Harlah NU ke-96 Dirayakan Alumni Santri Kudus di Jabodetabek dengan Gelar Haul Masyayikh

Alumni santri Kudus ikut memeriahkan Harlah NU ke-96.

oleh Meiristica Nurul diperbarui 31 Jan 2022, 13:46 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2022, 13:46 WIB
Nahdlatul Ulama (NU) (Foto: Instagram/@nahdlatululama)
Alumni santri Kudus ikut memeriahkan Harlah NU ke-96. (Foto: Instagram/@nahdlatululama)

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) berusia 96 pada Senin (31/1/2022). Berbagai acara digelar, salah satunya oleh para santri alumni Kudus yang tinggal di Jabodetabek.

Mereka menggelar acara haul masyayikh di Pesantern Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (29/1/2022), dilansir nu.or.id.

Secara khusus, haul masyayikh ini ditujukan untuk mendoakan para kiai khos Kudus yang sudah meninggal dunia.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendiri NU

PBNU Adakan Haul Para Pejuang NU
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj bersama Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, Ketua PBNU Abdul Manan Abdul Ghani, Rais Aam PBNU Miftahul Akhyar, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf mengikuti Haul Para Pejuang NU di Jakarta, Rabu (10/4). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Salah satu yang didoakan oleh para santri ini adalah KH Raden Asnawi, salah satu pendiri NU. Ada juga KH Arwani Amin, KH Turaichan, KH Yahya Arif, KH Ma'ruf Irsyad, KH Ma'ruf Asnawi, dan KH Sya'roni Ahmadi.

 


Doa untuk Orang Baik

Nahdlatul Ulama (NU) (Foto: Instagram/@nahdlatululama)
Nahdlatul Ulama (NU) (Foto: Instagram/@nahdlatululama)

KH Masyfu'i, pengasuh Pesantren Raudlatul Muta'allimin Kudus menjelaskan bahwa doa yang dipanjatkan tidak harus ditujukan kepada orang yang buruk. Hal itu dijelaskan dalam kitab Tanbihul Ghafilin.

"Bahkan mendoakan kepada orang hebat pun dianjurkan oleh Rasulullah. Karena untuk lebih mendekatkan diri orang hebat itu kepada Allah," paparnya.


Istigfar 100 Kali

Ditambahkannya, bahwa Rasulullah adalah orang sudah tahu akan menjadi penghuni surga. Meski begitu, beliau tetap membaca istigfar minimal 100 kali.

"Oleh karena itu saya hadir di sini juga untuk mengemis doa. Semoga teman-teman sekalian yang ikut khidmah diberikan kekuatan," sambungnya.


Alumni

Acara haul masyayikh dihadiri oleh beberapa perkumpulan alumni. Di antaranya Ikatan Alumni Qudsiyyah (Ikaq), Ikatan Siswa Abiturien (Iksab), Himpunan Mutakharrijat Mu'allimat Kudus (Himmahku), Forum Silaturahim Keluarga Alumni Banat NU (Forsikabanu), Ikatan Alumni Pesantren Raudlatul Muta'allimin (PPRM).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya