepi. Itu karena sebagian besar pasar tutup untuk liburan di wilayah Asia-Pasifik.

Melansir laman CNBC, Jumat (7/4/2023), di Bursa Asia, tercatat indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,27 persen dan Topix naik 0,4 persen. Di Korea Selatan, Kospi naik 1 persen dan Kosdaq naik 0,74 persen. Australia, Hong Kong, Cina daratan, Singapura, dan India ditutup.

Investor akan menantikan laporan nonfarm payrolls AS yang dirilis pada hari Jumat, yang akan membantu menentukan arah ke depan untuk Federal Reserve.

Ini mengikuti laporan ADP minggu ini yang menunjukkan gaji swasta AS tumbuh kurang dari yang diharapkan pada bulan Maret.

Sebuah laporan Departemen Tenaga Kerja pada pekan ini, juga menunjukkan jumlah posisi pekerjaan yang tersedia turun di bawah 10 juta pada Februari untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun. PHK juga melonjak hampir lima kali lipat sepanjang tahun ini dari tahun lalu.

Di Wall Street, saham berakhir lebih tinggi pada Kamis, didukung oleh teknologi dengan Nasdaq Composite naik 0,76 persen seiring lonjakan saham Google-parent Alphabet dan Microsoft.

Indeks S&P 500 naik 0,36 persen setelah memangkas kerugian sebelumnya, mengalami penurunan pertama dalam empat minggu sementara Dow Jones Industrial Average naik tipis.

 


Bursa AS Ditutup Perkasa

Pasar Saham AS atau Wall Street.Unsplash/Aditya Vyas
Pasar Saham AS atau Wall Street.Unsplash/Aditya Vyas

Sebelumnya, wall street ditutup naik, dengan saham-saham teknologi mengangkat indeks S&P 500 ke level hijau karena pasar mengakhiri pekan perdagangan pendek dengan catatan tinggi meskipun ada tanda-tanda melemahnya pasar tenaga kerja.

Melansir laman CNBC, pada perdagangan Bursa AS kali ini, indeks S&P 500 naik 0,36 persen menjadi 4.105,02 setelah turun sebanyak 0,50 persen  sebelumnya.

Komposit Nasdaq yang sarat teknologi mengungguli dengan kenaikan 0,76 persen menjadi 12.087,96, didorong kenaikan 3,78 persen di Google-parent Alphabet dan reli 2,55 persen di saham Microsoft.

Sedangkan Dow Jones Industrial Average naik tipis 2,57 poin menjadi 33.485,29 setelah kehilangan lebih dari 150 poin pada sesi terendahnya.

Indeks S&P 500 masih kehilangan 0,1 persen pada minggu ini, membukukan penurunan pertama dalam empat minggu. Nasdaq yang padat teknologi turun 1,1 persen di pekan ini, sedangkan 30-saham Dow naik 0,6 persen.

Pasar tetap bergejolak karena klaim pengangguran mingguan terbaru ternyata lebih tinggi dari yang diharapkan, menambah sinyal baru-baru ini yang menunjukkan perlambatan pertumbuhan pekerjaan.

Ekspansi gaji swasta jauh di bawah ekspektasi pada bulan Maret. Sementara itu, jumlah posisi yang tersedia turun di bawah 10 juta pada bulan Februari, yang pertama dalam hampir dua tahun. PHK juga melonjak hampir lima kali lipat sepanjang tahun ini dari tahun lalu.

 


Ekonomi Mendingin

(Foto: Ilustrasi wall street. Dok Unsplash/ llyod blazek)
(Foto: Ilustrasi wall street. Dok Unsplash/ llyod blazek)

Selama beberapa bulan terakhir, investor menyambut tanda-tanda pendinginan ekonomi dengan harapan hal itu dapat mendorong Federal Reserve untuk mengubah arah kampanye kenaikan suku bunga.

"Data klaim pengangguran "memberikan kepercayaan pada gagasan bahwa kenaikan suku bunga Fed mulai mendinginkan pasar tenaga kerja dan memperlambat ekonomi," kata Chris Zaccarelli, CIO di Independent Advisor Alliance.

"Kemungkinannya jauh lebih tinggi untuk menyebabkan resesi - dan bahkan resesi yang signifikan - daripada yang diyakini kebanyakan orang saat ini."

Tapi mereka sekarang bertanya-tanya apakah bank sentral telah bertindak terlalu jauh dalam upayanya untuk mendinginkan inflasi, memperketat ekonomi hingga ke titik resesi.

"The Fed membangun tembok dengan suku bunga dan sekarang ekonomi sedang mengalaminya," kata Jamie Cox, mitra pengelola di Harris Financial Group.

Perdagangan dipersingkat karena pasar tutup untuk Jumat Agung. Investor masih akan memantau dengan cermat laporan pekerjaan di Maret pada Jumat pagi.

Nonfarm payrolls telah menunjukkan pertumbuhan yang solid meskipun ada pemutusan hubungan kerja di sektor teknologi dan keuangan, tetapi banyak yang percaya bahwa tren tersebut akan segera berbalik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya